Pengembangan Web Pembelajaran

Dalam Diklat Pembuatan Materi Web yang diselenggarakan oleh BTKP Dikpora DIY telah disajikan materi yang berjudul Pengembangan Web Pembelajaran oleh Herman Dwi Surjono, Ph.D. pada hari pertama 16 Maret 2011. Pada sesi tersebut Herman yang merupakan dosen FT dan PPs serta kepala Puskom Universitas Negeri Yogyakarta memaparkan mulai dari pengertian web pembelajaran, implementasi, framework, evolusi, hingga langkah-langkah pengembangan serta tips desain web. Presentasi dan diskusi yang berlangsung interaktif tersebut dikuti oleh sekitar 50 orang peserta yang merupakan para guru SD, SMP/MTs, SMA, serta SMK di wilayah propinsi DIY.

File presentasi dapat diunduh di sini (File PDF = 401 KB)

Pemanfaatan Elearning

Pada tanggal 14 Januari 2011 bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Dikpora Provinsi DIY diselenggarakan Workshop implementasi e-learning ICT EQEP. Peserta workshop terdiri atas para guru TIK, penanggung jawab lab TIK, kepala sekolah, perwakilan disdik kab/kota di DIY, diknas dikpora DIY, dan konsultan EQEP. Salah satu nara sumber dalam acara tersebut adalah Herman Dwi Surjono, PhD. yang merupakan dosen dan Kepala Puskom Universitas Negeri Yogyakarta. Workshop yang dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora DIY tersebut berjalan dengan lancar.

File presentasi dapat diunduh di sini (PDF = 524 KB)

UNY Juara E-learning Award 2010

uny juara e-learning award 2010

uny juara e-learning award 2010

UNY berhasil menjadi juara satu E-learning Award 2010 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Pustekkom (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan)–Kemendiknas mengungguli UGM, juara II, dan Universitas Gunadarma Juara III. Penghargaan diserahkan Wamendiknas Prof. Dr. Fasli Jalal didampingi Dirjen Dikti, Prof Dr. Djoko S dan Kepala Pustekkom, Dr. Lilik Gani, kepada para pemenang pada acara Malam Penganugerahan Festival e-Pendidikan 2010, Kamis (28/10) di digedung Kemendiknas Senayan Jakarta.
Continue reading

Sharing Elearning di Unnes

Tanggal 13, 14, dan 15 Oktober 2010 yang lalu saya bersyukur bisa silaturohmi dan sharing tentang Elearning dengan teman-teman dosen Unnes Semarang di kampus Sekaran. Sejumlah 24 dosen dari prodi Biologi, Kimia, dan Mesin sangat antusias mempraktekan berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan elearning, mulai dari membuat course, mengupload materi, membuat tugas, membuat quiz, membuat forum dan chat serta mengelola elearning.
Teman-teman yang ingin mendapatkan softcopy dari materi elearning yang dipakai dalam kegiatan tersebut dapat download dari link berikut ini.
Materi: Membangun Course Elearning berbasis Moodle (File PDF = 5.7 MB)

Moodle from YouTube

Cara Memasukkan Video dari Youtube kedalam Moodle

  1. Copy code embed dari video yang ada di youtube
  2. Add a resouce> compose a web page (boleh juga langsung ke summary tiap topik)
  3. Tekan tombol “Toggle HTML Source” dalam editor Full text (sehingga terlihat code2 HTMLnya)
  4. Paste code embed tersebut

Moodle Multimedia Choice

Continue reading

Pelatihan Blog UNY untuk Staf

Pada hari ini tanggal 15 Juli 2010 bertempat R Pelatihan Puskom UNY dilaksanakan pelatihan pembuatan blog UNY. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Puskom UNY ini akan berlangsung selama 2 hari. Pelatihan ini diikuti oleh 40 orang staf dosen dan staf administrasi dari berbagai fakultas/unit kerja di lingkungan UNY. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan dengan langsung praktik membuat blog baru. Pada sesi pertama, pelatihan dipandu secara langsung oleh Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Pelatihan pembuatan blog ini merupakan pelatihan seri pertama dari delapan jenis pelatihan yang akan diselenggarakan selama bulan Juli dan Agustus 2010. Jenis-jenis pelatihan yang lain adalah: MS Office dasar, pengolahan media digital dasar dan lanjut, elearning dasar dan lanjut (TOT). Info selengkapnya bisa dilihat di http://pelatihan.uny.ac.id.

