Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusi Mengatasinya

Masalah AC mobil tidak dingin dapat menyerang mobil apa saja. Baik itu mobil keluaran lama, maupun keluaran baru. Baik itu mobil mewah maupun mobil bersubsidi. Namun tahukah anda apa penyebab masalah AC mobil tidak dingin? Bagaimana memperbaiki masalah tersebut? Dan bagaimana cara agar kendaraan anda tidak akan pernah mengalami masalah ini?

Sebelum kita mempelajari masalah AC mobil tidak dingin ini, kita perlu tahu beberapa penyebab masalah ini. Masalah pada pendingin ruangan mobil anda ini umumnya terjadi karena sebab-sebab seperti :

  • Kerusakan spare part mobil (terutama spare part AC mobil)
  • Kebocoran freon AC mobil sehingga jumlahnya kurang atau habis
  • Overheating pada mesin mobil
  • Freon AC kualitasnya sudah jelek
  • AC mobil yang kotor
AC mobil tidak dingin

AC mobil tidak dingin

Penyebab-penyebab masalah AC mobil kurang dingin ataupun tidak dingin ini sebenarnya dapat diselesaikan dengan beberapa cara yaitu :

  • Flushing AC
    Merupakan sebuah metode membersihkan kompresor AC dari oli kompresor lama, dari kotoran yang ada di dalam mesin kompresor, dan dari freon AC lama. Kompresor yang sudah bersih layaknya baru akan diisi ulang dengan oli kompresor yang lebih baik dan lebih bersih. Sementara itu, freon AC juga akan diisi ulang sehingga kompresor akan mendapatkan freon dengan kualitas yang lebih baik.

    Namun perlu diperhatikan bahwa berkurang atau habisnya freon AC pastilah disebabkan oleh adanya kebocoran pada saluran AC. Oleh sebab itu sangat penting untuk selalu memastikan dan menemukan di mana letak kebocoran freon AC dan menambalnya. Selain itu, sangat penting juga untuk mengetahui penyebab kebocoran freon AC sehingga kebocoran pada saluran AC tidak akan terjadi lagi.

  • Cuci AC dan Evaporator AC
    Dashbord dan evaporator AC seringkali kotor dan dipenuhi debu atau kotoran sehingga hawa dingin yang datang akan terhalang dan menghasilkan masalah seperti AC mobil tidak dingin ( hanya keluar angin ) dan masalah AC mobil justru mengeluarkan hawa panas. Pada beberapa kasus, masalah ini akan menyebabkan masalah lain seperti :

    – AC mobil bau
    – AC mobil berisik
    – AC mobil mati total

    Mencuci AC mobil perlu dilakukan minimal 3 bulan sekali atau ketika dirasa sudah dibutuhkan.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memperbaiki masalah AC mobil kurang dingin ataupun tidak dingin adalah untuk menyerahkannya pada bengkel AC mobil yang memang berkompeten dengan peralatan yang memadai, dan dengan mekanik berpengalaman. Fungsinya adalah untuk memastikan :

  • Hasil service yang dihasilkan hanya service terbaik sesuai dengan prosedur service yang benar
  • Pengerjaan service tidak memakan waktu yang terlalu lama (penggunaan mesin canggih dapat menghemat waktu hingga 7 jam lebih)

Anda juga sebaiknya mengetahui beberapa fakta mengenai AC mobil, bahwa masalah pada AC mobil umumnya disebabkan oleh faktor kesalahan pribadi pemilik mobil seperti :

  1. Malas melakukan perawatan berkala pada AC mobil ( tune up AC, cuci AC, ganti filter AC, dll)
  2. Menggunakan AC mobil tanpa jeda istirahat
  3. Merokok di dalam mobil
  4. Makan dan minum di dalam mobil
  5. Memarkirkan mobil terlalu lama di bawah terik matahari
  6. Menggunakan spare part AC murahan dan berkualitas buruk
  7. kecelakaan

Oleh sebab itu, jika memiliki masalah AC mobil tidak dingin ataupun masalah lain yang berhubungan dengan AC mobil, sebaiknya tidak menyalahkan kualitas AC mobil, namun lebih menginstrospeksi apakah penggunaan AC mobil selama ini baik, benar, dan wajar.

