PENDAHULUAN

• Microteaching  Pengajaran Mikro, merupakan Latihan Mengajar bagi calon guru
• Memberikan dasar-dasar kompetensi guru

Teori tiga demensi kompetensi guru, mencakup 3 hal :
1. Sifat-sifat kepribadian yang luhur
2. Penguasan bidang studi
3. Ketrampilan mengajar dalam menyajikan materi

Komponen penunjang kompetensi mengajar :
1. Komponen Mata Kuliah Dasar Kependidikan
2. Pengajaran Mikro (Microteaching)
3. Praktik Pengalaman Lapangan

Pengertian Pengajaran Mikro
Metode belajar dengan mengisolasikan komponen PBM tertentu, sehingga calon guru menguasai setiap komponen terbatas & terpadu dalam situasi yang disederhanakan

Pengajaran Mikro merupakan pengajaran yang dimikrokan, dalam arti segalanya serba terbatas, yaitu :
• Jumlah Siswa
• Materi Pelajaran
• Waktu Penyajian
• Keterampilan yang dilatihkan

Tujuan pengajaran mikro ialah memberi keterampilan dasar dalam PBM, antara lain :
• Menemukan tingkah laku calon pengajar dan memperoleh umpan balik sebagai hasil supervisi
• Menemukan dan melengkapi metodologi pengajaran yang bersifat dinamis dalam proses belajar mengajar
• Menemukan model-model penampilan seorang guru dalam PBM
• Menggunakan hasil supervisi sebagai dasar diagnostik dan remidi untuk mencapai tujuan latihan keterampilan

Sasaran
Sasaran pengajaran mikro adalah terbentuknya calon guru yang memiliki :
1. Keterampilan elementer dalam PBM meliputi
a. membuka pelajaran
b. presentasi
c. penutup
2. Sikap dan perilaku sebagai calon guru

Tugas mahasiswa
• Membuat SP untuk latihan keterampilan terbatas maupun terpadu
• Membuat media pengajaran yang relevan
• Melaksanakan latihan keterampilan terbatas dan diskusi
• Melaksanakan latihan keterampilan terpadu dan diskusi

Kewajiban mahasiswa
• Menyiapkan kelengkapan untuk latihan keterampilan terbatas dan terpadu
• Hadir tepat pada waktu kegiatan
• Mengikuti seluruh kegiatan
• Bersikap sebagai guru ketika presentasi
• Bersikap sebagai siswa, ketika temannya presentasi
• Memberi masukan kepada teman yang baru saja presentasi
• Berkonsultasi secara aktif kepada pembimbin
• Berpakaian dan berpenampilan sopan dan rapi, layaknya seorang guru
• Mentaati tata tertib yang berlaku

Contoh materi latihan ketrampilan terbatas :
• Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran
• Ketrampilan menjelaskan
• Ketrampilan memberi penguatan
• Ketrampilan mengadakan variasi
• Ketrampilan mengelola kelas
• Ketrampilan bertanya

Contoh komponen ketrampilan bertanya :
• Pertanyaan menuntun (prampting)
• Pertanyaan melacak (probing)
• Waktu berhenti (pausing)
• Mengalihkan giliran menjawab siswa (redicting)
• Pertanyaan ke seluruh kelas
• Pertanyaan ke siswa tertentu

Tugas dosen pengajar Mikro, antara lain :
• Memberi penjelasan tentang tata laksana pengajaran mikro
• Menyerahkan mahasiswa ke sekolah
• Membimbing mahasiswa dalam membuat SP
• Membimbing diskusi tentang hasil supervisi mahasiswa
• Membimbing latihan ketrampilan terbatas
• Memberi contoh bersikap/berpribadi guru
• Membimbing mahasiswa dalam keterampilan terpadu
• Mengevaluasi hasil latihan pengajaran mikro
• Menyerahkan nilai ke koordinator mikro Prodi/Jurusan

Materi Kegiatan Pengajaran Mikro
• Orientasi, diadakan pada tingkat Jurusan/Prodi berupa penjelasan tentang seluk-beluk pengajaran mikro, antara lain : dasar, tujuan, materi, prosedur, evaluasi.
• Observasi, bertujuan guna memperoleh gambaran nyata keadaan sekolah, lingkungan sekolah, siswa dan penampilan guru dalam “real teaching” di sekolah yang akan diadakan ajang PPL.

• Latihan ketrampilan terbatas, bertujuan memberi pelatihan sebanyak-banyaknya penguasaan berbagai keterampilan mengajar, antara lain :
1. Membuka dan menutup pelajaran
2. Keterampilan bertanya
3. Keterampilan menerangkan/ceramah
4. Fariasi stimulus
5. Dorongan terhadap partisipasi siswa
6. Ilustrasi dan menggunakan contoh-contoh
7. Penguasan kelas
8. Keterampilan berkomunikasi
9. Memberi penguatan (reinforcement)
10. Dll

• Latihan Keterampilan Terpadu, merupakan bentuk lanjut keterampilan terbatas. Jenis keterampilan yang dilatihkan sudah merupakan bentuk perpaduan dari segenap keterampilan mengajar, dari pembuatan SP sampai menutup pelajaran.