“New Maslow’s” Hierarchy of Needs

Ada dua macam informasi yang beredar di sekitar kita, yaitu: (1) informasi yang valid dan reliabel, dan (2) informasi yang tidak valid tetapi reliabel.

Informasi yang valid dan reliabel adalah suatu keniscayaan. Ini tidak hanya diperlukan di lingkup ilmiah, tetapi dalam kehidupan kita sehari-hari, termasuk di dalam keluarga. Informasi yang valid dan reliabel saya sebut menjadi kebutuhan dasar manusia.

Informasi yang tidak valid tetapi reliabel, itu sangat banyak di sekitar kita. Informasi ini beredar (terutama) melalui media sosial. Publik menyebutnya sebagai berita bohong atau hoax. Walaupun tidak valid, tetapi tersebar di banyak perangkat dan akun media sosial–baik secara individual maupun grup– dapat dimungkinkan informasi ini menjadi suatu “kebenaran”. Penyebaran yang masif di banyak grup, kecepatan penyebaran informasi ini bisa melebihi kecepatan cahaya.

Informasi adalah hasil olahan dari data. Oleh sebab itu penyediaan data yang valid menjadi kebutuhan dasar manusia. Saya menyebut sebagai “New Maslow’s” Hierarchy of Needs.

Cerita di atas hanya sebagai pengantar untuk presentasi Layanan Teknologi Informasi di UNY pada acara “Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiwa Baru (PKKMB) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta”, tanggal 14-15 Agustus 2018.

Materi presentasi dapat diunduh di sini.

Discussion Area - Leave a Comment