Adaptive and Engaging E-learning: Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Jarak Jauh

Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Abstract: This is an inaugural speech as a professor in the field of information technology learning at the Yogyakarta State University. In this speech, it will be discussed how the innovative utilization of information technology in distance education through the development of adaptive and engaging e-learning systems. The e-learning systems are expected to address the issues and challenges faced by universities in the implementation of a quality Open and Distance Learning (ODL). Furthermore, the implementation of good ODL is expected to boost the expansion and equitable access to education nationally and to improve the quality and relevance of education.

Perkembangan teknologi informasi saat ini memang sangat pesat dan peranannya sangat penting dalam menunjang keberhasilan PJJ. Akan tetapi, diperlukan inovasi dalam pemanfaatan teknologi informasi agar e-learning yang menjadi tulang punggung PJJ menjadi berkualitas. E-learning yang berkualitas tidak saja harus memuat bahan ajar yang baik, tetapi juga harus dilengkapi dengan berbagai aktivitas yang membuat peserta didik senang dan menikmati pembelajaran online. Mode komunikasi synchronous dan asynchronous berbasis teknologi informasi dapat diterapkan untuk melakukan aktivitas dalam e-learning agar mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi afektif, kognitif, dan psikomotorik.

E-learning perlu dikembangkan secara inovatif sesuai dengan perkembangan teknologi informasi terbaru, yakni berupa e-learning adaptif dan engaging. E-learning adaptif diharapkan dapat menyajikan materi pembelajaran sesuai dengan tingkat pengetahuan dan gaya belajar mahasiswa sehingga pembelajaran akan efektif. E-learning yang engaging adalah e-learning yang memikat mahasiswa agar selalu datang mengunjungi dengan suka hati tanpa paksaan. Berbagai aktivitas perlu dirancang dalam e-learning sehingga dapat mendorong mahasiswa menjadi aktif, interaktif dan kolaboratif, dan tetap termotivasi dalam lingkungan pembelajaran online.

Demikian kesimpulan dari pidato pengukuhan Guru Besar Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D. dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Teknologi Informasi pada tanggal 1 April 2015 di Universitas Negeri Yogyakarta.

Naskah versi pendek bisa dilihat di web UNY. Naskah lengkap bisa didownload di StaffSite UNY atau di Eprints.

The Effects of Multimedia and Learning Style on Student Achievement in Online Electronics Course

Herman Dwi Surjono, “The Effects of Multimedia and Learning Style on Student Achievement in Online Electronics Course”, The Turkish Online Journal of Educational Technology ISSN: 2146‐7242, January 2015, Vol 14, Issue: 1, pp: 116-122

Abstract

This experimental study investigated the effects of multimedia preferences and learning styles on undergraduate student achievement in an adaptive e-learning system for electronics course at the Yogyakarta State University Indonesia. The findings showed that students in which their multimedia preferences and learning style matched with the way the material presented in online electronics course have higher scores significantly compared to those in which their learning mode were mismatched. The difference happened both in adaptive and non-adaptive online courses.

Full text artikel dapat didownload di TOJET atau STAFF SITE UNY

Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar

Herman Dwi Surjono, “Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar”, Jurnal Penelitian Saintek, Vol 18, No 1, pp. 56-70,  2013

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan teknologi e-learning adaptif untuk mengatasi permasalahan keragaman gaya belajar mahasiswa. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan e-learning konvensional yakni memberikan materi yang sama kepada setiap pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan R & D. Prosedur penelitian meliputi: (a) analisis, (b) desain, (c) implementasi, dan (d) evaluasi. Analisis konsistensi dan akurasi isi dilakukan terhadap data pada tahapan analisis dan desain. Analisis deskriptif dilakukan terhadap semua data yang bisa ditabulasikan sehingga bermakna. Hasil penelitian ini berupa model e-learning adaptif terhadap keragaman gaya belajar mahasiswa. Dalam proses pengembangan dihasilkan juga dokumentasi deskripsi kebutuhan, uraian fungsi, fitur utama, arsitektur, dan diagram use case. Model e-learning diimplementasikan dengan LMS Moodle dan fungsi adaptivitas dibuat dalam bentuk modul. Unjuk kerja, pertama sistem mengidentifikasi kecenderungan gaya belajar melalui kuesioner yakni Visual, Auditory, atau Kinestetik. Selanjutnya skor digunakan oleh sistem sebagai dasar untuk memberi materi yang berbeda kepada mahasiswa.

