Subscribe Subscribe | Subscribe Comments RSS
Just another Blog.uny.ac.id weblog

Tidak henti-hentinya dunia musik mewarnai kehidupan sehari-hari. Berbagai pentas musik yang menyuguhkan lagu-lagu lawas dan masa kini tidak terlepas dari adanya alat musik gitar. Jenis gitar dengan bentuknya yang beraneka ragam kini diproduksi sebagai alat pendukung didunia musik. Bahkan bisa menjadi instrumen pokok ketika yang ditampilkan adalah jenis musik bernuansa akustik.

Ada berbagai jenis gitar yang saat ini diproduksi dan dijual dengan bebas ditoko-toko musik. Ada jenis gitar listrik, gitar akustik, dan gitar klasik. Mereknya pun bervariasi. Diantara merek-merek gitar yang saat ini beredar ditoko-toko musik adalah Yamaha, Jacson, B.C Rich, Ibanez dan masih banyak lagi merek-merek unggul lainnya.

Kita perlu mengetahui perbedaan ketiga jenis gitar yang sering dipakai musisi maupun orang yang sekedar hobi bermain gitar, agar tidak salah dalam pemakaiannya. Untuk pentas-pentas musik dengan genre Rock, Metal, Alternative, Blues, R & B dapat menggunakan gitar listrik. Hal ini dikarenakan dalam penggunaannya biasanya ditambah dengan effect seperti distortion, reverb, delay untuk memberikan nuansa modern dengan nada-nada yang energik.

Jika diamati secara seksama, penggunaan gitar jenis ini terkesan ribet dikarenakan memerlukan ampli dalam permainannya serta harus membeli perlengkapan-perlengkapan pendukung lainnya. Berbeda dengan gitar akustik yang terkesan simpel dalam penggunaannya. Semua genre musik dapat diiringi dengan gitar akustik ini, tetapi yang menjadi kendala adalah suaranya yang terkadang kurang keras. Selain itu, gitar akustik ini membutuhkan perawatan yang ekstra.

Selain kedua jenis gitar diatas, ada juga gitar klasik yang penggunaannya lebih sulit untuk dimainkan. Gitar klasik ini sangat cocok untuk pemula yang baru belajar dalam bermain gitar. Jenis gitar klasik ini bisa menjadi sangat mahal dikarenakan keunikannya, salah satu contoh yang bisa dihargai mahal adalah jenis gitar vintage klasik.

Perlu untuk diketahui bahwa bentuk gitar sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan. Nah, setelah kita mengetahui perbedaan ketiga jenis gitar diatas untuk kawula muda yang energik dan dinamis terkadang genre musik yang bernada ramai sangat diminati. Untuk memainkan gitar listrik pastinya harus menguasai teknik permainan dan mengerti akan nada-nada dasar dalam permainan gitar.

Beberapa Standar Gitar Listrik Untuk Pemula

Dalam pembagiannya gitar listrik mempunyai dua jenis lagi yakni gitar elektrik dan gitar semi akustik elektrik. Jadi bisa dikatakan bahwa gitar elektrik merupakan bagian dari gitar listrik yang sama dalam pemakaiannya, bahkan dapat diperuntukkan khusus untuk jenis musik tertentu walaupun dalam prakteknya dapat dimainkan untuk berbagai jenis genre musik.

Bagi pemula yang mau belajar bermain gitar listrik dapat memilih salah satu dari tiga gitar yang akan dibahas dibawah ini. Seperti yang telah disampaikan dimuka bahwa gitar listrik ini sangat cocok dan direkomendasikan untuk genre musik metal, rock, jazz maupun pop. Apa saja standar jenis gitar listrik yang bagus untuk pemula yang akan belajar bermain gitar? Berikut ini penjelasannya:

  • Standar Genre Rock

Untuk pemula yang mau belajar musik bergenre rock sangat disarankan bermain gitar standar stratocaster. Dalam perjalanannya pun gitar standar stratocaster ini dibagi menjadi dua macam, yakni standar stratocaster HH dan deluxe stratocaster HH Plus.

Desain yang sangat elegan membuat gitar standar stratocaster ini nyaman untuk dipakai. Bentuk gitar standar stratocaster ini mudah dikenali penampilannya. Dari bodinya dibawah leher(neck) gitar menyerupai huruf C dapat dipastikan bahwa gitar tersebut merupakan gitar listrik standar stratocaster.

