Subscribe Subscribe | Subscribe Comments RSS
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) unggul 6-2 atas Malaysia saat pertandingan persahabatan tenis UNY melawan Kota Kinabalu Lawn Tenis Association Gabungan Club Tenis Kuala Lumpur Malaysia.
Tenis persababatan digelar pada (23/9) sore, diawali dengan sambutan selamat datang oleh rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA.
“Terimaksih kepada semua pihak yang telah memberiakan dukungan dan bantuan terutama segenap Bapak Ibu dosen di Fik serta teman-teman sekalian, mudah mudahan acara ini dapat berjalan dengan lancar hingga selesai nanti. Dan di sebalik seua itu marilah kita saling berdiskusi untuk kebaikan bersama.”
Senada, pimpinan rombongan dari Malysia Ir. Izam Ismail juga menyampaikan terimakasih atas sambutan yang luar biasa kepada UNY selaku tuan rumah.

Tampil di putaran pertama pasangan Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA/Sridadi Vs Mejor/Izam dengan skor 8-5. Dilanjutkan dari UNY pasangan Nokrom Made menang 8-3. Pasangan Dardiri/Ngatman Vs Scott/Tengg menang 8-1. Pasangan Sismadiyanto/Saptomo Vs Sonny/Chow menang 8-1. Pasangan Fauzi/NukronVs Lim wiliam menang 8-2. Pasangan Subagyo Irianto/Byastuti Vs Jenifer/Izam menang 8-1. Sementara pasangan Bu Bambang/Bu Yoni Vs Lay/Sagun kalah 1-8. Serupa pasangan Byastuti/Fajar Vs Amy/Kimmy juga kalah 8-1. (ratnae)

Ada tiga pilar utama untuk meningkatkan prestasi olahraga, yaitu: KONI, Dekan dan DIKPORA. Selain itu, research sangat penting untuk meningkatkan quallity sebagai playing mover research. Kami ikut senang dengan hadirnya sentra olahraga ini, mohon perpaduan yang imbang antara sumber daya manusia dan saran prasarana yang utuh dan berkesinambungan.
Demikian Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga sekaligus, Pjs. Sesmenpora RI, Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes. AIFO memberikan sambutan dalam peresmian tribun softball Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) (2/8).
Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA dalam sambutannya berharap agar seluruh wadah keolahragaan yang telah ada segera me-link-kan diri dengan federasi/oragnisasi keolahragaan yang telah ada, sehingga keberadaa wadah keolahragaan di FIK semakin kokoh dalam upaya pembinaan atlit dan meraih prestasi (ratnae)

DSC_0287Kebersamaan dalam mengawal kemajuan pendidikan tinggi dapat dilakukan lebih baik untuk menghadapi tantangan hidup di masa mendatang apabila SUKMALINDO atau FOMIM ini dapat menjadi media oleh mahasiswa, dosen dan pimpinan universitas atau Ditjen Dikti untuk memantapkan dan menginisiasi networking dalam bidang –bidang lainnya.
Demikian Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA memberikan sambutan saat membuka Festifal Olahraga Mahasiswa Malaysia Indonesia atau lebih akrab disebut Sukan Malaysia Indonesia (SUKMALINDO) ke-4 (25/7) di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta.
Rektor berharap agar SUKMALINDO ke-4 dapat didukung secara total oleh semua panitia, terutama petugas keamanan serta penonton, sehingga semua agenda dapat berlangsung dengan lancar tanpa ada hal-hal yang tidak diinginkan. “ Kami harapkan semua atlit, pelatih, dan juri dapat menjunjung tinggi fair play serta sportivitas, sehingga dapat menjadi contoh bagi terselenggaranya pertandingan olahraga yang menjunjung tinggi nilai-nilai utama olahraga”, tegas Rochmat.
Sukmalindo ke-4 mempertandingkan lima cabang olahraga, terdiri dari Bola voli putra dan putri, sepak takrow putra, Bulutangkis putra dan putri, Hoki putri, Futsal putra. Seluruh cabang olahraga dipertandingkan pada hari Senin (25/7) memnepati GOR dan Lapangan Tenis UNY.
Sebelumnya, pada (24/7) malam telah digelar welcome party dan pada(26/7) malam akan dilaksanakan upacara penutupan dan persembahan kebudayaan kedua negara. (ratnae)

DSC_0291Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA membuka secara resmi Festifal Olahraga Mahasiswa Indonesia Malaysia (FOMIM) atau Sukan Malysia Indonesia (SUKMALINDO) pada upacara pembukaan SUKMALINDO ke-4 bertempat di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (25/7)

“SUKMALINDO memiliki fitrah sebagai instrumen dan media untuk membangun persahabatan dan perdamaian para pelajar terutama di tingkat Perguruan Tinggi sebagai calon pemimpin negara dan bangsa di masa depan. Karena itu kami berharap bahwa misi utama event ini lebih mengedepankan persahabatan dan perdamaian perlu dijaga oleh semua pihak”, urai Rochmat. Lanjutnya, “ Atas nama Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan Selamat datang kepada Kontingen Malysia dan juga Indonesia, semoga partisipasinya dapat mensukseskan SUKMALINDO ke-4 dengan menampilkan permainan dan memberikan dampak yang lebih baik daripada sebelumnya”.

