ICT related

APPED: Model Pengembangan MPI

Penelitian dan Pengembangan dalam Pendidikan (Research & Development in Education) adalah metode penelitian untuk menganalisis, merancang, membuat dan memvalidasi suatu produk pendidikan. Produk yang dihasilkan bisa berupa perangkat keras seperti modul, media pendidikan, alat evaluasi, perangkat pembelajaran, dll. maupun perangkat lunak seperti program pelatihan, proses pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran elektronik, e-book, multimedia pembelajaran, dll. Tujuan penelitian jenis R & D adalah menghasilkan produk pendidikan, mengetahui kelayakannya, dan mengetahui kebermanfaatannya.

Model APPED adalah model pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yang diinspirasi akan kebutuhan penelitian jenis R & D dimana pada tahap awal diperlukan upaya penelitian sebagai bagian dari penelitian dan pengembangan. Model APPED ini terdiri atas 5 langkah sistimatis dan logis yakni: Analisis dan Penelitian Awal, Perancangan, Produksi, Evaluasi, Diseminasi.

Tahap Analisis dan Penelitian Awal merupakan kunci dari R & D yakni perlunya analisis kebutuhan MPI dan kajian mendalam tentang karakteristik siswa, teknologi, cakupan materi, capaian pembelajaran, MPI yang ada, studi literatur, kebutuhan beaya. Hasil kajian tersebut digunakan sebagai dasar perancangan pada tahap berikutnya. Dokumen rancangan yang berisi outline, flowchart, screen design dan story board dijadikan pedoman pada tahap produksi. Proses produksi membutuhkan banyak sumber daya karena mulai membuat prototipe komponen multimedia dan dilanjutkan dengan menyusun semua komponen dalam projek MPI menggunakan authoring tools.

Hasil dari proses produksi adalah program MPI yang sudah berfungsi sesuai target dan siap untuk divalidasi oleh ahli pada tahap berikutnya yaitu evaluasi. Pada tahap evaluasi ini pengembang menjamin bahwa produk MPI layak untuk digunakan setelah divalidasi dan direvisi. Langkah terakhir adalah diseminasi produk MPI sebagai tanggung jawab pengembang untuk mensosialisasikan produknya dan menguji apakah produk MPI tersebut benar-benar efektif untuk pembelajaran.

Sumber:
Bab 4. Pengembangan MPI
Surjono, Herman D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan, Edisi Pertama. Yogyakarta: UNY Press.

her

I am a leacturer at Yogakarta State University