nemu graphlab di coursera dalam mata pelajaran machine learning

Gresek-gresek coursera, nemu mata pelajaran machine learning yang menganjurkan untuk memakai graphlab.  Akhirnya semalaman terhanyut oleh njajal-njajal pasang graphlab di miniconda ku yang sudah terupdate. graphlab mewajibkan anaconda versi sebelumnya, sehingga aku buat environment via perintah conda dengan kriteria python 2.7 dengan anaconda lama. Setelah terbuat environment aku masuk ke sana dan mulai lah menjalankan perintah yang diresepkan di sini:

https://turi.com/download/install-graphlab-create.html

Tapi bukan perintah yang itu dhing, ada perintah manual via conda environment yang baru saya buat.

Apa yang terjadi?

Di REPL command line, aku bisa import graphlab, tapi di jupyter notebook dan di ipython, tidak bisa.

Penasaran…

Sambil penasaran, aku mencoba yang versi AWS EC2, aku mendaftar gartisannya setahun, dan berhasil. Mesin sudah aku matikan, katanya untuk mengirit. Nanti kalau mau mencoba lagi aku hidupkan kembali. Intinya, ketika hidup, aku bisa akses web jupyter notebook via port yang sudah aku tetapkan dan aku bisa main-main di web dengan mesin di cloud EC2 punya mbah Amazon. Main-main cloud computing ni ye…


Lalu instalasi gagal di conda tadi yang sudah membuatku pontang-panting di mbah google, pagi tadi aku turunkan environment-nya.

Iseng punya iseng, aku mbalik ke python standar yang tertinggal di lepiku, versi 2.7.x unduhan dari python.org. Aku jajal-jalan pasang environment cara standar di sana, lalu aku pasang graphlab via pip. juga ipython dan jupyter aku pasang via pip. Dan, alhamdulillah, graphlab bisa jalan di jupyter notebook.

Juga ini:

Jadinya, aku punya dua environment yang bisa memainkan graphlab, yakni di lepiku dan di Amazon EC2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

37 − 28 =