Tarto

Sebuah Catatan Kesederhanaan

Zotero

Written by Tarto on Nov 21st, 2016 | Filed under: Uncategorized

klik link dibawah ini

panduan_zotero

Cara-Instal-Zotero

MENGELOLA KOLEKSI REFERENSI

 

 


Layanan Perpustakaan 01

Written by Tarto on Sep 10th, 2015 | Filed under: Uncategorized

Materi 1 : Inisiasi1

Materi II : Inisisas2Layanan


Organisasi Informasi 01

Written by Tarto on Sep 10th, 2015 | Filed under: Uncategorized

RAT_PUST4103_ORGANISASI_INFORMASI

1.Inisiasi_1_Tuton_PUST4103_ORGANISASI_INFORMASI

2.Inisiasi_2_Tuton_PUST4103_2013

 

 


IKRAR HALAL BI HALAL

Written by Tarto on Jul 31st, 2015 | Filed under: Uncategorized

Bismillahirrohmannirorhomim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dhumateng panjenenganipun bpk/ibu ………………………….……….ingkang kawula hormati
para rawuh, tamu undangan, para pinisepuh keluarga besar ……….. ingkang kawula hormati.

Langkung rumiyin monggo kito sesarengan ngaturaken raos puji syukur wonten ngarsanipun Alloh SWT, ingkang sampun paring kenikmatan saha kawilujengan dhumateng kito sedaya saenggo saget ngrawuhi Halal Bi Halal Keluarga besar……………….. wonten ing mriki.

Ingkang saklajengipun nyuwun sewu, monggo kanthi manah suci, soho ikhlas ing penggalih, kito sesarengan ngikrar aken syawalan meniko. Sak mangkeh kawulo waos, lajeng sak mangkeh  dipun tirakaken  kanthi sesarengan.

Bismillahirrohmanirrohim

Kamulo matur  dhumateng para rawuh sedoyo, boten kesupen ngaturaken sugeng Riyadi Idul Fitri. Selajengipun kanthi andhap asor ing manah kawulo nyuwun agung ing pangapunten, awit sedoyo kalepatan dhumateng panjenengan sedoyo.

Kosok wangsulipun, mbok bilih panjenengan sedoyo nggadahi kalepatan dhumateng kawulo, kanthi tulus ikhlas ing manah kawulo caos pangapunten, dhumateng panjenengan sedoyo. Mugi-mugi gusti Alloh tansah paring pangapunten dhumateng kito sedoyo, lan nampi sedoyo amal kesaenan kita sedoyo. Amin3x yaa Robbal ‘alamin.

 


Cara Membuat Live Streaming Di Youtube Terbaru 2014

Written by Tarto on Jun 3rd, 2015 | Filed under: Uncategorized
Cara Membuat Live Streaming Di Youtube Terbaru 2014 – Assalamualaikum sahabat blogger, seperti halnya jejaring sosial yang ada dan sedang tenar saat ini, akun sosial berjenis video seperti Youtube pun tidak mau kalah dengan yang lain seperti Facebook maupun Twitter, terutama dalam hal update fitur terbaru. Untuk saat ini fitur terbaru Youtube adalah Live Streaming seperti halnya televisi yang sedang mengadakan siaran langsung.
Sebenarnya fitur Live Streaming Di Youtube sudah ada kurang lebih sejak tahun 2011 an, akan tetapi yang menjadi pembedanya adalah tampilan yang berbeda pada saat 2011 dengan setting 2014, maka dari itu saya memberikan judul post ini dengan nama Cara Membuat Live Streaming Di Youtube Terbaru 2014. Siaran live ini bisa anda koneksikan dan bagikan langsung dengan Google Plus anda, dan anda juga bisa setting yang lain sesuai dengan kebutuhan siaran. Dibawah ini saya akan mencoba menjelaskan Bagaimana Cara Membuat Live Streaming Di Youtube Terbaru 2014.