Lebih lanjut Rochmat berharap agar SUMALINDO ke-4 dapat memfasilitasi pengemabngan bakat dan kecerdasan kinestetik, sehingga para atlit dapat mengembangkannya secara optimal, sehingga dapat menjadi atlit yang sangat dibutuhkan oleh kedua negara. Selain itu mampu mmebangun cultural understanding di antara bangsa Malaysia dan Indonesia sehingga memudahkan dalam membangun networking yang memang sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.

Lima cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi, bola voli putra dan putri, sepak takrow putra, bulutangkis putra putri, hoki putri, futsal putra. Tampak pejabat dari Dirjen Dikti dan Kemneterian Pengajian Malaysia ikut hadir dalam upacara pembukaan yang ditandai dengan service bola voli oleh Rektor UNY. (ratnae)

GambyongNuansa merah putih memenuhi ruang auditorium Universitas Negeri Yogyakarta dalam acara Welcome Party Festifal Olahraga Mahasiwa Indonesia-Malaysia atau SUKMALINDO ke-4, (24/7) semalam.
Tiga ratus round table yang tersedia terisi penuh oleh seluruh kontingen Malaysia Indonesia. Tari Gambyong persembahan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni sebagi hiburang di penghujunga acara. Seblumnya, acara didahului dengan makan malam bersama, dilanjutkan sambutan Selamat datang dari Rektor UNY, Sambutan dari Wakil Malaysia dan Pengurus Pusat Bapomi DIY.
Rektor UNY, Prof. Dr. rocmat Wahab, M.Pd., Ma dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh kontingen. “ Kami harap SUKMALINDO ke-4 atau Festifal Olahraga Mahasiswa Indonesia-Malaysia akan didukung oleh seluruh atlit, pelatih, juri dengan menjunjung tinggi fair play, sportivitas, dan respek antar sesama, sehingga semua rangkaian pertandingan dapat dinikmati dengan baik, bahkan bisa menjadi contoh bagi terselenggaranya pertandingan olahraga yang menjunjung tinggi nilai-nilai utama olahraga”, tegasnya.
Tampak hadir Pemabntu Rektor I, III, serta Dekan-Dekan UNY. Seusai welcome party, rektor dengan didampingi Pembantu Rektor III dan Dekan FIK Uny berkenan memberikan pengarahan kepada seluruh panitia. (ratnae)

Universitas Negeri Yogyakarta kembali memenangi pertandingan tenis yang digelar dalam rangka Customer BTN Jogja, bertempat di lapangan tenis UNY (23/7) sore, setelah Rektor UNY yang berpasangan dengan Sridadi dapat menakhlukkan Rektor UII yang berpasangan
dengan Dekan FT UNY pada partai final.

Sebelumnya di putaran pool A, UNY
menang 3-0 atas PDAM Solo. Jumlah skor kemenangan serupa juga terjadi saat UNY bertemu dengan UGM. Kemenangan disemi final 2-1 melawan Pemda Sleman,
mengantarkan UNY masuk dalam partai final.

Atas kemenangan tersebut, UNY yang
bermain di kandang sendiri berhak membawa pulang tropy juara pertama serta uang
pembinaan sebesar enam juta rupiah. Tropy juara kedua dipegang oleh UII dan uang pembinaan sebesar empat setengah juta rupiah. Adapun Pemda Kota Sleman dan
Pemda Kota Jogja harus puas membawa pulang tropy juara tiga bersama serta uang pembinaan masing-masing sebesar tiga juta rupiah. (ratnae)

welcome partyDua ratus lima puluh orang kontingen Festifal Olahraga Tahunan Akan disambut dengan Welcome Party pada (24/7) malam mendatang bertempat di Auditorium UNY.
Seluruh tamu yang hadir merupakan atlit, pelatih, ti kesenian serta panitia yang akan memriahkan SUKMALINDO ke-4 memepertandingkan empat cabang olahraga, yaitu: Bolavoli, sepak takrow, , bulutangkis, hoki, dan futsal.
Kegiatan resmi pertandingan persahabatan dua negara ini digelar setiap tahun dengan tuan rumah bergantian. Pada tahun 2011, Indoensia sebagai tuan rumah dan sleuruh kegiatan berpusat di Universitas Negeri Yogyakarta.
Back drop ucapan selamat datang pun telah terpasang di beberapa titik. Jadwal kegiatan sebagai berikut:

