Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK

Herman Dwi Surjono dan Heni Rita Susila, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK”, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.3, No.1, Februari 2013

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi perangkat lunak multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Tahap perencanaan meliputi penentuan ruang lingkup, identifikasi karakteristik siswa dan pengumpulan bahan ajar. Tahap desain meliputi analisis konsep materi, pembuatan flowcharts dan storyboards. Tahap akhir yakni proses pengembangan meliputi penyiapan komponen multimedia, pembuatan program, dan evaluasi. Evaluasi terdiri atas uji alpha oleh ahli materi dan ahli media, uji beta oleh siswa dan uji sumatif melalui pretes dan postes. Multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan ini terdiri atas materi bahasa Inggris dengan topic personality traits, people dan compliments. Menurut ahli materi, media ini termasuk sangat baik dalam aspek pembelajaran dan baik dalam aspek materi. Sedangkan menurut ahli media, media ini termasuk sangat baik. Siswa yang belajar menggunakan media ini mencapai tingkat ketuntasan 70%, sedangkan yang belajar menggunakan media cetak mencapai ketuntasan 50%.

Full teks artikel dapat di-download di Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SMK (PDF 430 KB)

14 thoughts on “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK

  1. Memang CD pembelajaran multimedia interaktif merupakan media yagn sangat cocok dan tepat untuk pembelajaran bahasa, karena sifatnya yang multimedia bisa memuat berbagai macam unsur media seperti audio dan visaul serta kombinasi keduanya, sehingga bisa memudahkan para siswa untuk belajar mengenai bahasa. Salam kenal. Rahman, TP UNY 2006

  2. sudah saatnya pembelajaran dengan menggunakan multimedia kalau kita tidak mau ketinggalan dari negara lain.

  3. multimedia merupakan salah satu cara yang bagus untuk digunakan dalam sistem belajar mengajar, dimana akan membuat jadi tidak terasa bosan saat belajar.

  4. Kalau bisa untuk ilmu bahasa inggris memang sangat perlu lebih ditekankan, agar anak bangsa tidak tergilas oleh era globalisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 2