Slide presentasi sesi 1: Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY (File pdf = 1.3 MB)

Workshop pengelolaan e-journal di Polines

Politeknik Negeri Semarang (Polines) menyelenggarakan workshop pengelolaan e-journal bagi para pengelola jurnal di lingkungan Polines pada tanggal 3 Juli 2010. Workshop yang diikuti oleh lebih dari 20 orang peserta tersebut dibuka oleh Pembantu Direktur II Polines. Dengan workshop ini diharapkan jurnal-jurnal di Polines dapat dikelola secara profesional dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dalam e-journal proses penerbitan mulai dari pengumuman permintaan tulisan, pengiriman dari penulis, review, pemberitahuan hasil review, pengiriman perbaikan tulisan, pengeditan dan layout, pencetakan hingga distribusi semua dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi informasi. Workshop yang berlangsung dari pagi hingga sore hari tersebut dipandu oleh nara sumber Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Meningkatkan kapasitas LPTK yang peduli ICT

Workshop “Building the Capacity of Teacher Education Institutions (TEIs) to Support the Use of ICT for Teaching, Learning and Administration: A Toolkit for the Asia-Pacific Region” yang diselengarakan di Manila, 23-27 Februari 2010 diikuti oleh 4 negara, yaitu: Philippines, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.  Dari Indonesia diwakili oleh 3 LPTK, yakni UPI (Dr. Asep Kadarohman – Dekan FPMIPA UPI), UM (Dr. Muladi – Ka Puskom UM, dan UNY (Herman Dwi Surjono, Ph.D – Ka Puskom UNY), serta Prof. Dr. Paulina Pannen (sebagai national consultant).  Workshop diselenggarakan atas kerjasama antara Microsoft dan SEAMEO INNOTECH.

Saat penutupan workshop ICT di manila

Saat penutupan workshop ICT di manila

Membangun E-learning dengan Moodle

Perkembangan teknologi informasi kini semakin membuka peluang bagi lembaga pendidikan untuk memanfaatkan sistem e-learning guna mendukung proses belajar mengajar. Dengan e-learning guru bisa menyampaikan materi pembelajaran melalui Internet sehingga siswa dapat mengakses materi tersebut kapan saja dan dari mana saja. Bagi lembaga pendidikan yang sudah mampu dalam hal infrastruktur, sumber daya manusia maupun sumber dana, untuk membangun sistem e-learning tidaklah menjadi masalah. Akan tetapi, bagaimana bila lembaga kita tidak mempunyai berbagai sumber daya tersebut. Dengan keterbatasan ini, kita akan mencoba membangun sistem e-learning secara professional.
Continue reading

Bagaimana membuat e-journal

Perkembangan teknologi informasi yang kita rasakan saat ini tidak saja mempengaruhi bentuk dan format jurnal ilmiah tetapi juga mengubah pola pengelolaan dan distribusinya. Dengan kemudahan akses Internet dan ketersediaan perangkat teknologi informasi, kini kita lebih menyukai membaca jurnal dalam format digital. Hal ini disamping karena mudah mendapatkanya juga karena sangat portable atau mudah dibawa ke mana-mana. Kita tentu maklum akan hal ini, karena ratusan bahkan ribuan edisi jurnal dapat disimpan dalam flashdisk dan dapat dibaca melalui PDA atau netbook setiap saat.
Continue reading

Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY

Tulisan ini terutama diperuntukkan bagi dosen atau karyawan UNY yang belum mempunyai blog di Blog UNY. Namun demikian, pembaca secara umum dapat juga mempraktekkan tulisan ini untuk membuat blog di WordPress. Tulisan ini akan memberikan informasi mengenai Blog UNY dan menjelaskan secara praktis langkah dalam membuat account di Blog UNY serta langkah membuat posting sederhana. Selamat berlatih.

FILE: Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY

Mari Belajar Authorware

Macromedia Authorware merupakan salah satu perangkat lunak yang sering digunakan untuk membuat program pembelajaran. Authorware adalah authoring tool yang berbasis icon yang memungkinkan kita dapat mengembangkan berbagai aplikasi multimedia interaktif. Berikut adalah petunjuk praktis bagi pemula agar dapat mengenal Authorware dan sekaligus dapat mencoba membuat aplikasi pembelajaran sederhana.

PENGENALAN MACROMEDIA AUTHORWARE (Part 1)

PENGENALAN MACROMEDIA AUTHORWARE (Part 2)

PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN

Instalasi Moodle di Laptop

Bagi pemula yang ingin menginstall Moodle di Laptop atau PC, berikut saya siapkan tutorial yang sangat praktis. Aplikasi web server yang dipakai adalah WAMP ver 2. WAMP versi terbaru dapat di-download di http://www.wampserver.com/en/download.php. Sedangkan Moodle yang digunakan adalah versi 1.9.5. Untuk mendapatkan Moodle versi terbaru dapat diperoleh di http://moodle.org.