Full text artikel dapat didownload di “Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar” (file PDF = 5MB))

The Evaluation of a Moodle Based Adaptive e-Learning System

IJIET 2014 Vol.4(1): 89-92 ISSN: 2010-3689
DOI: 10.7763/IJIET.2014.V4.375

The Evaluation of a Moodle Based Adaptive e-Learning System

Herman Dwi Surjono

Abstract—This paper discusses the evaluation of an adaptive e-learning system based on student’s learning styles that has been developed using LMS Moodle. Two popular models of learning styles used are VAK and Felder. The VAK learning styles include visual, auditory, and kinesthetic, whereas the Felder learning styles include global and sequential. The evaluation focuses on the alpha and beta testing. The result shows that the adaptive e-learning system and all adaptation functionalities have performed correctly.

Index Terms—Adaptive, e-learning, learning styles, moodle.

Herman Dwi Surjono is with Electronics Education Department, Engineering College, Yogyakarta State University, Yogyakarta, Indonesia (e-mail: hermansurjono@uny.ac.id).
[PDF]

Cite: Herman Dwi Surjono, “The Evaluation of a Moodle Based Adaptive e-Learning System,” International Journal of Information and Education Technology vol. 4, no. 1, pp. 89-92, 2014.

Download dari blog ini: The Evaluation of a Moodle Based Adaptive e-Learning System

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK

Herman Dwi Surjono dan Heni Rita Susila, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK”, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.3, No.1, Februari 2013

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi perangkat lunak multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Tahap perencanaan meliputi penentuan ruang lingkup, identifikasi karakteristik siswa dan pengumpulan bahan ajar. Tahap desain meliputi analisis konsep materi, pembuatan flowcharts dan storyboards. Tahap akhir yakni proses pengembangan meliputi penyiapan komponen multimedia, pembuatan program, dan evaluasi. Evaluasi terdiri atas uji alpha oleh ahli materi dan ahli media, uji beta oleh siswa dan uji sumatif melalui pretes dan postes. Multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan ini terdiri atas materi bahasa Inggris dengan topic personality traits, people dan compliments. Menurut ahli materi, media ini termasuk sangat baik dalam aspek pembelajaran dan baik dalam aspek materi. Sedangkan menurut ahli media, media ini termasuk sangat baik. Siswa yang belajar menggunakan media ini mencapai tingkat ketuntasan 70%, sedangkan yang belajar menggunakan media cetak mencapai ketuntasan 50%.

Full teks artikel dapat di-download di Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SMK (PDF 430 KB)

Presentasi E-learning di ICCE 2013

ICCE2013-a-smHerman Dwi Surjono, Ph.D., salah seorang dosen Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan sekaligus Kaprodi S2 Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana UNY kembali menyajikan elearning UNY BESMART di kancah internasional di Bali 21 November 2013. Kali ini Herman tampil sebagai “Invited Speaker” dalam The 21st International Conference on Computers in Education (ICCE 2013) yang diselenggarakan tanggal 20 – 22 November 2013 di Grand Inna Bali Beach Hotel. Konferensi internasional ini merupakan agenda tahunan dari The Asia-Pacific Society for Computers in Education dimana pada tahun ini yang mendapat kehormatan sebagai tuan rumah adalah Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta dengan didukung oleh Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha).

Continue reading

Presentasi E-learning di ICDLE 2013 Paris

herman-paris2-smHerman Dwi Surjono, Ph.D., salah seorang dosen Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan sekaligus Kaprodi S2 Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menyajikan papernya di ajang The 2013 4th International Conference on Distance Learning and Education (ICDLE 2013). Konferensi internasional ini diselenggarakan oleh International Association of Computer Science and Information Technology (IACSIT) dan International Journal of Information and Education Technology pada 12 – 13 Oktober 2013 di Paris, Perancis.

