Book

Blended Learning untuk Vokasi

Pengarang: Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs., Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs., Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., Dr. Priyanto, M.Kom.

Buku ini diperuntukkan bagi kalangan umum, rekan dosen, asisten dosen, tenaga pendidik lainnya dan mahasiswa yang sedang mempelajari konsep Blended Learning pada umumnya serta implementasi Blended Learning pada pendidikan tinggi vokasi pada khususnya.  Buku ini dituangkan dalam enam (6) bab yaitu sebagai berikut:

  1. Bab I membahas mengenai pendahuluan, yaitu bagaimana membangun SDM berdaya saing global yang dilanjutkan dengan pemaparan peran pendidikan dalam pertumbuhan ekonomi dan terakhir membahas isu peran pendidikan vokasi dalam menyambut Asean Economic Community.
  2. Bab II membahas tentang konsep dan kebijakan pembelajaran vokasi berbasis ICT. Bab ini akan mengajak pembaca untuk memahami peran ICT dalam dunia pendidikan, kebijakan mengintegrasikan ICT ke dalam pendidikan di Indonesia, dan bagaimana ICT dipandang dari segi pedagogik.
  3. Bab III membahas mengenai E-learning dan Blended Learning. Diawali dengan pengertian e-learning dan blended learning. Pada bab ini juga membahas mengenai pengembangan metode pembelajaran berbasis blended learning, karakteristik blended learning, serta Penerapan blended learning.
  4. Bab IV membahas tentang instructional model blended learning, yang terdiri dari empat (4) macam yaitu model rotation, model flex, model self-blended, dan model enriched-virtual
  5. Bab V membahas tentang desain blended learning pada pendidikan vokasi. Pada bab ini pembaca akan dituntun langkah per langkah dalam membuat desain blended learning, yaitu diawali dengan memahami komponen sistem pembelajaran terlebih dahulu, kemudian memahami teori belajar yang melandasi pembelajaran blended learning, dan dilanjutkan dengan tahapan pengembangan model blended learning serta key success factor dari pengembangan.
  6. Bab VI mengenai pengembangan model blended learning pada pendidikan vokasi, yaitu diawali dengan model Vocational Blended Leaning (VBL) dan dilanjutkan dengan implementasi model VBL pada salah satu perguruan tinggi vokasi di Indonesia.

DOWNLOAD BUKU

her

I am a leacturer at Yogakarta State University