Tarto

Sebuah Catatan Kesederhanaan

Membuat Akun di Free Web Hosting

Written by admin on Mar 27th, 2011 | Filed under: Uncategorized

Dari sekian banyak penyedia layanan free web hosting, tentu ada salah satu yang menarik bagi kita. Tentukan pilihan, free web hosting mana yang akan dipakai.

Untuk nama Sub Domain, bagi yang mendaftar di 20x.cc, oni.cc, 0adz.com, freei.me dan zoka.cc (semua ini merupakan reseller dari byethost.com) dapat memilih nama sub domain lain selain nama domain utama penyedia layanan tersebut. Ada 8 pilihan nama sub domain dari penyedia layanan yang saya sebutkan di atas. Pilihan tersebut antara lain namakita.2k00l4u.net, namakita.66ghz.com, namakita.22web.net, namakita.isgreat.org, namakita.10001mb.com, namakita.iblogger.org, namakita.talk4fun.net atau namakita.totalh.com.

Setelah kita menentukan pilihan, langkah selanjutnya adalah membuat akun di web hosting tersebut. Demi kelancaran proses pendaftaran ini, penulis sarankan untuk memakai akun email dari Gmail.com. Yahoo and Hotmail are not allowed for registration.

Sebagai contoh, di sini kita akan mendaftarkan akun web hosting gratis di 20x.cc.

Buka browser anda (sebaiknya menggunakan Mozilla Firefox). Ketikkan URL tujuan (http://20x.cc). Setelah selesai loadingnya, silahkan klik pada menu “Sign Up Now!

Pada halaman berikutnya, silahkan klik tulisan “20X FREE HOSTING SIGN UP”.

Mohon bersabar, maklum layanan gratis. Proses pendaftaran ini harus melalui beberapa halaman.

Setelah sampai halaman ini, silahkan klik “GO TO THE FINAL 20X.CC SIGN UP PAGE” yang terdapat pada bagian bawah halaman.

Pada halaman seperti di bawah inilah kita harus mengisi form pendaftaran. Isi semua kolom form tersebut dengan data yang benar. Subdomain kita isi dengan nama web atau blog yang kita inginkan. Pilih kategori situs yang sesuai dengan maksud website kita. Pada pilihan bahasa, terdapat dua pilihan yaitu bahasa Inggris dan Non Inggris. Masukkan Kode keamanan pada kolomnya. Setelah semua terisi, klik pada tombol “Register”.

Pendaftaran dinyatakan berhasil dengan munculnya pernyataan pada halaman seperti di bawah ini.

Buka akun Gmail kita. Pada kotak masuk terdapat sebuah email yang berjudul “Action required to activate hosting account namakita.20x.cc”. Buka email tersebut. Silahkan klik link yang diberikan oleh pihak 20x.cc pada email tersebut.

Dengan melakukan klik pada link tersebut, kita dibawa ke halaman konfirmasi. Masukkan kode catchpa sesuai dengan gambar yang tampil di layar browser kita. Setelah yakin bahwa pengisian kita benar, klik tombol pada “Click!” yang terletak di bawah gambar.

Proses pendaftaran berhasil secara keseluruhan, setelah tampil pernyataan pada halaman browser kita seperti pada gambar di bawah ini.

Buka kembali halaman akun Gmail kita. Pada kotak masuk, terdapat sebuah email baru yang berjudul “Your new 20x.cc hosting account – …

Buka email tersebut. Di situ terdapat detail akun free web hosting milik kita.

Sekarang kita coba masuk ke dalam akun Cpanel yang baru saja kita buat. Login dengan username yang telah diberikan dan password yang kita buat pada proses pendaftaran tadi.

Inilah tampilan CPanel versi 20x.cc (Vista Panel). Menu-menu yang ada di dalamnya pada dasarnya sama dengan menu-menu yang ada pada Cpanel versi lain.

Demikianlah tutorial pendaftaran akun di free web hosting yang bisa saya sampaikan. Pada kesempatan yang akan datang, kita akan membahas lebih lanjut tentang menu-menu dan fasilitas yang terdapat pada Cpanel versi ini.

Sekian, banyak kekurangannya mohon maaf. Semoga bisa bermanfaat….

Sumber: http://irigomi.com/membuat-akun-di-free-web-hosting.html/comment-page-1#comment-11



Leave a Reply


8 − = three