Desain visual Presentasi Multimedia

Cover Depan dan Belakang

Cover Depan dan Belakang

Penulis: Priyanto
Penerbit: UNY PRESS Yogyakarta
Tahun: 2009

Buku lengkap dapat diunduh di sini.

Buku ini menekankan pada desain visual untuk membuat
presentasi multimedia secara umum.
Contoh kasus yang digunakan adalah Power Point 2007.

Pengantar

Niat utama penulisan buku ini adalah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Ada empat faktor yang mendorong penyusunan buku Desain Visual Presentasi Multimedia ini.


Pertama, pada saat penulis menjadi peserta dalam presentasi di berbagai kesempatan (kuliah, seminar, rapat kerja), mengetahui banyak peserta yang mengeluhkan kualitas penyajian presentasi. Keluhan tersebut antara lain mengenai sulitnya membaca materi presentasi di layar yang disebabkan oleh padatnya teks, ukuran huruf yang terlalu kecil, dan pemilihan kombinasi warna yang tidak sesuai.

Kedua, banyak penyaji menggunakan komponen visual (gambar-gambar dan dekorasi) yang tidak mendukung informasi verbal, sehingga tidak ada kesatuan (unity) antara komponen verbal dan visual. Keadaan ini dapat memecah konsentrasi audien dalam menyerap informasi dari penyaji.

Ketiga, berdasarkan pengalaman menjadi pelatih media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan e-learning, banyak peserta yang sudah akrab dengan perangkat lunak presentasi (PowerPoint, Flash, dan yang lainnya), tetapi pada umumnya belum memahami kaidah desain visual.

Keempat, saat ini banyak peralaan proyektor multimedia (LCD: liquid crystal display dan DLP: digital light processor) dengan berbagai macam resolusi. Yang menjadi masalah, apabila dihadapkan pada peralatan proyektor LCD atau DLP yang resolusinya lebih rendah dari computer yang digunakan, penyaji sering tidak dapat mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Informasi yang tampil di layar proyeksi kadang tidak seindah yang ada di layar komputer. Akibatnya sering ada informasi yang hilang, terutama yang berkaitan dengan warna.

Berdasar keempat faktor yang mendasari penulisan buku ini, penulis menyajikan buku ini dalam enam bagian. Bagian pertama membahas komunikasi efektif, media dan perannya dalam pembelajaran, dan peran penyaji atau guru dalam suatu presentasi.

Bagian kedua membahas komunikasi efektif dan prinsip-prinsip visual yang terfokus pada pentingnya visual dalam presentasi untuk mendukung komunikasi efektif. Pembahasan visual mencakup literasi visual, pentingnya simbol visual dan warna terkait dengan penyerapan informasi.

Bagian ketiga berkaitan dengan elemen dasar desain visual, pembahasan elemen visual, elemen verbal, dan kesalahan-kesalahan yang umum terjadi. Bagian ini sudah mulai masuk pada masalah teknis secara general, tetapi bersifat independen terhadap produk perangkat lunak tertentu.

Bagian keempat membahas pola desain pesan yang fokusnya pada desain pesan suatu slide secara individual. Pembahasan diawali dengan konsep tunggal, kesatuan, kesederhanaan, pengaturan tata letak, keseimbangan, warna, serta minimalisasi animasi dan suara.

Bagian kelima menata tampilan dan daya tarik. Selain membahas penyajian pesan pada slide secara individual, bagian ini juga membahas kesatuan rangkaian slide dalam presentasi yang terkait dengan konsistensi dan elemen penambah daya tarik. Pada bagian akhir, disediakan visual design check list yang dapat digunakan untuk menilai presentasi.

Bagian keenam, yang merupakan bagian akhir buku ini, membahas persiapan teknis presentasi. Sesuai dengan judul, bagian ini membahas masalah teknis yang mendukung lima bagian sebelumnya. Masalah teknis berorientasi pada perangkat lunak Microsoft PowerPoint untuk memberi contoh pembuatan dan penggunaan template dan kompresi gambar. Akhir bagian ini membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan ruang dan beberapa tips pelaksanaan presentasi.
Terbatasnya halaman dan keterbatasan penulis mungkin menjadikan buku ini jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, penulis berharap para pembaca dapat turut berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui kritik dan saran untuk penyempurnaan buku ini.

Akhirnya, penulis berharap mudah-mudahan buku yang sederhana ini memberi manfaat bagi rekan-rekan dosen, guru, mahasiswa, dan pembaca umumnya. Amin.

Discussion Area - Leave a Comment