  • Langkah pertama silahkan ke Account Features di Youtube anda.
  • Selanjutnya setting menu Live Event menjadi aktif, dan bila kanal Anda dianggap memenuhi syarat maka Anda akan dapat menyalakan pilihan “Live Events.” jika belum maka anda tidak bisa melakukan setting ini.
Live Streaming Di Youtube

 

  • Apabila anda tidak di arahhkan ke menu pengaturan siaran, silahkan refresh dahulu kemudian pilih menu ”Pengelola Video” selanjutnya pilih ”Siaran Langsung

 

Membuat Live Streaming Di Youtube

 

  • Pada menu ini silahkan klik tulisan ”Buat Siaran Langsung

 

Membuat Live Streaming Di Youtube

 

  • Dihalaman ini anda disuruh melakukan setting data-data yang anda butuhkan, seperti judul, deskripsi, waktu siaran dan lain-lain.Silahkan isi sesuai kebutuhan, Kemudian klik menu ”Tayang Sekarang

 

Membuat Live Streaming Di Youtube
  • Setelah langka-langkah diatas selesai, maka anda telah siap melakukan Live Streaming, dan anda sudah mempunya Link siaran yang siap untuk anda bagikan kepada publik meskipun siaran belum dimulai. Lihat seperti gambar dibawah ini.

 

Membuat Live Streaming Di Youtube

 

Oke sahabat semuanya, mungkin itu saja Cara Membuat Live Streaming Di Youtube Terbaru 2014, seperti halnya siaran langsung di televisi, anda tentunya harus mempunyai sebuah kamera shooting atau langsung menggunakan kamera laptop/komputer atau yang sejenisnya, dan tentunya semua itu juga harus sudah terinstal Plugin sesuai dengan yang di butuhkan.
sumber : http://www.harimuhlia.com/2014/06/cara-membuat-live-streaming-di-youtube.html

Menyiapkan Single Sign-On (SSO) untuk akun Google Apps

Written by Tarto on May 18th, 2015 | Filed under: Uncategorized

sumber : https://support.google.com/a/answer/60224?hl=id

 

File sertifikat harus berupa sertifikat format X.509 dengan kunci publik tersemat. Kunci publik harus dibuat dengan algoritma DSA atau RSA. Kunci ini digunakan untuk memverifikasi respon SAML yang Anda kirim ke Google—yaitu, apakah pernyataan SSO benar-benar datang dari Anda? Hal ini juga memastikan pernyataan SSO tidak dimodifikasi selama transmisi.

Penting untuk mencocokkan kunci publik yang tersemat dalam sertifikat X.509 dengan kunci pribadi yang Anda gunakan untuk menandai respons SAML.

Saat ini kami tidak mendukung praktik terbaik untuk administrator tanpa sertifikat, namun sertifikat X509 dapat dibuat menggunakan perintah openssl. Untuk detailnya, lihat Membuat Kunci dan Sertifikat untuk SSO Google Apps.

Penerbit dimasukkan dalam permintaan SAML kepada IdP (Penyedia Identitas). Anda dapat memilih apakah ingin menyertakan penerbit standar atau khusus domain. Ketika beberapa domain menggunakan SSO dengan agregator IdP yang sama, penerbit tertentu dapat diuraikan oleh agregator IdP untuk mengidentifikasi nama domain yang benar untuk permintaan SAML. Jika Anda tidak mencentang kotak untuk mengaktifkan penerbit khusus domain, Google akan mengirim penerbit standar google.com dalam permintaan SAML. Jika Anda mencentang kotak untuk mengaktifkan fitur ini, Google akan mengirim penerbit khusus ke domain Anda, google.com/a/your_domain.com, dengan domain_anda.com diganti dengan nama domain Anda sebenarnya.

Network mask adalah alamat IP yang dilambangkan menggunakan notasi CIDR (Classless Inter-Domain Routing). CIDR menentukan berapa banyak bit dari alamat IP yang disertakan. Google menggunakan network mask untuk menentukan IP atau rentang IP mana yang akan dihadirkan dengan fitur SSO. Di domain tanpa network mask, Anda harus menambahkan pengguna yang bukan pengguna super ke Penyedia Identitas (IdP).