JADWAL KEGIATAN FESTIVAL OLAHRAGA MAHASISWA INDONESIA-MALAYSIA
(FOMIM/SUKMALINDO) KE-4 TAHUN 2011

WAKTU ACARA TEMPAT Keterangan
Hari Pertama
Minggu, 24 Juli 2011
08.00-15.00 WIB

16.00 – 17.00 WIB
19.00-22.20 WIB

Kedatangan Kontingen Indonesia & Malaysia di UNY

Meeting Manager
Welcome party dilanjutkan

1. Laporan penanggung jawab kegiatan
2. Sambutan dari Malaysia
3. Sambutan & Ucapan selamat datang
4. Hiburan

Malaysia: UNY Hotel, Indonesia: Wisma Sejahtera, Dikti di UNY Hotel

UNY Hotel

 Konfirmasi kedatangan kepada Setiap kontingen
 Kontingen langsung menuju hotel
 Makan siang di hotel masing-masing

 Pembahasan lomba
 Peserta menggunakan bus

1. Rektor UNY
2. Wakil Malaysia
3. Direktur Ditbelmawa Dikti
4. Tari Gambyong, Organ tunggal

Hari Kedua
Senin, 25 Juli 2011
07.30 – 08.30 WIB

08.30 – 16.00 WIB

08.30 – 10.00 WIB

10.00 – 11.30 WIB

11.30 – 13.00 WIB

13.00 – 14.00 WIB

14.15 – 18.00 WIB

14.00 – 16.00 WIB

18.00 – 19.30 WIB

19.30 – 21.30 WIB

21.30 -

Upacara pembukaan

TIM Kesenian Indonesia Berlatih bersama

Pertandingan Bolavoli Putri

Pertandingan Bolavoli putra

ISHOMA

Pertandingan sepaktakraw putra

Pertandingan Bulutangkis Putra/Putri

Pertandingan Hoki Putri

ISHOMA

Pertandingan Futsal Putra

Kembali ke hotel

GOR UNY

FBS/Auditórium*

GOR UNY

GOR UNY

GOR UNY

GOR UNY

GOR UNY

Tennis Indoor UNY

Hotel

GOR UNY

Hotel

1. Menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara
2. Pembukaan oleh Direktur Ditbelmawa Dikti

Tempat konfirmasi ulang

Penyematan Medali Voli putra/putri

Makan siang (box)

Penyematan Medali sepaktakraw Putra

Penyematan Medali Bulutangkis

Penyematan Medali Hoki putri

Makan malam di hotel

Penyematan Medali Futsal Putra

Menggunakan bus
Hari Ketiga
Selasa, 26 Juli 2011
08.00 – 17.00 WIB

17.00 – 19.00 WIB

19.00 – 23.00 WIB

Kunjungan wisata budaya

Kembali ke hotel

Upacara penutupan dan
Persembahan Kebudayaan
A. Laporan dan Sambutan:
1. Laporan penanggung jawab kegiatan
2. sambutan ketua Kontinjen Malaysia
3. sambutan sekaligus menutup kegiatan

B. Persembahan Kebudayaan
1. Persembahan Indonesia
2. Persembahan Malaysia
3. Kolaborasi Indonesia Malaysia

C. Ramah Tamah

Malioboro, Kraton, kota gede & candi Prambanan

Hotel

Auditorium

Makan siang box di lokasi

Persiapan persembahan kebudayaan

Hari Keempat
Rabu, 27 Juli 2011
08.30 -

Kepulangan Kontingen

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, menerima empat belas mahasiswa program pertukaran yang berasal dari University of Malaya 15/6 bertempat di Lapangan Gedung Pusat Layanan Akademik Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, usai senam bersama. Mereka terdiri dari 6 mahasiwa pria dan 8 mahasiswa putri.

Dekan FIK UNY, Sumaryanto, M.Kes. dalam sambutan penerimaan mengatakan selam sebulan mahasiswa UM akan belajar di FIK UNY. “ Seperti tahun lalu, kakak kelas Saudara juga telah belajar di sini, kami ucapkan selamat datang dan apresiatif, semoga banyak hal posistif dapat Saudara gali dari FIK dan UNY khususnya serta memberikan kebermanfatan sekembalinya Saudara nanti”, jelas Sumaryanto.