Continue reading

Membangun Course E-learning Edisi 2 tahun 2013

Buku saya yang berjudul “Membangun Course E-learning berbasis Moodle” edisi ke-2 tahun 2013 dapat di-download melalui link di bawah. Pada edisi kedua ini terdapat beberapa bab tambahan.

Buku ini dapat didownload secara gratis. Namun mohon kiranya bisa memberikan comment (pesan).

Download dari staff site: Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle Edisi Kedua (File PDF = 5.7 MB)
Download dari blog ini: Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle Edisi Kedua (File PDF = 5.7 MB)

Semnas Pendidikan dan Saintec di UMS

Seminar Nasional Pendidikan dan Saintec 2013 yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 18 Mei 2013 menghadirkan pembicara utama Herman Dwi Surjono, Ph.D. Judul paper yang disajikan adalah “Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Proses Pembelajaran yang Inovatif”. Semnas yang dihadiri tidak kurang dari 300 peserta dari kalangan guru, dosen dan peneliti tersebut berlangsung di Gedung Auditorium Moh. Djazman Kampus I UMS Solo.

Implementasi ICT dalam Pembelajaran IPA

HIMA IPA UNY pada tanggal 6 Oktober 2012 menyelenggarakan Seminar Nasional IPA dengan tema Implementasi ICT dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya Optimalisasi Tenaga Pendidik yang Siap Menghadapi Era Global di Ruang Seminar FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Tampil sebagai salah satu pembicara utama dalam Seminar Nasional tersebut adalah Herman Dwi Surjono, Ph.D. yang merupakan dosen FT dan Pascasarjana UNY serta Kaprodi TP S2 PPs UNY. Dalam seminar yang diikuti oleh sekitar 250 peserta tersebut, Herman menyajikan makalah yang berjudul “Implementasi ICT dalam Pembelajaran IPA” yang antara lain berisi Pengertian ICT, Cakupan ICT, Kondisi ICT di sekolah Indonesia, Potensi ICT dalam Pendidikan, Perkembangan/Trends ICT, Peran ICT dalam Pembelajaran IPA, Implementasi ICT dalam Pembelajaran IPA, Model yang cocok.

Bagaimana membuat slide presentasi yang baik

Dalam rangka penyusunan kurikulum dan modul hasil Training Needs Assesment, Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) mengadakan pelatihan teknik mendesain slide dan teknik presentasi yang menarik di Hotel ROS IN Yogyakarta pada tanggal 31 Agustus 2012. Sebagai nara sumber utama dalam kegiatan tersebut adalah Herman Dwi Surjono, Ph.D. yang merupakan dosen FT dan PPs UNY sekaligus Kaprodi TP S2 Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Pelatihan yang diikuti oleh para widyaiswara dan pejabat sturktural di lingkungan Bapelkes tersebut berlangsung sangat interaktif dan antusias dari pukul 14.00 hingga 22.00 WIB.

File presentasi dapat didownload di sini (File PDF= 885 KB)

Materi Multimedia untuk guru TIK di PLPG Rayon 11 UNY

Materi Multimedia bagi guru-guru bidang TIK di PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU SERTIFIKASI GURU RAYON 11 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA gelombang 5 diberikan oleh Herman Dwi Surjono, Ph.D. pada tanggal 5 Juli 2012. Dalam sesi ini Herman yang juga dosen FT dan Pascasarjana UNY menjelaskan mengenai Pengertian multimedia, Elemen multimedia, Authoring tools, Distribusi multimedia, Gambar, Pengembangan Multimedia, Multimedia Pembelajaran Interaktif. Menurut rencana materi yang sama juga akan diberikan pada gelombang 6 (16 Juli 2012), gelombang 7 (27 Juli 2012), dan gelombang 8 (8 Agustus 2012).

Materi presentasi selengkapnya dapat didownload di sini (File PDF “B14.Multimedia PLPG 2012” = 2.9 MB)

Multimedia Pembelajaran Interaktif

LIMUNY Puskom Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan pelatihan Adobe Flash Interactive Multimedia for Learning tanggal 5 Mei 2012 (gel I) dan 6 Mei 2012 (gel II). Materi pertama disajikan oleh Herman Dwi Surjono, Ph.D. dengan judul “Multimedia Pembelajaran Interaktif”. Dalam sesi ini Herman yang juga dosen FT dan Pascasarjana UNY menjelaskan konsep dan komponen MPI, prinsip multimedia dan interaktivitas, serta tips dan cara membuat multimedia pembelajaran.

