Workshop Inovasi e-Learning di Unsyiah

Agar e-learning diminati oleh mahasiswa, kita perlu memberi sentuhan inovatif pada konten e-learning. Konten e-learning yang baik tidak saja berisi sumber belajar yang berkualitas, tetapi juga beragam aktivitas yang inovatif. Sebelum sebuah course e-learning digunakan untuk pembelajaran online, tim penjaminan mutu harus melakukan kontrol kualitas atas konten e-learning yang dikembangkan para pengajar. Demikian beberapa poin yang disampaikan oleh Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. pada Workshop Inovasi e-Learning yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di Banda Aceh pada 27 – 28 April 2017.

Lebih dari 40 dosen dari berbagai fakultas di lingkungan Unsyiah mengikuti workshop ini dengan sangat antusias karena mereka terlibat aktif baik dalam paparan materi, diskusi, dan praktik membuat course e-learning. Materi workshop yang disajikan dalam 2 hari ini terbagi dalam 9 sesi, yakni: Introduksi Manajemen E-learning Unsyiah, Pengembangan Konten E-learning Unsyiah untuk pembelajaran, Best Practice Penerapan Pembelajaran Berbasis E-learning, Strategi Penyampaian dan Evaluasi Pembelajaran berbasis E-learning, Strategi Pemanfaatan Beragam Fitur E-learning dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Inovatif, Penyusunan Bahan/Materi Pembelajaran Berbasis E-learning yang inovatif, Standar Mutu dan Penjaminan Mutu Pembelajaran berbasis E-Learning, Praktik Penyusunan Bahan/Materi Pembelajaran Berbasis E-learning yang inovatif, Presentasi E-learning Karya Peserta.

Materi workshop dapat didownload di sini

Presentasi Blended Learning di London

foto-icdle-2016Perkembangan teknologi informasi memberi kemudahan akses ilmu pengetahuan dan perluasan pendidikan melalui online learning. Sementara itu, pembelajaran tatap muka juga tidak bisa ditinggalkan karena kebutuhan kompetensi motorik dan penguatan pendidikan karakter. Blended Learning (BL) merupakan penggabungan aspek-aspek terbaik dari pembelajaran online dan tatap muka.

Topik itulah yang dipresentasikan Prof. Herman Dwi Surjono dalam ajang The 7th International Conference on Distance Learning and Education (ICDLE 2016) di London, Inggris pada tanggal 29 sd 31 Oktober 2016. Dalam kesempatan tersebut Herman yang merupakan dosen Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT UNY menyajikan paper yang berjudul: The Implementation of Blended Learning in Multimedia Courses for Undergraduate Students in Indonesia.
Continue reading

Model Blended Learning

Blended Learning (BL) merupakan pembelajaran yang menggabungkan aspek-aspek terbaik dari pembelajaran tatap muka dengan keunggulan pembelajaran online. Beberapa alasan mengapa kita menerapkan BL antara lain: Kemudahan akses dan kenyamanan, Peningkatan pembelajaran, Rancangan instruksional meningkat, Petunjuk lebih jelas, Aktivitas belajar lebih terarah, Kesempatan Individualized learning, Keterlibatan meningkat melalui interaksi sosial, Pengaturan waktu lebih baik, Beaya lebih murah, Kebijakan harus tatap muka, Perlunya pendidikan karakter, Kompetensi psikomotor/ketrampilan.

Hal tersebut disampaikan Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D pada acara Workshop Student Center Learning di Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada 10 Oktober 2016. Acara yang diselenggarakan oleh Kantor Pengembangan dan Peningkatan Mutu Akademik UAJY tersebut diikuti dosen-dosen setempat.

Lebih lanjut dikemukakan juga berbagai model BL yang banyak digunakan di perguruan tinggi, yakni: Continue reading

Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran

Fakultas Teknik UNY pada tanggal 24 September 2016 menggelar kegiatan seminar Nasional ELINVO 2016 yang menghadirkan nara sumber Dr. Warsito Purwo Taruno dan Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. Seminar yang dihadiri lebih dari 260 peserta dari berbagai daerah di Indonesia ini mengangkat tema Transformation of Electronics and Informatics in Daily Life: Challenges and Opportunities for ASEAN Economic Community. Dalam kesempatan ini, Herman membahas topik Teknologi Informasi untuk Pembelajaran yang diantaranya kini menjadi populer adalah Gamification. Gamification merupakan penerapan permainan dinamis dalam konteks non-game yang tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan pengguna.

