TTS Buat Mahasiswa Penghujung Semester

Mahasiswa semester akhir, mana suaranyaaa? Di hari-hari penghujung seperti ini kalian pasti bakal sering ketemu sama dosen, entah untuk bimbingan, atau untuk hal lainnya. Tapi, salah-salah kehadiran kalian justru berujung pada hal yang pahit. Nah, sebelum kepahitan itu kalian temui, lebih baik tonton dulu TTS dari channel Sigit Pambudi. Insyaallah berfaedah dan ada lucu-lucunya gituuuu…

Jangan lupa like dan subscribe yaaa…

Yuk Mengintip Karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY

Ilmu Komunikasi di UNY memang terbilang baru. tapi, karya-karya dari anak Ilmu Komunikasi UNY kualitas prima punya. Penasaran? Yuk, cek channel himakom UNY di Youtube. Pastikan kalian gak melewatkan setiap karya dari mahasiswa  ilmu komunikasi UNY. Selain terhidbur, kalian juga dapat belajar dari  apa-apa saja yang dihasilkan oleh mahasiswa ilmu komunikasi UNY Buruan cek, dan jangan lupa untuk like dan subscribe ya…

 

 

Aplikom dan Apa yang Kita Peroleh

Aplikom dan Apa yang Kita Peroleh

 

Aplikom menjadi salah satu mata kuliah bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta di semester dua. Dalam satu semester, kami diberi materi tentang tiga aplikasi di computer penunjang kehidupan mahasiswa ilmu komunikasi khususnya. Tiga aplikasi keramat ini adalah ms word, corel draw, dan adobe flash. Artikel kali ini, aku akan memberikan sedikit review tentang apa-apa saja yang aku dapatkan selama satu semester berkutat dengan matkul aplikom.

Serba-Serbi Fungsi MS Word dalam Makalah

                                Ms Word adalah aplikasi pertama yang kita pelajari di mata kuliah aplikom. Ms Word terbilang sangat akrab dengan mahasiswa. Namun aplikom membuat Ms Word menjadi sebuah aplikasi baru dengan fitur yang mengejutkan. Fitur ini adalah kemampuannya untuk membuat daftar isi secara otomatis, pembuatan halaman dengan simbol berbeda dalam satu file, daftar tabel dan daftar gambar otomatis, dan pengecekan kata secara otomatis. Hal-hal tersebut menjadi sebuah oase bagi mahasiswa yang kelak akan menjalani skripsi.

Di sini aku akan membahas tentang salah satu fitur yang membuatku amat sangat terperangah dengan kemampuannya. Markimbut, mari kita sambut fitur Heading. Fitur heading inilah yang sangat berperan dalam penyempurnaan sebuah makalah tanpa menggunakan cara manual.

Ini tercermin dari kemampuannya untuk memudahkan kita menuju ke sub bab selanjutnya. Heading juga mempermudah kita untuk pembuatan daftar isi otomatis, selain itu dengan heading, tulisan kita dapat menjadi lebih rapi.

Kita dapat membuat judul dan sub judul menggunakan heading (heading 1,2, 3 , dsb). Caranya adalah memposisikan kursor pada huruf yang akan diseragamkan formatnya melalui heading. Kemudian klik kanan pada heading yang dipilih, misal heading 1. Kemudian akan muncullah gambar yang seperti di bawah.

Selanjutnya adalah klik pada bagian Modify dan muncullah gambar seperti di bawah,

 

Bagian itu menjadi lahan kita untuk membuat sebuah format tertentu, missal sub judul dan judul. Untuk penyeragaman format sub judul, adalah dengan memblok seluruh sub judul kemudian klik pada bagian heading yang sudah diatur sedemikian rupa. Untuk membuat daftar isi yang otomatis, kemampuan heading dapat dikolaborasikan dengan fitur Table of Contents yang ada pada menu Reference.

Itulah sedikit review mengenai materi Ms Word di mata kuliah aplikom Ilmu Komunikasi UNY, khususnya kelas B.

                Bersua dengan Corel Draw

                Bagiku sendiri, corel draw adalah ha lasing dalam kehidupan berkomputerku. Ini didasari oleh ketidaksukaanku terhadap proses penciptaan seni visual, seperti menggambar. Jadi, aku sangat awam terhadap aplikasi corel draw ini. Beruntungnya, aplikom tidak menyasar langsung kepada proses lanjutan seperti dalam Ms Word.

Kami dipertemukan dengan corel draw dan belajar mulai dari awal. Hal ini dimulai dengan pengenalan tools yang digunakan untuk menggambar secara digital melalui corel draw. Inilah penampakaan dari aplikasi corel draw.

Pada materi ini, kami sekadar diajarkan untuk tahu kegunaan segala tools dalam corel draw melalui praktek langsung dengan membuat beberapa gambar menggunakan corel draw.