Penting bagi setiap network mask untuk menggunakan format yang tepat. Dalam contoh IPv6 berikut, garis miring (/) dan angka setelahnya melambangkan CIDR tersebut. 96 bit terakhir diabaikan, dan semua IP dalam jangkauan jaringan terpengaruh.

  • 2001:db8::/32

Dalam contoh IPv4 ini, 8 bit terakhir (angka nol) diabaikan, dan semua IP yang berada di kisaran 64.233.187.0–64.233.187.255 akan terpengaruh.

  • 64.233.187.0/24

Catatan:

Saat network mask diaktifkan, semua pengguna dan pengguna super tidak dialihkan ke SSO mereka dari laman masuk Google (accounts.google.com).

Laman masuk untuk Konsol admin adalah admin.google.com (yang mengalihkan ke accounts.google.com), sedangkan laman masuk untuk masing-masing layanan Google adalah service.google.com/a/your_domain.com. Bila Anda mengonfigurasi SSO untuk domain Anda, perilaku laman tersebut bergantung pada apakah pengguna yang masuk memiliki hak pengguna super, dan apakah domain memiliki network mask.

Di domain dengan SSO aktiftanpa network mask:

  • Ketika pengguna super mencoba masuk ke accounts.google.com, mereka diminta memasukkan alamat email Google Apps lengkap mereka (termasuk nama pengguna dan domain) beserta sandi, dan dialihkan ke konsol Admin setelah mereka masuk. Google tidak mengalihkan mereka ke server SSO.
  • Ketika pengguna tanpa hak pengguna super mencoba masuk di accounts.google.com, mereka dialihkan ke laman masuk SSO.
  • Ketika pengguna tanpa hak pengguna super, seperti administrator yang didelegasikan mencoba masuk ke admin.google.com, Google mengalihkan mereka ke server SSO setelah mereka masuk dengan detail akun Google Apps mereka.
  • Ketika pengguna (dengan atau tanpa hak pengguna super) mencoba untuk masuk ke service.google.com/a/your_domain.com, Google mengalihkan mereka ke laman masuk SSO.

Di domain dengan SSO aktif dengan network mask:

  • Ketika pengguna (dengan atau tanpa hak pengguna super) mencoba masuk ke accounts.google.com, mereka diminta memasukkan alamat email lengkap mereka (termasuk nama pengguna dan domain) beserta sandi, dan dibawa langsung ke konsol Admin setelah masuk. Google tidak mengalihkan mereka ke server SSO, terlepas dari network mask.
  • Ketika pengguna (dengan atau tanpa hak pengguna super) dalam network mask mencoba untuk masuk ke service.google.com/a/your_domain.com, mereka dialihkan ke laman masuk SSO.
  • Ketika pengguna (dengan atau tanpa hak pengguna super) di luar network mask mencoba untuk masuk ke service.google.com/a/your_domain.com, Google tidak mengalihkan mereka ke laman masuk SSO.

Jika Anda menentukan URL di dalam opsi URL ubah sandi, semua pengguna yang mencoba untuk mengubah password mereka di https://myaccount.google.com/ akan dialihkan ke URL yang Anda tentukan. Setelan ini berlaku bahkan jika Anda tidak mengaktifkan SSO, dan network mask tidak berlaku.

