browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

About Us

8
7
fe uny
gedung fise
fix
6
10
9
5
4
3
2

Jurusan Akuntansi

Fakultas Ekonomi – Universitas Negeri Yogyakarta

Program Studi Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dibuka pada 10 Juni 2004 berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 2018/D/T/2004 tentang Ijin Penyelenggaraan Program-program Studi baru pada Universitas Negeri Yogyakarta. Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi  diperoleh berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 2195/D/T/2006.Sebagai suatu program studi non kependidikan yang mengembangkan bidang ilmu akuntansi, Program Studi Akuntansi memiliki komitmen untuk menyiapkan peserta didik menjadi insan cendekia di bidang akuntansi, mandiri, dan bernurani. Program Studi Akuntansi selalu melakukan perbaikan dan peningkatan secara terus-menerus untuk mencapai kualitas dan mutu perguruan tinggi seperti yang diharapkan masyarakat yang secara bertahap peningkatan tersebut dapat dilakukan baik sarana maupun prasarana sehingga pada akhirnya proses belajar mengajar yang ada dapat berlangsung dengan baik dan mampu menghasilkan lulusan yang cendekia, mandiri, dan bernurani. Hal ini terkandung di dalam visi yang dimiliki oleh prodi, yaitu: pada tahun 2010 Program Studi Akuntansi menghasilkan lulusan yang cendekia, di bidang akuntansi, mandiri, dan bernurani. Visi tersebut kemudian dijabarkan dalam misi prodi, yang terdiri dari: a) menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membentuk lulusan cendekia yang handal di bidang akuntansi; b) mengembangkan sistem pendidikan yang mampu membekali lulusan dengan keahlian di bidang akuntansi yang memiliki jiwa kemandirian, fleksibilitas, kearifan, dan berkepribadian nasional, serta responsif terhadap setiap perkembangan IPTEKS; c) membangun budaya akademik yang mendorong tumbuhnya nurani lulusan; d) memantapkan sistem kelembagaan dan jejaring yang menunjang fungsi Program Studi Akuntansi.

Program Studi Akuntansi memiliki tujuan: a) meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan akuntansi bagi perkembangan kemampuan intelektual dan religius lulusan secara terpadu; b) menetapkan relevansi kurikulum Program Studi Akuntansi terhadap lulusan yang mandiri, kreatif, dan inovatif; c ) meningkatkan kualitas penelitian dan karya ilmiah civitas akademika Program Studi Akuntansi yang mendukung pengembangan IPTEKS dan kebutuhan masyarakat; d) meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang akuntansi sesuai dengan kebutuhan masyarakat; e) meningkatkan sinergis lembaga kemahasiswaan, kreativitas mahasiswa, kegiatan kemahasiswaan, dan kesejahteraan mahasiswa; f) meningkatkan jejaring kerjasama dengan lembaga internal maupun eksternal; g) mengembangkan sistem komunikasi kelembagaan berbasis teknologi informasi.

Mekanisme Penyusunan Visi dan Misi

Program Studi Akuntansi berdiri sejak tanggal 10 Juni 2004, sesuai SK DIKTI No. 2018/D/T/2004 yang bernaung di bawah Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi  (FISE) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).Berdasarkan analisis SWOT, Program Studi Akuntansi Program Studi Akuntansi telah menyusun visi sebagai rencana masa depan yang merupakan penjabaran sekaligus langkah strategis untuk merealisasikan visi universitas maupun fakultas. Visi ini dirancang secara partisipatif dengan melibatkan segenanp unsur pimpinan, dosen-dosen Program Studi Akuntansi, karyawan, serta user/pihak pengguna lulusan Program Studi Akuntansi.Untuk merealisasikan visi, atas arahan Ketua Jurusan Pendidikan Akuntansi FISE UNY, Ketua Program Studi menjabarkan visi tersebut ke dalam misi, strategi, tujuan, sasaran, serta kegiatan operasional Tri Dharma Perguruan Tinggi yang akan dilaksanakan oleh pengelola program studi, seperti Ketua Program Studi, ketua laboratorium, pembimbing kegiatan kemahasiswaan, para dosen sebagai staf akademik, dan staf administrasi.Penjabaran visi program studi diarahkan demi terciptanya  penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, partisipasi aktif dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang terarah dan berkelanjutan yang memfasilitasi Program Studi menghasilkan lulusan yang bernurani, kompeten dan berjiwa entrepreneur.

 Visi

Program Studi Akuntansi memiliki visi menjadi Program Studi unggul yang mampu menghasilkan lulusan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian nasional, kompeten dan profesional di bidang akuntansi, kritis, demokratis, kompetitif, berjiwa entrepreneur, adaptif, dan responsif dalam menghadapi tuntutan dunia global. 

 Misi

a.    Menyelenggarakan layanan pendidikan dan pengajaran, kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara terarah, terprogram, dan berkelanjutan dalam rangka mencetak lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkepribadian nasional. kompeten dan profesional di bidang akuntansi, kritis, demokratis, kompetitif, berjiwa entrepreneur, adaptif, dan responsif dalam menghadapi tuntutan dunia global.

b.    Menyelenggarakan layanan pendidikan dan pengajaran, kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara terarah, terprogram, dan berkelanjutan dalam rangka mencetak lulusan yang kompeten dan profesional di bidang akuntansi, kritis, demokratis, dan kompetitif.

c.    Menyelenggarakan layanan pendidikan dan pengajaran, kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara terarah, terprogram, dan berkelanjutan dalam rangka mencetak lulusan yang berjiwa entrepreneur, adaptif, dan responsif dalam menghadapi tuntutan dunia global.

d.    Memantapkan sistem kelembagaan dan jejaring yang menunjang keberhasilan fungsi dan kinerja program studi.