Peran TIK dalam Pendidikan Masa Depan

foto1Sabtu 14 Mei 2016 Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. menjadi nara sumber dalam Seminar Nasional di Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan judul Peran TIK dalam Pendidikan Masa Depan. Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa di masa depan tantangan pendidik semakin berat mengingat keharusan untuk menyiapkan lulusan yang mempunyai kompetensi 21st century skills. Oleh karena itu TIK perlu diterapkan secara optimal dalam aktivitas pembelajaran. Slide presentasi dapat di-donwload di sini.

Pengintegrasian TIK dalam Pembelajaran

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional pada 12 Mei 2016 dengan tema “Guru Pembelajar Abad XXI”. Sebagai salah satu nara sumber pada seminar tersebut, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. menyajikan makalah dengan judul Pengintegrasian TIK dalam Pembelajaran. Dalam seminar yang diikuti oleh para widya iswara, guru SMP/SMA/SMK se DIY, perwakilan MGMP Bandung, Semarang, Kediri, Surabaya tersebut, Herman menyampaikan bahwa dalam era global ini para guru hendaknya dapat mengintegrasikan TIK secara optimal dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa dapat belajar dengan mudah dan menyenangkan.

Pengembangan Pendidikan TI di Era Global

Stadium General UIN Ar-Raniry 3 Mei 2016Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan Studium General pada Selasa 3 Mei 2016 di auditorium setempat. Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. Guru Besar Fakultas Teknik UNY yang menjadi nara sumber pada kegiatan tersebut menyampaikan materi Pengembangan Pendidikan TI di Era Global. Herman mengatakan bahwa agar menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era global sebagai pendidik profesional bidang TI dan sekaligus sebagai tenaga profesional bidang TI, Program Studi PTI seharusnya dikembangkan secara terus menerus dan berkelanjutan. Pengembangan ini meliputi aspek kurikulum, dosen, bahan ajar, media dan strategi mengajar. Slide presentasi dapat di-download di sini.

Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran

Dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyelenggarakan workshop dengan tema “Peningkatan Kualitas PBM” dengan nara sumber Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. pada tanggal 4 Januari 2016 bertempat di Kampus UTY Yogyakarta. Dalam workshop yang diikuti oleh seluruh dosen di lingkungan UTY tersebut, Herman menyampaikan bahwa dengan perancangan yang baik, ICT dapat menjadikan materi pembelajaran menarik, tidak membosankan, mudah dipahami, dan dapat dipelajari kapan saja dan dari mana saja. Pendidikan berbasis ICT kini cenderung bersifat anytime-anywhere, personalised, dan multiple.

Peranan ICT dalam Meningkatkan Prestasi Siswa

Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (PUSTRAL-UGM) bekerjasama dengan Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Simposium Nasional “Dampak Sosial Ekonomi Pengembangan Broadband di Indonesia” pada 24 November 2015 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. Sebagai salah satu nara sumber pada kegiatan tersebut, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. menyampaikan materi dengan teman Efektivitas Penggunaan Internet dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Pemda, tokoh masyarakat, unit layanan masyarakat, guru/dosen, dan pelaku usaha.

Pelatihan E-learning di SMA Taruna Nusantara

Dalam rangka meningkatkan kemampuan para Pamong Pengajar Pengasuh SMA Tanura Nusantara Magelang dalam mengaplikasikan e-learning, pada tanggal 15 dan 16 Juni 2015 diadakan pelatihan e-learning di aula setempat. Salah satu nara sumber dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. yang memberikan pengantar e-learning. Materi selanjutnya diberikan oleh para dosen dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY.