Jika anda memiliki masalah atau pertanyaan mengenai masalah AC mobil, silahkan berkomentar melalui kolom komentar di bawah ini…

Produsen Oli Mobil Terbaik Tidak Hanya Perusahaan Oli Besar

oli mobil terbaik

Oli Mobil Terbaik – Banyak orang yang memilih menggunakan oli mobil dengan kualitas biasa karena takut pada stigma oli mobil terbaik pasti harganya mahal. Benarkah demikian ?

Memang tidak dapat dipungkiri, sebuah kualitas akan disusul dengan harga yang cukup “menantang”. Istilah kerennya : Ada harga, ada kualitas.

Namun seiring berkembangnya teknologi, inovasi, dan informasi, serta semakin banyaknya produsen oli mobil yang bersaing memberikan oli-oli berkualitas menyebabkan persaingan harga pun semakin sengit.

Artikel Lainnya: AC Mobil Tidak Dingin

Saat ini sebenarnya harga oli yang memiliki kualitas baik sudah sangat semakin terjangkau. Namun yang menjadi masalah adalah 3 hal besar dan krusial yaitu :

  • Mengukur keaslian produk
    Tidak perlu disebutkan merk-merk oli apa saja yang sudah menjadi langganan pemalsuan sindikat oli palsu. Oli-oli palsu ini adalah masalah utama yang menyebabkan banyak orang “phobia” terhadap oli merk tertentu. Padahal merk tersebut bisa saja memang merupakan oli mobil terbaik untuk jenis mobil anda.
  • Oli tersebut terhimpit advertising produsen besar
    Banyak produsen oli kecil yang memproduksi oli dengan kualitas sangat baik bahkan lebih baik daripada produsen besar. Namun masalah muncul ketika pemasaran mereka terganggu hal-hal seperti :

– isu oli mereka bermasalah
– persaingan “promo/diskon” besar-besar an dari produsen besar
– sulitnya oli dari merk belum dikenal untuk diterima pasar

Oleh sebab itu sangat bijak jika tidak menilai kualitas sebuah oli dari sudah terkenal/belumnya oli di sesama komunitas mobil.

  • Sulitnya produsen oli baru untuk mendapatkan suplier
    Hal ini disebabkan karena suplier melihat daripada memasarkan oli tidak dikenal pasar dan berakibat kerugian, lebih baik menjual oli yang secara pemasaran sudah mapan.

 

Melihat tantangan itu, banyak bengkel mobil yang mencoba menjadi wadah bagi produsen oli berkembang untuk memasarkan produknya. Namun tentu saja dalam prosesnya tidak dilakukan secara asal, namun melalui uji coba.

Dokter Mobil adalah salah satu bengkel mobil yang menjadi wadah bagi beberapa produk oli yang memiliki kualitas sangat baik namun masih mengalami proses mengembangkan sayap pemasarannya.

Oli yang Dokter Mobil pasarkan memiliki kualitas yang layak disebut sebagai oli mobil terbaik karena telah melalui uji lab pihak Dokter Mobil maupun pihak lain yang memiliki sertifikasi terhadap kualitas oli mobil.

Beberapa uji coba untuk mengetes kualitas oli di antaranya adalah :

  • Membakar oli dalam suhu yang ekstrim untuk melihat kualitas oli
  • Mengetes lama proses pendinginan oli
  • Efek performa oli terhadap kinerja mesin mobil

Untuk itu, oli yang ditawarkan Dokter Mobil dapat menjadi acuan bagi anda yang sedang bingung memilih oli mobil terbaik untuk mobil anda.

Kenapa AC Mobil Tidak Dingin

ac mobil tidak dingin

AC Mobil Tidak Dingin – Pada umumnya untuk suhu dingin yang AC mobil ini adalah 5-8 derajat celcius namun jika diukur dengan Thermometer yang ada di dashboard mobil tidak lebih dingin dari suhu tersebut maka sudah dipastikan tentu ada masalah pada AC mobil. Untuk itu kali ini akan diberikan alasan Kenapa AC Mobil Tidak Dingin diantaranya :

  1. Freon Habis

Jika Freon sudah habis disebabkan karena ada kebocoran yang terjadi di salah satu sistem AC . cara kerja Freon sendiri yakni bagian dari sirkulasi jika ada tidak ada kebocoran makan Freon pun tidak akan habis. Kebocoran yang ada pada Freon ini mengakibatkan AC tidak dingin .

  1. Kondensor dan Radiator kotor

Jika permukaan kondensor sudah kotor, yang ada pembuangan panas dari gas Freon ini tentu bertekanan tinggi dalam kondensor akan tidak sempurna. Hal ini tentu akan berakibat pada proses kondensor yang tidak akan maksimal sehingga suhu pada AC mobil pun kurang dingin.

  1. Ekstra Motor Lemah

Putaran motor fan yang sudah lemah akan berdampak langsung kepada pembuangan panas yang ada dalam kondensor ini sendiri. Jika saja pembuangan panas dalam kondensor ini tidak normal maka proses kondensasi juga akan menghasilkan suhu yang dingin terhambat. Yang paling penting untuk pengguna mobil bisa terus memastikan kinerja motor cooling supaya suhu AC mobil tetap stabil.

  1. Magnetic Clucth Mati

Jika spul Magnetic Clucth ini mati maka center piece tidak akan terhubung dengan puli kompressor AC yang berputar dan ini akibat dari sirkulasi udara yang ada dalam AC menjadi terganggu dan membuat AC tidak dingin.

  1. Tekanan Freon yang Overheat

Tekanan yang terlalu berlebihan dalam sistem AC ini bisa menyebabkan kondensor jadi overheat, ini membuat kompressor jadi terlalu panas secara otomatis akan membuat kinerja AC jadi menurun.

  1. Thermistor Bermasalah

Thesmistor Cooler yang jadi salah satu pengukur suhu yang ada didalam rumah evaporator ini memiliki fungsi membaca perubahan temperatur, lalu kemudian sudah diteruskan ke dalam amplifier untuk mengatur waktu dari kompressor. Jika saja kinerja alat ini bermasalah nanti sistem AC pun akan terganggu regulasinya alhasil AC mobil menjadi tidak dingin

  1. Saluran Air Box Evap Tersumbat

Jika saja saluran pembuangan air yang ada pada sistem kondensasi ini tersumbat nantinya Box Evap pun akan dipenuhi oleh air. Akibat yang ditimbulkan yakni Dashboard mobil akan mengembun dan bahkan meneteskan air ke karpet mobil bukannya membuat suhu dalam mobil menjadi dingin namun AC justru membuat Anda menjadi basah, jika air ini memenuhi Box Evap maka aliran udara dari blower ini juga akan bisa terhambat.

Ya itulah beberapa penyebab Kenapa AC Mobil Tidak Dingin yang bisa disampaikan, namun apakah Anda bisa menemukan salah satu penyebab AC yang sudah disebutkan diaras dimana memang beberapa penyebab tersebut mengakibatkan AC mobil menjadi tidak dingin jika memang sudah seperti itu sebaiknya lakukan segera servis AC mobil supaya mobil pun kembali jadi enak untuk digunakan walaupun dalam keadaan siang yang panas sekalipun. AC mobil yang dingin akan bisa memberikan kenyaman berkendara dan membuat Anda fokus untuk mengendarainya. Semoga informasi yang sudah diberikan diatas bisa jadi sebuah solusi yang tepat untuk bisa mengatasi permasalahan yang ada pada AC mobil Anda

|