PENGARUH MODIFIKASI HABITAT TERHADAP FREKUENSI KEHADIRAN ARTHROPODA TAJUK PADA TANAMAN TOMAT

PENGARUH MODIFIKASI HABITAT TERHADAP

FREKUENSI KEHADIRAN ARTHROPODA TAJUK PADA TANAMAN TOMAT

Oleh:

Tien Aminatun*), Nugroho Susetya Putra**)

 *) Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

**) Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada

 Abstrak

                        Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental. Penelitian yang merupakan bagian dari penelitian payung yang berjudul “Pengaruh Modifikasi Habitat terhadap Plant-Pollinator Network” ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi habitat yang berupa perlakuan variasi jenis pupuk terhadap frekuensi kehadiran arthropoda tajuk pada tanaman tomat.

Penelitian dilakukan dengan membuat 20 plot masing-masing berukuran 2×2 m2 dan jarak antar plot 2m. Setiap plot ditanami tanaman tomat dengan varietas yang sama, yaitu intan. Perlakuan meliputi manipulasi nitrogen dengan 4 variasi jenis pupuk, yaitu pupuk NPK (kode PU), pupuk kompos (kode PKM), pupuk kascing (kode PC), dan pupuk kandang (kode PK). Setiap perlakuan ada 5 ulangan plot. Penelitian dilakukan selama satu musim tanam. Pengamatan selama 2 minggu sekali dari awal musim tanam sampai  menjelang panen untuk melihat populasi arthropoda yang hadir pada tajuk tanaman tomat. Kandungan bahan organik dan nitrogen tanah diuji di laboratorium untuk setiap sampel tanah dari setiap perlakuan pada awal penelitian dan akhir penelitian.  Analisis data dilakukan secara deskriptif.

Hasil penelitian adalah modifikasi habitat yang berupa perlakuan variasi jenis pupuk berpengaruh terhadap frekuensi kehadiran arthropoda tajuk pada tanaman tomat, ditunjukkan dengan adanya variasi frekuensi kehadiran arthropoda tajuk di antara perlakuan.

 Kata kunci: modifikasi habitat,frekuensi kehadiran, arthropoda tajuk, tanaman tomat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

97 − 93 =