diskusi membedakan pendekatan, model, dan metode

Benarkah demikian?

Untuk mengetahui perbedaan antara pendekatan, model, dan metode, mari kita lihat satu per satu. Benarkah demikian, silakan menanggapi. Thanks.

Pendekatan

Dalam bahasa Inggris, ada padanan approach. Berarti ada arah, mau dari mana? Dan tujuannya (agar sukses) apa. Bisa dari utara, selatan, timur, barat, atas, atau bawah. Itu secara fisik. Kalau secara konsep ya misalnya bisa menggunakan aliran berpikir yang seperti apa, menggunakan cara pandang tertentu yang seperti apa.

Misalnya ada barang, kalau dari kacamata pencuri, atau pendekatan pencuri, dia akan bisa menyimpulkan ada barang yang cemolong, ada barang yang tidak cemolong. Tapi kalau dari pendekatan polisi, ada barang yang aman, ada barang yang tidak aman. Dua pendekatan ini bertolak belakang satu sama lain.

Di benak polisi sudah ada cara-cara pandang mengenai sesuatu. Di benak pencuri juga sudah tersimpan cara-cara pandang dia terhadap sesuatu. Cara pandang ini kalau dipakai untuk memandang sesuatu baik real maupun abstrak bisa menghasilkan model.

Pendekatan menanyakan DARI ARAH MANA melihatnya, atau BAGAIMANA cara melihatnya, atau dengan apa cara melihatnya, menggunakan aliran mana melihat sesuatu.

Model

Model itu kan penggambaran setelah kita melihat atau mengkaji sesuatu kan? Modelnya seperti apa? Lalu kita bisa menghasilkan deskripsi baik dengan kata-kata, atau bagan atau skema tertentu, bisa pakai garis-garis, bisa pakai panah-panah sesuai kebutuhan. Dan simbol itu juga kita beri arti.

Sesuatu itu kita dapatkan dari dunia nyata. Biasanya model itu bukan dunia nyata, tapi kita menghampiri dunia nyata dengan mengambil fitur-fitur tertentu yang kita butuhkan sesuai dengan pendekatan yang kita pakai ketika kita membuat model itu. Di samping itu, kita mengabaikan fitur-fitur yang tidak relevan dengan kebutuhan kita.

Setelah memilih cara pandang atau pendekatan, bisa dibuat model. Cara pandang maling, ada model cemolong. Cara pandang polisi, ada model yang sudah aman ada yang belum.

Model ketika kita merumuskannya, yang kita tanyakan adalah pertanyaan APA ITU?

Dari mata pencuri, itu adalah barang cemolong, kurang cemolong.

Dari mata polisi, itu adalah barang tidak aman, agak aman, aman.

Metode

Berbicara metode, ini sudah masuk pada tataran operasional, praktis.

Kalau model menanyakan tentang APA ITU, metode menanyakan BAGAIMANA CARANYA.

Sehingga hubungan antara pendekatan, model dan metode dapat kita rumuskan sebagai berikut.

Pendekatan muncul dulu/atau dipilih dulu sebelum orang bisa mengetahui atau merumuskan atau memodelkan tentang APA ITU. Metode adalah sisi praktis tentang cara melakukan sesuatu berdasarkan model yang sudah dibangun.

Pendekatan pencuri setelah menemukan bahwa apa itu (model) masuk kategori cemolong, dia akan menghasilkan langkah-langkah agar berhasil mencuri barang itu. Bagaimana metode mencuri barang itu dengan sukses?

Pendekatan polisi menemukan bahwa apa itu (barang) masuk katergori tidak aman, dia akan menghasilkan langkah-langkah pengamanan, bagaimana supaya semuanya aman. Dan langkah-langkah itu (metode) akan dia realisasikan di dunia nyata untuk mengamankan barang tersebut.

 

APPROACH – dalam / filosofis

MODEL – tengah / konseptual (misalnya ketika menganalisis atau mendesain sesuatu, akan dihasilkan hasil antara berupa model analisis atua model desain) /

METHOD – luar / operasional (petunjuk kerja di lapangan) / rinci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

58 + = 66