Subscribe Subscribe | Subscribe Comments RSS
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Photo-0281Ada yang beda dalam suasana pertemuan Dharwa Wanita sub unit Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta yang digelar pada Jum`at (29/1) lalu. Dosen FIK UNY, Amat Komari, M.Si. tampil sebagai pembicara. Kali ini topiknya bukan masalah olahraga melainkan sebuah solusi baru untuk ibu-ibu rumah tangga mengenai kiat menghemat bahan bakar minyak (BBM), mengingat minyak tanah sulit di dapatkan.

“Kompor ini kami peruntukkan kepada individu yang mengalami kesulitan menggunakan minyak tanah, di samping mahal cara memperolehnya juga sulit. Oleh karena itu kompor ini dirancang menggunakan bahan bakar bensin disamping lebih murah juga cara memperolehnya mudah. Kompor ini bisa menjadi solusi sebagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga untuk keperluan memasak, serta aktivitas di luar rumah, semisal berkemah,” demikian Amat dalam demo-nya.”

Bahan-bahan yang dipergunakan dalam kompur cantik berbahan bakar bensin pun sangat sederhana. Kaleng bekas biskuit, serta kaleng bekas pengharum ruang atau kaleng bekas obat serangga atau bekas minyak wangi sebagai cerobong. Selanjutnya kaleng yang lebih kecil dilobangi pada sisi kiri dan kanan. Cerobong berlubang ditata dan direkatkan di atas kaleng besar. Penutup kaleng juga diberi lobang sebesar diameter lobang cerobong. Direkatkan dengan cara di klem. Tahab selanjutnya operasional emnyalakan cukup mengisi kaleng roti 80% air dan 20%bensin. Tutup kaleng yang telah dipasang cerobong ditutupkan. Siap menyalakan cerobong dengan api dari atas. Mematikannya mudah, cukup menutup cerobong dengan kaleng bekas pengharum ruang/ minyak wangi.(ratnae)

1 Comment so far »

  1. by tri, on March 8 2010 @ 10:37 am

     

    kompor bensin bagus, tetapi perlu gambar hingga lebih jelas. Ukuran sumbu dan lain-lain juga perlu.
    dari tri alumni thn. 81 b ind.

Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment

Name: (Required)

eMail: (Required)

Website:

Comment:


two × = 6