 Tujuan

a.    Menghasilkan tenaga profesional dan atau akademik yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan berkepribadian nasional.

b.    Menghasilkan tenaga profesional dan atau akademik yang memiliki kemampuan  menganalisis secara kritis persoalan  akuntansi dan terampil mengomunikasikannya secara ilmiah.f.     Menghasilkan tenaga profesional dan atau akademik yang berjiwa entrepreneur, adaptif, dan responsif dalam menghadapi tuntutan dunia global.

c.    Menghasilkan tenaga profesional dan atau akademik yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu akuntansi dan teknologi aplikatif di bidang akuntansi yang penerapannya dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan kesejahteraan masyarakat.

d.    Menyediakan layanan akademik dan administratif yang berkualitas dan memuaskan guna menunjang tercapainya tujuan program studi secara efektif dan efisien.

e.    Menghasilkan tenaga profesional dan atau akademik yang memiliki integritas keilmuan yang tinggi, berkompeten dan profesional di bidang akuntansi yang kompetitif di dunia kerja.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

  1.1.5.1 Bidang Pendidikan dan Pengajaran

  1. Terciptanya rencana strategis Program Studi Akuntansi sebagai road map jangka pendek (1 tahun) dan jangka panjang (5 tahun).
  2. Dilaksanakan dan diatatinya pedoman penyusunan tugas akhir.
  3. Buku perwalian pembimbingan akademik diisi dan digunakan sebagai media untuk menyediakan layanan yang memuaskan kepada mahasiswa dalam bidang akademik dan administratif.
  4. Ditaatinya peraturan akademik yang sudah ditetapkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta.
  5. Digunakannya buku panduan KKN-PPL sebagai pedoman pengelolaan dan pelaporan kegiatan KKN-PPL di Program Studi Akuntansi.
  6. Ada buku pedoman kurikulum untuk Program Studi Akuntansi yang digunakan pedoman oleh penasehat akademik, mahasiswa, dan pihak terkait dalam kegiatan bimbingan, monitoring, dan evaluasi.
  7. Tersusunnya kurikulum Program Studi Akuntansi sesuai kebutuhan.
  8. Meningkatnya intensitas bimbingan dosen kepada mahasiswa.
  9. Angket kinerja dosen digunakan untuk mengidentifikasi masalah proses belajar mengajar (PBM) dan meningkatkan kinerja dosen, mahasiswa dan Program Studi Akuntansi.
  10. Efektifnya kegiatan PBM di laboratorium
  11. Meningkatnya mutu penilaian PBM pada semua mata kuliah.
  12. Meningkatnya kualifikasi akademik dosen Program Studi Akuntansi
  13. Meningkatnya wawasan kewirausahaan bagi dosen Program Studi Akuntansi.
  14. Meningkatnya jumlah/kualitas kegiatan olah raga dan seni mahasiswa Program Studi Akuntansi
  15. Meningkatnya jumlah/kualitas kerja sama Program Studi Akuntansi di bidang pengajaran.

1.1.5.2 Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah

  1. Meningkatnya kemampuan dosen dalam bidang penelitian.
  2. Meningkatnya kemampuan dosen meraih dana penelitian di tingkat institusional, lokal, nasional, dan internasional.
  3. Meningkatnya kemampuan dosen mempublikasikan artikel pada jurnal tingkat lokal dan internasional.
  4. Terlatihnya semua dosen untuk menelusuri informasi ilmiah (via internet) dan menyusun proposal penelitian untuk mendapatkan hibah.
  5. Meningkatnya jumlah/kualitas kerja sama Program Studi Akuntansi di bidang penelitian dan publikasi ilmiah.
  6. Meningkatnya kegiatan ilmiah mahasiswa Program Studi Akuntansi

1.1.5.3 Bidang Pengabdian pada Masyarakat

  1. Meningkatnya kemampuan dosen melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  2. Meningkatnya kemampuan dosen meraih dana kegiatan pengabdian pada masyarakat di tingkat institusional, lokal, nasional, dan internasional.
  3. Meningkatnya jumlah/kualitas kerja sama Program Studi Akuntansi di bidang pengabdian kepada masyarakat

1.1.5.4 Bidang Manajemen

  1. Terpenuhinya standar akreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi).
  2. Peningkatan sistem komputerisasi administrasi Program Studi Akuntansi.
  3. Peningkatan pengelolaan administrasi Program Studi Akuntansi.
  1. Meningkatnya  kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan tuntutan kebutuhan.
  2. Meningkatnya kualitas dan kuantitas layanan perpustakaan Program Studi Akuntansi.
  3. Tersedianya peta akademik dosen Program Studi Akuntansi.
  4. Meningkatnya jumlah kegiatan untuk dapat menunjang kebutuhan hidup mahasiswa, melalui program kewirausahaan dan bantuan beasiswa.
  5. Berkembangnya program pendidikan/pengajaran sesuai kebutuhan masyarakat/user.
  1. Dipatuhinya peraturan akademik, pedoman etika dan tata tertib pergaulan di kalangan mahasiswa di kampus.
  2. Forum pengajian dosen dan kajian mahassiwa Islam Program Studi Akuntansi terlaksana secara rutin dan berkelanjutan.

 

LINKS

DIKNAS

 DIKTI
DEPKEU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 5 = forty

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">