Dapatkah Cuka Sari Apel Membantu Menurunkan Berat Badan?

Banyak orang mengklaim bahwa cuka sari apel dapat membantu menurunkan berat badan, dan telah digunakan seperti itu selama berabad-abad.

Para pelaku diet cuka sari apel mengatakan bahwa cuka ini dapat menyebabkan tubuh membakar lebih banyak lemak, namun penelitian ilmiah belum mendukung klaim tersebut.

Ada beberapa bukti anekdotal bahwa rasa tidak sedap cuka itu bisa menekan rasa lapar atau sedikit jumlahnya bisa membuat seseorang merasa lebih kenyang setelah makan.

Meskipun cuka bukanlah solusi ajaib untuk menurunkan berat badan dengan mudah dan mungkin tidak bekerja sama sekali untuk beberapa orang, namun menurut dampar.com ada kemungkinan hal itu dapat membantu menurunkan berat badan.

Bagaimana Cara Menggunkanan Cuka Sari Apel?

Biasanya, 2 sendok makan (35,5 ml) cuka dicampur ke dalam segelas air dan dikonsumsi sebelum makan. Saran lain adalah minum larutan encer dan makan roti kecil sekitar 20 sampai 30 menit sebelum makan. Cuka sari apcl juga tersedia dalam bentuk pil sebagai suplemen makanan. Beberapa orang telah melaporkan merasa kurang lapar atau lebih kenyang setelah minum cuka, yang terkadang disebabkan oleh rasa pahitnya.

Menurunkan Berat Badan

Buku 1958 Folk Medicine: Panduan Dokter Vermont untuk Kesehatan yang Baik oleh Dr. D.C. Jarvis memulai mode modern menggunakan cuka sari apel untuk menurunkan berat badan, yang telah masuk dan keluar dari popularitas sejak tahun 1960an. Jarvis mengklaim bahwa itu akan menyebabkan tubuh membakar lemak dan bukan menyimpannya. Penelitian yang dilakukan sejak saat itu belum mendukung klaim ini.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa kunci menurunkan berat badan adalah mengurangi konsumsi kalori atau membakar lebih banyak kalori daripada dikonsumsi.

Hal ini biasanya dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Jika Anda mengonsumsi cuka sari apel tapi tidak mengurangi asupan kalori atau menambah jumlah olah raga Anda, Anda mungkin tidak akan menurunkan berat badan.

Apakah metode penurunan berat badan ini bekerja untuk Anda, oleh karena itu, mungkin bergantung pada apakah itu benar-benar membuat Anda ingin makan lebih sedikit.

Jenis Cuka

Banyak pendukung penggunaan cuka sari apel untuk penurunan berat badan mengatakan bahwa jenis tertentu paling baik atau hanya jenis tertentu yang akan bekerja. Beberapa lebih memilih varietas organik. Yang lain mengatakan bahwa itu harus mentah dan tidak dipasteurisasi – yang berarti belum disaring, disaring atau disuling.

Ada beberapa perdebatan tentang apakah cuka harus dibuat dari sari apel atau apakah cuka putih atau jenis lainnya bisa digunakan. Manfaat masing masing varietas dan apakah manfaatnya berbeda juga yang dimaksud.

Manfaat Lain

Banyak klaim lain telah dibuat tentang manfaat cuka, termasuk membersihkan racun dari dalam tubuh, memudahkan pencernaan, atau membantu memperlambat proses penuaan. Banyak dari ini telah dibantah atau terbukti tidak didukung oleh bukti ilmiah. Penelitian telah menemukan beberapa manfaat potensial lainnya. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu penderita diabetes mengurangi kadar glukosa mereka, dapat membantu melawan penyakit jantung, dan mungkin membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker – walaupun dapat meningkatkan risiko jenis lainnya.

Risiko Potensial

Ada sedikit penelitian tentang penggunaan cuka untuk menurunkan berat badan, jadi risikonya belum mapan, dan beberapa mungkin tidak diketahui. Hal ini sangat asam, bagaimanapun, dan dapat merusak enamel pada gigi atau jaringan di tenggorokan dan mulut, yang merupakan salah satu alasan mengapa hal itu harus selalu diencerkan sebelum dikonsumsi. Cuka juga bisa mengurangi kepadatan tulang dan kadar potassium dalam tubuh. Ini juga bisa berinteraksi dengan obat atau suplemen, jadi siapa pun yang mempertimbangkan untuk menurunkan berat badannya harus berbicara dengan profesional medis untuk mengetahui apakah ada risiko interaksi berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 8