                Animasikan Ide dengan Adobe Flash

                Sebagai pokok pembelajaran yang ketiga adalah adobe flash. Adobe flash adalah sebuah aplikasi yang untuk membuat animasi, atau gambar yang bergerak. Materi ini yang paling terbilang amat sangat ribet sekali. Sekali lagi, amat sangat ribet sekali.

Adobe flash pada umumnya memiliki fitur yang hampir mirip dengan corel draw, namun yang menjadi pembeda di antara mereka adalah bagian  yang dinamakan layer dan frame. Layer dan frame adalah tempat untuk mengatur gerakan gambar.

Untuk penjelasan lebih lanjut, mari tunggu di tulisan selanjutnya.

Mari Mengenal Artak, Uang yang Periang

Mari Mengenal Artak, Uang yang Periang

Hai Readers. Sebelum lebih jauh lagi kalian menjelajahi blog ini, aku mau perkenalan dulu nih. Namaku Arni Arta R. Kalau kalian tanya R kepanjangannya apa, itu jawabannya Rahasia. Garing ya? Hahaha. Lanjut, aku biasa dipanggil Arta or Artak sama teman-teman  tapi dosen sering memanggil aku Arni. Jadi terserah kalian mau panggil aku apa. Mungkin readers bisa menyesuaikan sesuai profesi untuk kelak mau memanggil aku Arta atau Arni. Tapi untuk sebutan di blog, aku sendiri lebih suka menamai diriku dengan sebutan Kao (ketauan wibu).

Di sini aku tidak akan bercerita tentang silsilah keluarga, seperti menceritakan aku anak siapa, adekku berapa, kakek nenekku siapa dan lain sebagainya, karena menurutku itu terlalu privasi untuk dikatakan di sebuah blog (oke ini alay)

Aku lanjutkan perkenalan ini dengan sifat-sifatku. Aku adalah uang yang periang. Mengapa demikian? Dalam bahasa Jawa, Arta memiliki arti uang. Periang adalah sifatku yang amat sangat periang dan receh. Beberapa temanku menganjurkan aku untuk upgrade dari receh jadi dollar. Namun sayangnya aku udah pindah bitcoin.  Oke, aku rasa cukup recehnya sampai di sini saja.  Tapi begitulah aku, seorang uang yang periang. Aku selalu ingin keberadaanku membuat orang bahagia. Walau dengan guyonan receh bin tidak bermutu.

Aku lahir tanggal 9 Januari 1999. Aku, bahkan ibuku sendiri sering protes kenaapa bulan lahirku harus Januari. Kata Ibuk, akan lebih baik jika aku lahir bulan November, jadi bisa 9-9-1999. Kadang aku berfikir kenapa pula aku tidak lahir bulan Novermber dan tahun 9999, mungkin itu bisa jadi lebih cantik lagi.

Aku membongkar kapan tanggal dan bulan lahirku tidak memiliki maksud apa-apa. Namun alangkah baiknya untuk kalian pembaca memberikan hadiah kelak, seperti buku. Kalau laki-laki mungkin bisa memberiku buku nikah. Ehem…

Selanjutnya aku akan bercerita tentang hobiku. Hobiku adalah tertawa. Simpel bukan? Ya, aku memang suka hal yang simpel-simpel. Hampir semua hal aku tertawakan. Misal melihat mantan yang keselek biji salak, aku juga akan ketawa. Tapi masalahnya, mantan pun aku tak punya. Ya, gapapa, aku tertawa aja.

Aku adalah orang yang gumunan “gampang heran“. Aku tertarik dengan banyak hal dan aku ingin menjadi expert di banyak bidang. Namun, bukannya jadi expert aku justru insane. Aku gila karena ingin ahli di banyak bidang. Akibatnya adalah fokus terpecah dan tidak ada satupun bidang yangmana aku ahli di dalamnya. Ironi bukan? Mari tertawa!

Aku suka menulis, namun aku merasa menjadi munafik saat aku menulis. Ya seperti saat ini, kalian sedang membaca tulisan kemunafikan. Ironi bukan? Mari tertawa!

Aku suka hal-hal berbau Korea. Ya walau aku belum pernah mencium Korea secara langsung. Intinya aku K-Popers. Salah satu kebahagiaanku adalah memelototi oppa-oppa Korea yang amat sangat tampan sekali itu. Kebahagiaanku itu merangkap menjadi sebuah kebodohan yangmana aku terjebak dalam dunia imajinasi.

Selain itu aku juga suka anime. Sampai detik ini aku menulis ini, aku masih amat sangat mencintai tokoh 2dimensi hasil olah computer. Kadang aku heran, hidupku penuh khayalan. Ironi bukan? Mari tertawa!

Aku rasa cukup perkenalanku. Apa faedahnya kalian mengenalku lebih dalam? Toh keberadaanku akan sekedar menjadi anekdot saat kelak aku mati.