Program pertukaran mahasiswa (student exchange) merupakan kerjasama antara University Malaya dan Universitas Negeri Yogyakarta. Empat belas mahasiswa University of Malaya berasal dari Sports Center University of Malaya. Selama di FIK mereka memperoleh materi terapi dengan dosen pengampu Ali Satya Graha, M.Kes. dan dan Teori Sport Industri dengan dosen pengampu Dr. Siswantoyo, masing-masing materi sebanyak 2 SKS, diperoleh pada hari Selasa sampai dengan Kamis, selanjutnya pada hari Jumat diisi dengan materi praktik.

“Kami memberikan praktik industri olahraga dengan mengajari pembuatan handmade suttle kok. Pengajarnya dari tim industri olahraga FIK UNY. Selain itu, di sore hari ada kegiatan pendampingan dari mahasiswa FIK UNY yang tahun lalu mengikuti pertukaran mahasiswa ke UM. Kegiatan ni termasuk campus tour dan pengenalan kota Yogyakarta termasuk pemanfaatan fasilitas umum di Yogyakarta”, imbuh Siswantoyo secara terpisah. (ratnae)

Mahasiswa berprestasi FIK tahun 2010, Dwi Apriyanto dan Perwakilan Organisasi Mahaiswa FIK, Zam-zam bersama sebelas rekan terpilih di Universitas Negeri Yogyakarta, berkesempatan mengikuti kegiatan student exchange ke Prince of Songkhla University (PSU) Patani Thailand. Total kegiatan termasuk waktu keberangkatan dan kedatangan selama delapan hari (30 /6 – 8/7).
“ Pada mulanya kegiatan yang dirancang menjadi dua kelompok, yaitu mahasiswa berprestasi dan ormawa. Kelompok mahasiswa berprestasi lebih berfokus ke arah akademik dengan mengikuti perkuliahan, untuk melihat model pembelajaran, melihat sarana dan prarana. Sedangkan kelompok Ormawa melihat struktur organisasi kelembagaan. Namun setelah sampai di PSU, seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan secara bersama. Seluruh mahasiswa mengikuti kelas Bahasa Melayu pada Faculty of Humanity of Social Science. Meskipun materi yang diterima kurang masuk pada keilmuan masing-masing, peserta juga terkendala dengan bahasa komunikasi dengan umum karena sebagian besar mereka menggunakan bahasa Thailand”, jelas Apri.
Sementara itu, Zam-zam mengungkapkan model kegiatan kemahasiswaan di PSU tersentral satu pintu perijinan. Artinya, seluruh kegaitan di Fakultas dimintakan ijin tanggal penyelenggaraannya kepada universitas, sehingga tidak akan ada kegiatan yang benturan satu dengan yang lain. Meskipun pendaaan kegiatan juga berada di masing-masing fakultas.
“Kita dapat belajar banyak di negeri orang terutama terkait dengan budaya. Sebenarnya kita punya potensi lebih, jadi jangan minder dengan keadaan yang ada. Untuk berkembang, peluang kita terbuka lebar, karena potensi kita jauh lebih ada. Semoga hal ini dapat memotivasi adik kelas dan memotivasi belajar secara akademik dan organisasi”, tutur apri dan Zam mengakhiri cerita. (ratnae)

FIK GELAR SARASEHAN

Keluarga besar Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Sarasehan bertempat di Tawangmangu (15-17/7). Kegiatan dua tahunan ini bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan antar seluruh keluarga besar pegawai administrasi dan pengajar di FIK UNY.
Pada kesempatan tersebut, Dekan FIK UNY, Sumaryanto, M,.Kes menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pegawai FIK UNY. “ Terimakasih untuk seluruh Bapak/Ibu pegawai administrasi dan dosen di FIK UNY yang selama ini telah bersama-sama membantu kami, sehingga FIK dapat mencapai kemajuan seperti sekarang. Sesuai dengan Visi FIK, kami berharap, FIK akan menjadi tenar lembagaku dan sejahtera wargaku. Setelah kita bersama membangun FIK menjadi tenar, saatnya kita untuk sejahtera bersama. Terimakasih pula untuk para istri, suami dan putra-putri atas pengorbanan untuk suami, istri, ayah atau bundanya masing-masing, “ sambut Sumaryanto saat membuka sarasehan keluarga besar FIK UNY.
Pada kesempatan tersebut, ketua panitia Panggung Sutapa melaporkan sarasehan diikuti oleh 511 peserta, menggunakan 18 penginapan dan 140 kamar. Seluruh peserta menjangkau lokasi menggunakan 6 buah bus dan 79 kendaraan pribadi. Sarasehan diisi dengan dialog komunikatif informal antara pimpinan dan segenap pegawai serta keluarga besar FIK UNY. Sebelum kembali ke Yogyakarta, seluruh peserta berkesempatan bercengkerama bersama keluarga tercinta masing-masing di obyek wisata sekitar Tawangmangu. (ratnae)