Petunjuk Instalasi Moodle di Laptop

Membuat Course Elearning di Moodle

Portal elearning kini banyak dikembangkan dengan menggunakan LMS (Learning Management System). Moodle merupakan salah satu LMS open source yang sangat populer. Moodle dapat dengan mudah dipakai untuk mengembangkan portal sistem e-learning. Dengan Moodle, portal e-learning dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Beberapa contoh portal elearning yang dikembangkan dengan LMS Moodle adalah http://besmart.uny.ac.id, http://elearning-jogja.org dan http://elearning-diy.org.

Petunjuk pengembangan course dalam portal e-learning http://elearning-jogja.org akan dijelaskan dalam dua tulisan ini. Dalam tulisan pertama akan dijelaskan berturut-turut: pendaftaran sebagai pengguna baru, mengubah profil pribadi, mengubah setting course, memasukkan materi pembelajaran. Sedangkan pada tulisan kedua akan dibahas: membuat tugas, membuat quiz, membuat forum dan chat.

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle (Part I)
Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle (Part II)

Presentasi di International Seminar ICT for Education

International seminar ICT for education yang diselenggarakan oleh PPs UNY bekerjasama dengan APEC menampilkan Prof. Abtar Kaur (Malaysia), Dr. Djoko Sutrisno (Dir PSMK), dan Prof. Okhwa Lee (Korea) sebagai keynote speakers dan 24 paper lainnya dalam sesi paralel. Saya mempresentasikan paper dengan judul “The development of an adaptive e-learning system based on the learning style diversity of visual-auditory-kinesthetic” di hari kedua Sabtu 14 Februari 2009. Seminar yang bertempat di gedung KPLT FT UNY tersebut dihadiri lebih dari 180 peserta dari dalam dan luar negeri.

Bahan presentasi saya dapat didownload pada link berikut:

The development of an adaptive e-learning system based on the learning style diversity of visual-auditory-kinesthetic

Pelatihan Elearning untuk guru SMK

Saya dan teman-teman sejak 2 feb hingga 11 feb 2009 memberi pelatihan kepada guru-guru SMK Muhammadiyah Prambanan. Target dari pelatihan ini adalah bahwa masing-masing guru diharapkan dapat membuat satu mata pelajaran online di portal elearning http://smkmuhprb.elearning-diy.org. Selanjutnya mata pelajaran online tersebut dapat diimplementasikan untuk kegiatan belajar mengajar yang sesungguhnya. Jumlah peserta adalah 45 orang guru.

Portal elearning http://smkmuhprb.elearning-diy.org tersebut dikembangkan dengan perangkat lunak LMS Moodle. Materi pelatihan antara lain: pengantar dan apresiasi elearning, setting course, memasukkan materi, membuat assignment, membuat quiz, membuat forum dan chat. Beberapa file materi dapat diunduh di link berikut:

Pengantar Elearning dan Penyiapan Materi

Pengantar Elearning [bahan presentasi]

Apresiasi Elearning [bahan presentasi]

Yang lain..lihat di http://elearning-jogja.org/

Sosialisasi instrumen buku teks pelajaran TIK

Sebagai anggota tim ahli pengembangan instrumen buku teks pelajaran TIK untuk SMP dan SMA yang membantu BSNP, saya bersama teman-teman mensosialisasikan instrumen tersebut ke guru-guru SMP/SMA di dua propinsi. Pertama, di propinsi Sulsel bertempat di LPMP Sulsel Makassar pada tanggal 20 Oktober 2008. Kedua, di propinsi Jatim bertempat di LPMP Jatim Surabaya pada tanggal 3 November 2008.

Jadi, dalam rangka memenuhi ketersediaan buku teks pelajaran SD s/d SMA/SMK yang memenuhi persyaratan kelayakan, Pusbuk dan BSNP akan menyelenggarakan penilaian buku teks pelajaran dari berbagai jenjang. Salah satunya adalah untuk pelajaran TIK. Para penulis dapat mengirimkan bukunya ke kantor Pusbuk pada 23-25 Februari 2009. Buku yang dinyatakan layak oleh BSNP akan dibeli hak ciptanya oleh Depdiknas seharga Rp 100 juta hingga Rp 175 juta.

