Online Learning

Adaptive and Engaging E-learning: Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Jarak Jauh

Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.
Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Abstract: This is an inaugural speech as a professor in the field of information technology learning at the Yogyakarta State University. In this speech, it will be discussed how the innovative utilization of information technology in distance education through the development of adaptive and engaging e-learning systems. The e-learning systems are expected to address the issues and challenges faced by universities in the implementation of a quality Open and Distance Learning (ODL). Furthermore, the implementation of good ODL is expected to boost the expansion and equitable access to education nationally and to improve the quality and relevance of education.

Perkembangan teknologi informasi saat ini memang sangat pesat dan peranannya sangat penting dalam menunjang keberhasilan PJJ. Akan tetapi, diperlukan inovasi dalam pemanfaatan teknologi informasi agar e-learning yang menjadi tulang punggung PJJ menjadi berkualitas. E-learning yang berkualitas tidak saja harus memuat bahan ajar yang baik, tetapi juga harus dilengkapi dengan berbagai aktivitas yang membuat peserta didik senang dan menikmati pembelajaran online. Mode komunikasi synchronous dan asynchronous berbasis teknologi informasi dapat diterapkan untuk melakukan aktivitas dalam e-learning agar mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi afektif, kognitif, dan psikomotorik.

E-learning perlu dikembangkan secara inovatif sesuai dengan perkembangan teknologi informasi terbaru, yakni berupa e-learning adaptif dan engaging. E-learning adaptif diharapkan dapat menyajikan materi pembelajaran sesuai dengan tingkat pengetahuan dan gaya belajar mahasiswa sehingga pembelajaran akan efektif. E-learning yang engaging adalah e-learning yang memikat mahasiswa agar selalu datang mengunjungi dengan suka hati tanpa paksaan. Berbagai aktivitas perlu dirancang dalam e-learning sehingga dapat mendorong mahasiswa menjadi aktif, interaktif dan kolaboratif, dan tetap termotivasi dalam lingkungan pembelajaran online.

Demikian kesimpulan dari pidato pengukuhan Guru Besar Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D. dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Teknologi Informasi pada tanggal 1 April 2015 di Universitas Negeri Yogyakarta.

Naskah versi pendek bisa dilihat di web UNY. Naskah lengkap bisa didownload diĀ StaffSite UNY atau di Eprints.

her

I am a leacturer at Yogakarta State University