Materi presentasi selengkapnya dapat didownload di sini (PDF = 193 KB).

Using e-learning and FB to promote blended learning

Dalam International Conference ICT in Education yang diselenggarakan di UNY pada tanggal 15 April 2012, Herman Dwi Surjono, Ph.D. mempresentasikan topik yang berjudul “The utilization of e-learning and social networks to promote blended learning”. Herman yang juga dosen FT UNY itu menyajikan judul tersebut dalam satu panel bersama pembicara lain yaitu Prof. Deny Smeets dari HAN University, Holland dan Prof. Man-Gon Park Director of Colombo Plan dari South Korea.

Slide presentasi tersebut dapat didownload di sini (PDF 754 KB)

Artikel saya di International Journal of Computer Science and Information Technologies

Surjono, Herman Dwi. (2011). “The Design of Adaptive E-Learning System based on Student’s Learning Styles”. International Journal of Computer Science and Information Technologies (IJCSIT), Vol. 2 (5), pp. 2350-2353

Artikel saya yang berjudul “The Design of Adaptive E-Learning System based on Student’s Learning Styles” telah diterbitkan oleh (IJCSIT) International Journal of Computer Science and Information Technologies, VOLUME 2 ISSUE 5 September-October 2011.
Continue reading

Buku saya tentang Elektronika

Berikut tiga buah buku saya tentang Elektronika yang telah diterbitkan. Judul: “Elektronika: Teori dan Penerapan”, ” Elektronika Analog”, “Elektronika Lanjut”. Buku-buku ini dapat di-download secara gratis untuk kepentingan pendidikan.

Elektronika:
Teori dan Penerapan

coverdepan-elektronika-teori-penerapan

BAB1 | BAB2 | BAB3 | BAB4 | BAB5

Elektronika
Analog

coverdepan-elektronika-analog

BAB1 | BAB2 | BAB3 | BAB4

Elektronika
Lanjut

coverdepan-elektronika-lanjut

BAB1 | BAB2 | BAB3 | BAB4 | BAB5

Potensi Pemanfaatan ICT untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran SMA di Kota Yogyakarta

Surjono, Herman Dwi. & Gafur, Abdul. (2010). “Potensi pemanfaatan ICT untuk peningkatan mutu pembelajaran SMA di kota Yogyakarta”. Cakrawala Pendidikan. Juni 2010, XXIX (2), pp. 161-175

Artikel dari hasil penelitian Herman Dwi Surjono dan Abdul Gafur ini telah diterbitkan oleh Jurnal terakreditasi “Cakrawala Pendidikan” bulan Juni 2010.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi implementasi ICT dalam pembelajaran, yakni: (1) tingkat kompetensi di bidang ICT peserta didik dan tenaga kependidikan pada SMA di Kota Yogyakarta, (2) bagaimana model implementasi ICT dan (3) hambahatan-hambatan dalam mengimplementasikan ICT.
Continue reading

Buku saya: “Membangun E-Learning Dengan Moodle”

Buku saya yang berjudul “Membangun Course E-learning Berbasis Moodle” telah diterbitkan oleh UNY Press.

membangun e-learning dg moodle by herman dwi surjono

Perkembangan teknologi informasi khususnya teknologi Internet pada dasa warsa terakhir ini membuat para pendidik mempunyai banyak pilihan dalam memanfaatkan teknologi tersebut untuk pembelajaran. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Internet untuk mendukung proses pembelajaran adalah E-Learning. Dengan E-Learning ini para pendidik dapat menaruh materi pembelajaran, memberi tugas dan kuis untuk evaluasi, serta memonitor dan menjalin komunikasi dengan siswa melalui web. Dengan demikian aktivitas pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Dalam buku ini akan diuraikan bagaimana cara membangun course E-Learning yang berbasis Moodle. Moodle adalah salah satu Learning Management System (LMS) open source yang terkenal di dunia. LMS merupakan paket perangkat lunak yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dan resources multimedia secara online berbasis web. Di samping itu, di LMS terdapat fitur-fitur yang mempermudah dalam pengelolaan pembelajaran dan hasil-hasilnya, seperti pembuatan tugas-tugas, kuis, monitoring kegiatan peserta didik, serta berbagai fasilitas untuk mendukung aktivitas sosial dan kerjasama.