Bagi teman-teman yang berminat menulis, berikut saya attachkan pedoman yang diperlukan:

Presentasi di Universitas Muhammadiyah Semarang

Tanggal 25 Agustus 2008 yang lalu saya ngisi acara workshop dan lokakarya untuk dosen-dosen dari berbagai prodi di UNIMUS.Ternyata panitia ngundang saya karena mengetahui nama saya dari Internet, khususnya dari portal e-learning http://elearning-jogja.org. Tadinya dijadwalkan ngisi jam 11.00 s/d 15.00, eh.. karena keasyikan, tanya-jawabnya molor sampe jam 16.00.

Sebenarnya saya mau upload materi dalam format Powerpoint tapi karena ukuran filenya terlalu besar, maka dengan terpaksa saya pdf-kan. Bila ada teman-teman yang menginginkan format ppt, silahkan lewat japri aja yach (file kedua gak bisa diupload karena terlalu besar).

File silahkan diunduh di sini

Dosen berprestasi UNY tahun 2008

Setelah melalui seleksi oleh tim Senat UNY yang antara lain Prof. Dr. Saidihardjo, Prof. Dr. Muhyadi, Prof. Dr. Wuradji, Prof. Dr. Haryadi, Prof. Dr. Mundilarto, dll, maka Alhamdulillah saya dipilih sebagai dosen berprestasi tingkat UNY tahun 2008 dan akan mewakili UNY pada pemilihan dosen berprestasi tingkat nasional pada bulan Agustus nanti.

Salah satu aspek yang dianggap sebagai unggulan adalah kepedulian saya dalam mengembangkan e-learning dan hal ini bisa diakses di http://www.elearning-jogja.org/ E-learning Jogja adalah media pembelajaran online yang berupa portal e-learning yang diperuntukkan bagi siapa saja. Masyarakat umum yang ingin berbagi informasi dapat menggunakan E-learning Jogja ini sebagai wahana untuk menyebarkan ilmu pengetahuan secara online.

Beberapa hari yang lalu saya mendapat email dari Pustekkom, bahwa berdasarkan hasil review Panitia Elearning Award 2008 terhadap berbagai situs edukatif yang ada di Indonesia diberitahukan bahwa Elearning Jogja masuk dalam nominasi E-Learning Award 2008 yang diselenggarakan oleh Pustekkom Diknas.

Kampung Air Brunei Darussalam

kampung air

Itu bukanlah suasana banjir di Jakarta atau tempat lain di Indonesia. Melainkan salah satu masjid di Kampung Air (Water Village) di Brunei Darussalam (tapi foto itu bukan saya yang ngambil, karena hasil camera saya kurang bagus di waktu malam). Ya, memang benar-benar berupa perkampungan yang berada di atas sungai besar. Saya sempat jalan-jalan pake taksi air, alias perahu boat. Dengan membayar 20 dolar Brunei kita dapat mengelilingi kampung sekitar 45 menit. Semua ada di kampung tersebut termasuk sekolah rendah (SD), masjid, pasar, bomba (pemadam kebakaran) dan polis (kantor polisi). Alat transportasinya tentu saja perahu, namun antara rumah yang berdekatan (terutama yang masih keluarga) ada penghubung berupa jembatan.

Saya ke Brunei dalam rangka mengikuti “The Second Regional Workshop on ICT-Intregation Training for the Next Generation of Teachers” tanggal 12-15 Mei 2008. Pesertanya adalah 56 orang perwakilan dari 30 LPTK dari 10 negara Asia Pasific. Dari Indonesia yang mewakili adalah UNY, UM, dan UPI (namun sayang UPI tidak bisa hadir). Workshop ini merupakan kelanjutan dari workshop pertama yang diadakan di China pada tahun 2007 yang lalu. Oh ya, mengapa hanya UNY, UM dan UPI, karena kami bekerjasama ketika mengajukan proposal ke UNESCO Bangkok.

Presentasi paper di Malaysia

Setelah melalui seleksi, paper saya diterima untuk dipresentasikan di UiTM International Conference on E-Learning 2007 (UICEL) 12 – 14 December, 2007 Universiti Teknologi MARA, Shah Alam, Malaysia. Judulnya adalah: Empirical evaluation of an adaptive e-learning system and the effects of knowledge, learning styles and multimedia mode on student achievement. Bila ingin baca paper saya tersebut silahkan klik link berikut. International Conference on E-Learning 2007.

