ICT di Asia Pacific

Banyak hal yang bisa diperoleh kala ngerumpi dengan sesama pendidik. Apalagi bila gabung dengan teman seprofesi dari 10 negara di Asia Pasific, ngomongin masalah implementasi ICT dalam pendidikan di negara masing-masing. Dibanding 9 negara lainnya seperti Kamboja, India, Laos, Malaysia, China, Filipina, Sri langka, Thailand, dan Vietnam, kita termasuk lumayan (menengah) dalam hal tingkat pemanfaatan ICT untuk proses belajar mengajar. Tapi kalau dibanding dengan negara-negara eropa atau amerika ya tentulah kita masih jauh tertinggal.

Makanya trus UNESCO punya insiatif meningkatkan kapasitas para pendidik yang berkecimpung di LPTK di 10 negara Asia Pasific itu untuk menyiapkan guru-guru di abad 21 ini. Proyeknya itu disebut Next Generation of Teachers. Dari Indonesia dipilih UNY, UPI dan UM untuk berpartisipasi. Bareng sama wakil-wakil dari 9 negara lainnya, maka kumpulah 30 orang dalam acara “the first regional workshop on ICT-integration training for the next generation of teachers” di YunNan, China pada tanggal 15 sampe 19 Oktober 2007.

100_2129-rev.jpg

6 thoughts on “ICT di Asia Pacific

  1. Kegiatan yang sangat positif terutama untuk meningkatkan mutu pendidik di Indonesia, sebetulnya guru-guru kita tidak kalah lho dengan guru2 di ASEAN buktinya pada tahun 90an mahasiswa Malaysia banyak yang menimba ilmu di Indonesia. Tinggal pemerintah komitmen atau tidak dalam melaksanakan kurikulum.
    Maju terus… pak
    busanamuslimterbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 46 = 55