Save Our Earth, Untuk Hidup Lebih Berkualitas

Hai Sahabat Bumi, Sudahkah kalian menjaga lingkungan? Lingkungan adalah tempat berlangsungnya kehidupan dan tempat untuk mendapatkan semua alat pertahanan hidup mulai dari kebutuhan pokok sampai dengan aktualisasi diri. Lingkungan yang baik menentukan tingkat kualitas hidup manusia. Namun seiring berkembangnya zaman, justru semakin kompleks masalah lingkungan yang perlu dihadapi. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar kerusakan lingkungan disebabkan oleh manusia. Padahal kita sebagai manusia adalah elemen utama pengguna lingkungan. Terlebih dengan adanya isu pemanasan global yang tak kunjung usai dibahas seharusnya kita lebih sadar akan peran penting lingkungan. Jika tidak segera ditanggulangi permasalahan lingkungan ini, akan berakibat rusaknya keseimbangan ekosistem, sehingga berdampak buruk terhadap keberlangsungan hidup manusia. Lalu, apa yang perlu kita perhatikan?

Yang pertama adalah tanamkan kesadaran dari dalam diri kita sendiri. Meniatkan dalam hati untuk memulai melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, memisah antara sampah organik dan anorganik, meremas botol plastik sebelum dibuang, dan mengajak orang-orang disekitar kita untuk melakukan kebaikan tersebut. Ingatlah satu kebaikan kita sangat berguna untuk masa depan bumi mendatang.

Kedua, berhemat energy yaitu dengan meminimalkan penggunaan listik terutama pada pk 17.00-22.00. Contoh sederhana yang sering kita lupakan adalah sebagai pengguna hp lepaskan charger jika sudah tidak terpakai.

Upayakan untuk menghemat BBM dengan tidak terlalu sering menggunakan kendaraan kendaraan bermotor. Biasakanlah tidak tergantung pada kedaraan bermotor terlebih untuk kepentingan jarak dekat, misalnya dengan berjalan kaki atau bersepeda alternatif bepergian. Selain sehat ketiganya membuat kita bisa bersosialisasi dengan lingkungan luar.

Ketiga, cintailah tanaman. Indonesia merupakan negara yang kaya akan tanaman hayati. Rugi jika kita sebagai orang Indonesia tak bisa melestarikan keanekaragamannya. Kita bisa mengisi kekosongan waktu untuk bercocok tanam. Perlu kita ketahui bahwa tanaman selain indah juga memiliki fungsi meneduhkan dan menyerap polusi. Bayangkan saja jika setiap penduduk Indonesia memiliki kesadaran bercocok tanam, akan ada puluhan juta tanaman yang dapat menyerap polusi dan membersihkan udara.  Tentunya jika lingkungan kita teduh dan nyaman, maka kita akan lebih nyaman untuk beraktivitas.

Keempaat, energy alternatif. Seperti yang kita ketahui energy fosil adalah energy yang tidak dapat diperbaharui. Selain dengan meminimalkan penggunaan BBM kita bisa menggunakan energy alternative sebagai pengganti BBM. Diantaranya adalah, penggunaan biogas. Biogas dihasilkan melalui fermentasi bahan-bahan organik, misalnya adalah ampah rumah tangga. Dengan menggunakan biogas selain untuk menghemat BMM juga bisa sebagai sarana pengelolaan limbah rumah tangga yang selama ini menjadi permasalahan lingkungan.

Kelima, peran pemerintah dan seluruh masyarakat. Pemerintah memiliki peranan yang sangat penting untuk membuat kebijakan terkait pengelolaan lingkungan tentunya dengan didukung masyarakat sebagai pengguna kebijakan pemerintah. Kedua elemen ini sangat berkesinambungan dan harus saling mendukung. Dalam bagian ke empat ini penulis memusatkan perhatian terhadap penggunaan area pedestrian. Pemerintah harus tegas untuk memaksimalkan fungsi dasar area pejalan kaki yang kini sudah banyak beralih sebagai tempat parkir dan tempat mangkal pedagang kaki lima. Jika area pedestrianpun tidak nyaman untuk digunakan, masyarakat tentu  akan memilih untuk menggunakan kendaraan bermotor dalam beraktifias jarak pendek. Beda halnya jika area pedestrian nyaman, masyarakat akan lebih tertarik untuk berjalan kaki dalam menjalankan aktifitasnya. Jika pemerintah serius untuk memperhatikan kenyamanan area pedestrian dan mensosialisasikannya maka penggunaan kendaraan bermotor juga akan berkurang sehingga pemakaian bahan bakar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Baik buruknya lingkungan dan kualitas di dalamnya tergantung dari kesadaran diri kita sendiri untuk senantiasa menjaga bumi kita yang semakin menua seperti kita menjaga orang tua kita. Kalo bukan kita yang memulai dari sekarang, siapa lagi??

Leave a Reply

Recent Comments
Archives
Categories
December 2016
M T W T F S S
     
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031