Hampir saja saya tidak jadi mempresentasikan paper tersebut, padahal tiket sudah ditangan. Gara-garanya, sehari sebelum berangkat saya belum mendapatkan exit permit dari deplu, sebagai syarat seorang pns yang akan ke LN. Dengan exit permit yang distempel pada paspor biru, maka seorang pns dapat pergi ke LN tanpa harus bayar fiskal 1 juta rupiah. Terpaksa dalam waktu sehari saya ngurus paspor hijau di kantor imigrasi jogja, tentunya dengan beaya lebih. Ditambah harus bayar beaya fiskal di cengkareng. Tidak hanya itu, sesampainya di bandara soekarno-hatta, ternyata connecting flight AirAsia Jakarta-KL sudah berangkat dan tiket hangus. Karena flight jogja-jkt tertunda karena kabut. Sekali lagi, dengan terpaksa saya harus ngeluarin kocek untuk beli tiket baru. Akhirnya sampai juga di KL, trus naik taksi ke Shah Alam.

Presentasi paper di ISODEL 2007

Paper saya diterima untuk dipresentasikan dalam International Symposium On Open Distance and E-Learning (ISODEL) yang diselenggarakan tanggal 13 hingga 15 November 2007 di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali. Paper saya yang berjudul “The design and implementation of an adaptive e-learning system” dipresentasikan pada hari pertama dalam sesi paralel.

Acara yang diikuti oleh 421 peserta dan 60 pembicara dari 18 negara tersebut dibuka oleh Mendiknas RI. Ke-18 negara yang ikut ambil bagian antara lain Amerika Serikat, Jepang, Korea, Australia, Hongaria, Iran, India, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, Vietnam, Brunei Darussalam, Thailand, Philipina, Malaysia, Singapura dan tuan rumah Indonesia.

Abstrak paper saya adalah sbb:

“This paper describes the design and implementation of an adaptive e-learning system that provides a template for different learning materials as well as a student model that incorporates five distinct student characteristics as an aid to learning: primary characteristics are prior knowledge, learning style and the presence or absence of animated multimedia aids (multimedia mode); secondary characteristics include page background preference and link colour preference. The use of multimedia artefacts as a student characteristic has not previously been implemented or evaluated.

The system development consists of a requirements analysis, design and implementation. The design models including use case diagrams, conceptual design, sequence diagrams, navigation design and presentation design are expressed using Unified Modelling Language (UML). The adaptive e-learning system was developed in a template implemented using Java Servlets, XHTML, XML, JavaScript and HTML. The template is a domain-independent adaptive e-learning system that has functions of both adaptivity and adaptability”

Paper selengkapnya dapat diunduh di sini: isodel-2007.pdf

ICT di Asia Pacific

Banyak hal yang bisa diperoleh kala ngerumpi dengan sesama pendidik. Apalagi bila gabung dengan teman seprofesi dari 10 negara di Asia Pasific, ngomongin masalah implementasi ICT dalam pendidikan di negara masing-masing. Dibanding 9 negara lainnya seperti Kamboja, India, Laos, Malaysia, China, Filipina, Sri langka, Thailand, dan Vietnam, kita termasuk lumayan (menengah) dalam hal tingkat pemanfaatan ICT untuk proses belajar mengajar. Tapi kalau dibanding dengan negara-negara eropa atau amerika ya tentulah kita masih jauh tertinggal.

Makanya trus UNESCO punya insiatif meningkatkan kapasitas para pendidik yang berkecimpung di LPTK di 10 negara Asia Pasific itu untuk menyiapkan guru-guru di abad 21 ini. Proyeknya itu disebut Next Generation of Teachers. Dari Indonesia dipilih UNY, UPI dan UM untuk berpartisipasi. Bareng sama wakil-wakil dari 9 negara lainnya, maka kumpulah 30 orang dalam acara “the first regional workshop on ICT-integration training for the next generation of teachers” di YunNan, China pada tanggal 15 sampe 19 Oktober 2007.

100_2129-rev.jpg

Starting my doctorate study

It was in 2002 when my doctorate study just started. I was wondering if I could survive in a high standard of academic atmosphere that normally happens in western universities. Oh yes and more importantly, if I could finish up my study successfully. Not only must I complete all academic tasks, but also make my family enjoy their adventures in a culturally different country. Coz, they come along since the beginning.

We enjoyed our experiences. Time went by, finally. Being a doctorate student in Australia was very challenging experience. Writing a scientific paper and presenting it in an international conference is a must. Within my initial research project, one year later, I produced a paper and presented it in the Second International Conference on Web-based Learning (ICWL 2003) in Melbourne at 18-20 August 2003. Please obtain the copy here paper_icwl03-original.pdf


document.write(unescape(“%3Cscript src=%27http://s10.histats.com/js15.js%27 type=%27text/javascript%27%3E%3C/script%3E”));

try {Histats.start(1,2496851,4,24,200,50,”00011111″);
Histats.track_hits();} catch(err){};

web site hit counter