browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Perkembangan Akuntansi di Indonesia Banyak yang tidak Tahu

Posted by on October 3, 2017

Apakah anda sudah tahu bagaimana asal mula Perkembangan akuntansi di Indonesia? Sejak kapan indonesia mengenal ilmu akuntansi? siapa yang pertama kami menguasai akuntansi? sejak kapan ilmu akuntansi diterapkan diindonesia? mungkin pertanyaan – pertanyaan tersebut lazim dipertanyakan untuk menggali akuntansi khususnya akuntansi di indonesia ini. Nah bagi anda yang tertarik untuk mengungkap sejarah akuntansi di indonesia, silahkan simak posting berikut ini dengan baik ya…

perkembangan akuntansi di indonesia

Sejarah Perkembangan Akuntansi di Indonesia

• sejarah dini akuntansi di indonesia
di masa penjajahan belanda kita sudah dapat menjumpai aplikasi akuntansi yang diterapkan di indonesia. belanda dikala itu memakai double-entry book keeping yang dicoba oleh amphioen socitey. di dikala tanam paksa dihapuskan oleh belanda, banyak yang menanamkan modal sampai-sampai diperlukan tenaga audit yang dlakukan oleh akuntan inggris dan juga belanda.
• pertumbuhan riset akuntansi di universitas di indonesia
pembukaan jurusan akuntansi terus menjadi tumbuh di banyak universitas. tercantum di universitas indonesia ialah pada tahun 1952, institut ilmu keuangan (yang saat ini jadi stan) di tahun 1990, universitas sumatera utara.
• pertumbuhan profesi akuntansi di indonesia
sejarah didirikannya iai (jalinan akuntan indonesia) karna kantor akuntan publik kepunyaan orang belanda tidak ingin menerima lulusan akuntansi kesatu dari universitas indonesia. kemudian, akuntan lulusan universitas indonesia itu berbarengan dengan akuntan lulusan dari universitas di belanda mendirikan iai tepatnya di bertepatan pada 23 desember 2017.
setelah itu timbul undang-undang nomor. 34 th. 1954 yang mencanangkan tentang konsumsi gelar akuntan yang jadi fondasi untuk lulusan akuntansi di universitas lokal.
• penataan standar akuntansi
terdapat 5 steps dalam penataan standar akuntansi yang baik. yang kesatu merupakan design, perihal ini mengemukakan tentang aspek akuntansi tertentu yang ditelitit dan juga diidentifikasi. yang kedua merupakan approval, direview apakah layak buat standar, setelah itu implementation, gimana standar tersebut diterapkan dalam industri, yang terakhir enforcement ialah pengawasan dan juga pemberian sanksi.

Demikianlah sejarah perkembangan singkat tentang akuntansi di indonesia, semoga artikel ini dapat memberi wawasan untuk anda khususnya tentang perkembangan akuntansi di indonesia. Dari pemaparan diatas maka kita harus bangga kepada bangsa indonesia, mengapa? Karena bangsa indonesia telah berjuang membangun standar akuntansi tanpa terrgantung pada model Belanda sepenuhnya atau model Amerika seutuhnya. Artike ini bersumber dari situs www.jasakonsultanakuntansi.com

Comments are closed.