Salah satu contoh produk gitar yang berstandar stratocaster yang cocok untuk pemula adalah Squier Gitar Elektrik Bullet Stratocaster HSS tipe 031-0005-532. Dengan gitar standar stratocaster HH ini menghasilkan nada dengan suara keras dan energik.

Untuk perekaman suara dapat menggunakan deluxe stratocaster HH plus yang dilengkapi dengan konektivitas IOS. Dengan kemudahan fitur pembawaan ini dapat dikoneksikan di komputer melalui  kabel mini USB. Harga gitar listrik standar stratocaster ini dinilai dengan harga dipasaran sekitar Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah).

  • Standar Genre Jazz

Salah satu genre musik selain rock yang juga diusung untuk meramaikan kancah musik tanah air adalah jazz. Penggunaan gitar untuk pemula yang akan belajar musik jazz adalah standar Jazzmaster HH. Suara yang dihasilkan oleh gitar ini bening dan keras sehingga cocok untuk musik jazz.

  • Standar Gabungan Rock dan Jazz

Jika ingin bermain gitar bergenre rock maupun jazz, ada baiknya memakai gitar standar Telecaster HH.  Desain yang elegan dengan menggabungkan aksen yang modern dan klasik membuat gitar listrik standar Telecaster HH mendapat tempat dihati untuk pemula yang akan belajar genre rock maupun jazz.

Tentunya dari ketiga standar gitar listrik diatas dalam hal pemakaiannya dapat disesuaikan dengan jenis musik yang akan dimainkan. Dengan harga gitar yang murah, pemula bahkan profesional tentunya akan jeli melihat dan memakainya sesuai dengan kebutuhan

Perawatan Gitar Listrik yang Baik dan Benar

Pemakaian yang terlalu sering dapat membuat kualitas gitar listrik menjadi turun jika tidak dibarengi dengan perawatan. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan didalam perawatan agar kualitas tetap terjaga dengan desain yang masih baik.

  • Langkah Pertama

Dalam perawatan bodi gitar listrik perlu diperhatikan mengenai kebersihan dari bekas keringat ketika dipakai. Jika terdapat bekas keringat, ada baiknya dibersihkan dengan kain kering yang bertekstur lembut untuk menghilangkan noda keringat dibodi gitar.

Jika noda tersebut tidak mau menghilang ada baiknya dibersihkan menggunakan kain yang lembab. Bagaimana jika kain tersebut masih meneteskan air? Sebaiknya jangan langsung dipakai, hal ini bertujuan agar air tersebut tidak menetes mengenai bodi gitar ataupun onderdil lainnya. Salah satu tujuan menghindari air menetes adalah agar komponen lainnya yang terbuat dari logam tidak menjadi berkarat.

  • Langkah Kedua

Untuk komponen gitar listrik yang terbuat dari logam ada baiknya dengan mengolesnya menggunakan minyak anti karat. Salah satu tujuannya adalah agar tidak berkarat. Perlu diperhatikan bahwa kendala dari pemakaian gitar ini adalah karat yang sering timbul ketika tidak dirawat atau dibersihkan. Untuk lebih praktisnya dapat menggunakan minyak goreng dimana mudah dalam mencarinya.

  • Langkah Ketiga

Apabila gitar listrik direncanakan lama tidak digunakan, ada baiknya untuk melepaskan semua senar. Adapun penyimpanan gitar dapat dilakukan ditempat khusus seperti softcase ataupun hardcase. Jika tidak ada kedua media penyimpanan tersebut, dapat disimpan di tempat yang tidak lembab. Usahakan cahaya masuk agar bodi gitar listrik tetap berfungsi dengan baik.

Ketiga langkah diatas perlu diperhatikan dengan seksama agar kualitas gitar listrik yang kita miliki kualitasnya tidak menurun dalam hal suara ataupun keindahan desainnya.

Ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan didalam perawatannya, diantaranya adalah cairan pembersih bodi gitar listrik diusahakan untuk menghindari cairan yang bersifat merusak dan keras. Tentu hal ini dimaksudkan agar bodi dan komponen gitar listrik tidak berubah secara drastis dalam penampilan dan pemakaiannya. Hindari jamur, karat dan hewan perusak bodi gitar yang notabene terbuat dari kayu.

Leave a comment

Name: (Required)

eMail: (Required)

Website:

Comment: