Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusi Mengatasinya

Masalah AC mobil tidak dingin dapat menyerang mobil apa saja. Baik itu mobil keluaran lama, maupun keluaran baru. Baik itu mobil mewah maupun mobil bersubsidi. Namun tahukah anda apa penyebab masalah AC mobil tidak dingin? Bagaimana memperbaiki masalah tersebut? Dan bagaimana cara agar kendaraan anda tidak akan pernah mengalami masalah ini?

Sebelum kita mempelajari masalah AC mobil tidak dingin ini, kita perlu tahu beberapa penyebab masalah ini. Masalah pada pendingin ruangan mobil anda ini umumnya terjadi karena sebab-sebab seperti :

  • Kerusakan spare part mobil (terutama spare part AC mobil)
  • Kebocoran freon AC mobil sehingga jumlahnya kurang atau habis
  • Overheating pada mesin mobil
  • Freon AC kualitasnya sudah jelek
  • AC mobil yang kotor
AC mobil tidak dingin

AC mobil tidak dingin

Penyebab-penyebab masalah AC mobil kurang dingin ataupun tidak dingin ini sebenarnya dapat diselesaikan dengan beberapa cara yaitu :

  • Flushing AC
    Merupakan sebuah metode membersihkan kompresor AC dari oli kompresor lama, dari kotoran yang ada di dalam mesin kompresor, dan dari freon AC lama. Kompresor yang sudah bersih layaknya baru akan diisi ulang dengan oli kompresor yang lebih baik dan lebih bersih. Sementara itu, freon AC juga akan diisi ulang sehingga kompresor akan mendapatkan freon dengan kualitas yang lebih baik.

    Namun perlu diperhatikan bahwa berkurang atau habisnya freon AC pastilah disebabkan oleh adanya kebocoran pada saluran AC. Oleh sebab itu sangat penting untuk selalu memastikan dan menemukan di mana letak kebocoran freon AC dan menambalnya. Selain itu, sangat penting juga untuk mengetahui penyebab kebocoran freon AC sehingga kebocoran pada saluran AC tidak akan terjadi lagi.

  • Cuci AC dan Evaporator AC
    Dashbord dan evaporator AC seringkali kotor dan dipenuhi debu atau kotoran sehingga hawa dingin yang datang akan terhalang dan menghasilkan masalah seperti AC mobil tidak dingin ( hanya keluar angin ) dan masalah AC mobil justru mengeluarkan hawa panas. Pada beberapa kasus, masalah ini akan menyebabkan masalah lain seperti :

    – AC mobil bau
    – AC mobil berisik
    – AC mobil mati total

    Mencuci AC mobil perlu dilakukan minimal 3 bulan sekali atau ketika dirasa sudah dibutuhkan.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memperbaiki masalah AC mobil kurang dingin ataupun tidak dingin adalah untuk menyerahkannya pada bengkel AC mobil yang memang berkompeten dengan peralatan yang memadai, dan dengan mekanik berpengalaman. Fungsinya adalah untuk memastikan :

  • Hasil service yang dihasilkan hanya service terbaik sesuai dengan prosedur service yang benar
  • Pengerjaan service tidak memakan waktu yang terlalu lama (penggunaan mesin canggih dapat menghemat waktu hingga 7 jam lebih)

Anda juga sebaiknya mengetahui beberapa fakta mengenai AC mobil, bahwa masalah pada AC mobil umumnya disebabkan oleh faktor kesalahan pribadi pemilik mobil seperti :

  1. Malas melakukan perawatan berkala pada AC mobil ( tune up AC, cuci AC, ganti filter AC, dll)
  2. Menggunakan AC mobil tanpa jeda istirahat
  3. Merokok di dalam mobil
  4. Makan dan minum di dalam mobil
  5. Memarkirkan mobil terlalu lama di bawah terik matahari
  6. Menggunakan spare part AC murahan dan berkualitas buruk
  7. kecelakaan

Oleh sebab itu, jika memiliki masalah AC mobil tidak dingin ataupun masalah lain yang berhubungan dengan AC mobil, sebaiknya tidak menyalahkan kualitas AC mobil, namun lebih menginstrospeksi apakah penggunaan AC mobil selama ini baik, benar, dan wajar.

Jika anda memiliki masalah atau pertanyaan mengenai masalah AC mobil, silahkan berkomentar melalui kolom komentar di bawah ini…

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

|