Buku ini dapat didownload secara gratis. Namun mohon kiranya bisa memberikan comment (pesan).

File lengkap dapat diunduh di sini (File PDF = 4.7 MB)

Buku Edisi Kedua Tahun 2013 dapat diunduh di sini (File PDF = 5.7 MB)

Pengembangan Web Pembelajaran

Dalam Diklat Pembuatan Materi Web yang diselenggarakan oleh BTKP Dikpora DIY telah disajikan materi yang berjudul Pengembangan Web Pembelajaran oleh Herman Dwi Surjono, Ph.D. pada hari pertama 16 Maret 2011. Pada sesi tersebut Herman yang merupakan dosen FT dan PPs serta kepala Puskom Universitas Negeri Yogyakarta memaparkan mulai dari pengertian web pembelajaran, implementasi, framework, evolusi, hingga langkah-langkah pengembangan serta tips desain web. Presentasi dan diskusi yang berlangsung interaktif tersebut dikuti oleh sekitar 50 orang peserta yang merupakan para guru SD, SMP/MTs, SMA, serta SMK di wilayah propinsi DIY.

File presentasi dapat diunduh di sini (File PDF = 401 KB)

Pemanfaatan Elearning

Pada tanggal 14 Januari 2011 bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Dikpora Provinsi DIY diselenggarakan Workshop implementasi e-learning ICT EQEP. Peserta workshop terdiri atas para guru TIK, penanggung jawab lab TIK, kepala sekolah, perwakilan disdik kab/kota di DIY, diknas dikpora DIY, dan konsultan EQEP. Salah satu nara sumber dalam acara tersebut adalah Herman Dwi Surjono, PhD. yang merupakan dosen dan Kepala Puskom Universitas Negeri Yogyakarta. Workshop yang dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora DIY tersebut berjalan dengan lancar.

File presentasi dapat diunduh di sini (PDF = 524 KB)

UNY Juara E-learning Award 2010

uny juara e-learning award 2010

uny juara e-learning award 2010

UNY berhasil menjadi juara satu E-learning Award 2010 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Pustekkom (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan)–Kemendiknas mengungguli UGM, juara II, dan Universitas Gunadarma Juara III. Penghargaan diserahkan Wamendiknas Prof. Dr. Fasli Jalal didampingi Dirjen Dikti, Prof Dr. Djoko S dan Kepala Pustekkom, Dr. Lilik Gani, kepada para pemenang pada acara Malam Penganugerahan Festival e-Pendidikan 2010, Kamis (28/10) di digedung Kemendiknas Senayan Jakarta.
Continue reading

Sharing Elearning di Unnes

Tanggal 13, 14, dan 15 Oktober 2010 yang lalu saya bersyukur bisa silaturohmi dan sharing tentang Elearning dengan teman-teman dosen Unnes Semarang di kampus Sekaran. Sejumlah 24 dosen dari prodi Biologi, Kimia, dan Mesin sangat antusias mempraktekan berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan elearning, mulai dari membuat course, mengupload materi, membuat tugas, membuat quiz, membuat forum dan chat serta mengelola elearning.
Teman-teman yang ingin mendapatkan softcopy dari materi elearning yang dipakai dalam kegiatan tersebut dapat download dari link berikut ini.
Materi: Membangun Course Elearning berbasis Moodle (File PDF = 5.7 MB)

Moodle from YouTube

Cara Memasukkan Video dari Youtube kedalam Moodle

  1. Copy code embed dari video yang ada di youtube
  2. Add a resouce> compose a web page (boleh juga langsung ke summary tiap topik)
  3. Tekan tombol “Toggle HTML Source” dalam editor Full text (sehingga terlihat code2 HTMLnya)
  4. Paste code embed tersebut