  • SSO tidak berpengaruh terhadap pengguna super yang mencoba masuk ke domain yang diaktifkan SSO-nya melalui admin.google.com.
    Setelah mengaktifkan SSO untuk domain, memasukkan alamat email pengguna super tidak akan menimbulkan permintaan untuk memasukkan nama pengguna dan sandi melainkan akan mengalihkan ke laman masuk yang ditentukan dalam konsol admin.
  • Ketika pengguna super masuk ke klien sinkronisasi Google Drive, mereka tidak akan melewati SSO.
  • Ketika pengguna super mencoba masuk ke domain yang diaktifkan SSO-nya (dengan atau tanpa network mask) melalui admin.google.com, mereka harus memasukkan alamat email lengkap akun administrator Google mereka dan sandi Google terkait (bukan nama pengguna dan sandi SSO mereka), lalu mengeklik Masuk untuk langsung mengakses Konsol admin. Google tidak mengalihkan mereka ke laman masuk SSO. Hal ini berlaku untuk upaya masuk dari browser, aplikasi seluler (seperti aplikasi Drive dan Gmail iOS), alur aktivasi akun Android, dan sebagainya.
  • Ketika pengguna super mencoba untuk masuk ke layanan Google lain di service.google.com/a/your_domain.com, Google mengalihkan mereka ke laman masuk SSO hanya jika mereka masuk dari dalam network mask domain mereka. Jika mereka berada di luar network mask domain mereka, atau jika domain mereka tidak memiliki network mask, Google akan meminta nama pengguna dan sandi Google mereka.
  • Klien seperti Gmail untuk iOS, Drive untuk iOS, Chrome Browser Sync, penyiapan Android, dll. menggunakan autentikasi Google. Jika mencoba masuk dengan klien ini, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email lengkap akun Google Apps Anda (termasuk nama pengguna dan domain) dan langsung masuk ke aplikasi setelah Anda masuk. Google tidak mengalihkan Anda ke laman masuk SSO, terlepas dari network mask.

Lihat FAQ SSO SAML untuk menemukan jawaban atas pertanyaan umum atau baca artikel-artikel Single Sign-On. Juga ada sejumlah produk komersial dan integrator sistem yang menyediakan produk dan layanan profesional SSO. Telusuri Google Apps Marketplace untuk menemukanGoogle for Work mitra dan pihak ketiga lain yang menyediakan bantuan untuk SSO.

Untuk menyelesaikan masalah umum, lihat Memecahkan Masalah Single Sign-On.


SSN UNY

Written by Tarto on May 18th, 2015 | Filed under: Uncategorized

ssnuny berikut cara masuknya

kalau sudah terdaftar klik https://sso.uny.ac.id/login

 

Cara masuk ssn uny


cara mengembalikan missing menjadi tersedia di slims

Written by Tarto on May 5th, 2015 | Filed under: Uncategorized

ini caranya silahkan downloadCara Memperbaiki dan mengembalikan mising jadi tersedia


Kegiatan Kreatif Perpustakaan Media FT UNY|Putar video”

Written by Tarto on Apr 21st, 2015 | Filed under: Uncategorized

pemutaran Video


Menghilangkan Password PDF Dengan Mudah

Written by Tarto on Apr 1st, 2015 | Filed under: Uncategorized

Pernahkah anda mendownload file PDF namun konten atau isi didalamnya tidak dapat di copy/paste?

Itulah kasus yang pernah terjadi pada saya. Saya mendapatkan kiriman voucher berbentuk PDF, dan sangat kesulitan saat mencatat ulang nomor kartu kredit yang tertera didalamnya. Padahal copy/paste adalah jalan yang paling mudah untuk melakukan hal tersebut.

File PDF dapat diproteksi dengan password untuk mencegah konten didalamnya dimodifikasi, diedit, dicetak atau di masukkan kedalam clipboard (seperti pada proses copy/paste). Ciri lain dari file PDF yang diproteksi adalah adanya tulisan “(SECURED)” pada titlebar Adobe Reader pada saat anda membuka file PDF yang bersangkutan.

Don’t worry! Ada cara menghilangkan password PDF dengan mudah. Cara ini juga memperkenankan kita untuk meng-copy/paste isi dari file PDF yang diproteksi. Caranya adalah dengan menggunakan program PDF Password Remover. Program ini bersifat portable (tidak perlu di instal) sehingga dapat dibawa dengan mudah menggunakan USB drive.

Password protected PDF

Anda dapat mendownload PDF Password Remover klik PDFPasswordRemover. Cukup drag-n-drop file-file PDF yang ter-password, kemudian browse di folder mana file-file PDF yang passwordnya dihilangkan akan disimpan.

Tampilan PDF Password Remover

Dengan cara ini anda dapat menghilangkan password PDF dengan mudah, semudah menjentikkan jari… 🙂

sumber : http://www.fazar.net/menghilangkan-password-pdf-dengan-mudah/