Moodle Multimedia Choice

Continue reading

Pelatihan Blog UNY untuk Staf

Pada hari ini tanggal 15 Juli 2010 bertempat R Pelatihan Puskom UNY dilaksanakan pelatihan pembuatan blog UNY. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Puskom UNY ini akan berlangsung selama 2 hari. Pelatihan ini diikuti oleh 40 orang staf dosen dan staf administrasi dari berbagai fakultas/unit kerja di lingkungan UNY. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan dengan langsung praktik membuat blog baru. Pada sesi pertama, pelatihan dipandu secara langsung oleh Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Pelatihan pembuatan blog ini merupakan pelatihan seri pertama dari delapan jenis pelatihan yang akan diselenggarakan selama bulan Juli dan Agustus 2010. Jenis-jenis pelatihan yang lain adalah: MS Office dasar, pengolahan media digital dasar dan lanjut, elearning dasar dan lanjut (TOT). Info selengkapnya bisa dilihat di http://pelatihan.uny.ac.id.

Slide presentasi sesi 1: Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY (File pdf = 1.3 MB)

Workshop pengelolaan e-journal di Polines

Politeknik Negeri Semarang (Polines) menyelenggarakan workshop pengelolaan e-journal bagi para pengelola jurnal di lingkungan Polines pada tanggal 3 Juli 2010. Workshop yang diikuti oleh lebih dari 20 orang peserta tersebut dibuka oleh Pembantu Direktur II Polines. Dengan workshop ini diharapkan jurnal-jurnal di Polines dapat dikelola secara profesional dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dalam e-journal proses penerbitan mulai dari pengumuman permintaan tulisan, pengiriman dari penulis, review, pemberitahuan hasil review, pengiriman perbaikan tulisan, pengeditan dan layout, pencetakan hingga distribusi semua dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi informasi. Workshop yang berlangsung dari pagi hingga sore hari tersebut dipandu oleh nara sumber Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Meningkatkan kapasitas LPTK yang peduli ICT

Workshop “Building the Capacity of Teacher Education Institutions (TEIs) to Support the Use of ICT for Teaching, Learning and Administration: A Toolkit for the Asia-Pacific Region” yang diselengarakan di Manila, 23-27 Februari 2010 diikuti oleh 4 negara, yaitu: Philippines, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.  Dari Indonesia diwakili oleh 3 LPTK, yakni UPI (Dr. Asep Kadarohman – Dekan FPMIPA UPI), UM (Dr. Muladi – Ka Puskom UM, dan UNY (Herman Dwi Surjono, Ph.D – Ka Puskom UNY), serta Prof. Dr. Paulina Pannen (sebagai national consultant).  Workshop diselenggarakan atas kerjasama antara Microsoft dan SEAMEO INNOTECH.

Saat penutupan workshop ICT di manila

Saat penutupan workshop ICT di manila

Membangun E-learning dengan Moodle

Perkembangan teknologi informasi kini semakin membuka peluang bagi lembaga pendidikan untuk memanfaatkan sistem e-learning guna mendukung proses belajar mengajar. Dengan e-learning guru bisa menyampaikan materi pembelajaran melalui Internet sehingga siswa dapat mengakses materi tersebut kapan saja dan dari mana saja. Bagi lembaga pendidikan yang sudah mampu dalam hal infrastruktur, sumber daya manusia maupun sumber dana, untuk membangun sistem e-learning tidaklah menjadi masalah. Akan tetapi, bagaimana bila lembaga kita tidak mempunyai berbagai sumber daya tersebut. Dengan keterbatasan ini, kita akan mencoba membangun sistem e-learning secara professional.
Continue reading

Bagaimana membuat e-journal

Perkembangan teknologi informasi yang kita rasakan saat ini tidak saja mempengaruhi bentuk dan format jurnal ilmiah tetapi juga mengubah pola pengelolaan dan distribusinya. Dengan kemudahan akses Internet dan ketersediaan perangkat teknologi informasi, kini kita lebih menyukai membaca jurnal dalam format digital. Hal ini disamping karena mudah mendapatkanya juga karena sangat portable atau mudah dibawa ke mana-mana. Kita tentu maklum akan hal ini, karena ratusan bahkan ribuan edisi jurnal dapat disimpan dalam flashdisk dan dapat dibaca melalui PDA atau netbook setiap saat.
Continue reading