Pusat Sumber Belajar sebagai Laboratorium Inovasi Pembelajaran

Dalam rangka pengembangan Laboratorium Inovasi Pembelajaran telah dilaksanakan Workshop Inovasi Pembelajaran di Ruang Sidang Utama Fakultas Ilmu Agama Islam Kampus Terpadu Univeristas Islam Indonesia Yogyakarta tanggal 19 Mei 2015. Sebagai salah satu nara sumber dalam kegiatan yang diikuti oleh seluruh dosen Program Studi PAI FIAI UII ini adalah Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. Pemateri lainnya dalam workshop ini adalah staff dosen dan teknisi dari Pusat Kurikulum, Instruksional dan Sumber Belajar (PKIS) Universitas Negeri Yogyakarta. Silahkan download slide presentasi

E-Learning Adaptif Tingkatkan Hasil Belajar

Collection of articles from the media
shopify analytics toolView MyStats
Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/e-learning-adaptif-tingkatkan-hasil-belajar

E-Learning Adaptif Tingkatkan Hasil Belajar

6 April 2015 0:01 WIB

SISTEM pembelajaran e-learning yang ada sekarang ini umumnya memberikan presentasi materi pembelajaran yang sama untuk setiap pengguna karena mengasumsikan bahwa karakteristik semua penggunanya homogen.

Kenyataannya, setiap pengguna mempunyai karakteristik yang berbeda-beda baik dalam hal tingkat kemampuan, gaya belajar, latar belakang maupun yang lainnya. Guru Besar Ilmu Pembelajaran Teknologi Informasi pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Prof Herman Dwi Surjono MSc MTPhD mengungkapkan pandangannya pada pidato pengukuhannya di ruang sidang rektorat, kemarin.

”Karena itu, seorang pengguna e-learning belum tentu mendapatkan materi pembelajaran yang tepat dan akibatnya efektivitas pembelajaran tidak optimal,” tandasnya.

Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan e-learning adaptif karena sistem ini dapat menampilkan halaman web sesuai dengan karakteristik individu, berorientasi pada kelompok pengguna yang lebih luas, dan memberikan navigasi untuk membatasi keleluasaan pengguna dalam mencari informasi.

Continue reading

Adaptive and Engaging E-learning: Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Jarak Jauh

Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Abstract: This is an inaugural speech as a professor in the field of information technology learning at the Yogyakarta State University. In this speech, it will be discussed how the innovative utilization of information technology in distance education through the development of adaptive and engaging e-learning systems. The e-learning systems are expected to address the issues and challenges faced by universities in the implementation of a quality Open and Distance Learning (ODL). Furthermore, the implementation of good ODL is expected to boost the expansion and equitable access to education nationally and to improve the quality and relevance of education.

Perkembangan teknologi informasi saat ini memang sangat pesat dan peranannya sangat penting dalam menunjang keberhasilan PJJ. Akan tetapi, diperlukan inovasi dalam pemanfaatan teknologi informasi agar e-learning yang menjadi tulang punggung PJJ menjadi berkualitas. E-learning yang berkualitas tidak saja harus memuat bahan ajar yang baik, tetapi juga harus dilengkapi dengan berbagai aktivitas yang membuat peserta didik senang dan menikmati pembelajaran online. Mode komunikasi synchronous dan asynchronous berbasis teknologi informasi dapat diterapkan untuk melakukan aktivitas dalam e-learning agar mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi afektif, kognitif, dan psikomotorik.

E-learning perlu dikembangkan secara inovatif sesuai dengan perkembangan teknologi informasi terbaru, yakni berupa e-learning adaptif dan engaging. E-learning adaptif diharapkan dapat menyajikan materi pembelajaran sesuai dengan tingkat pengetahuan dan gaya belajar mahasiswa sehingga pembelajaran akan efektif. E-learning yang engaging adalah e-learning yang memikat mahasiswa agar selalu datang mengunjungi dengan suka hati tanpa paksaan. Berbagai aktivitas perlu dirancang dalam e-learning sehingga dapat mendorong mahasiswa menjadi aktif, interaktif dan kolaboratif, dan tetap termotivasi dalam lingkungan pembelajaran online.

Demikian kesimpulan dari pidato pengukuhan Guru Besar Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D. dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Teknologi Informasi pada tanggal 1 April 2015 di Universitas Negeri Yogyakarta.

Naskah versi pendek bisa dilihat di web UNY. Naskah lengkap bisa didownload di StaffSite UNY atau di Eprints.

The Effects of Multimedia and Learning Style on Student Achievement in Online Electronics Course

Herman Dwi Surjono, “The Effects of Multimedia and Learning Style on Student Achievement in Online Electronics Course”, The Turkish Online Journal of Educational Technology ISSN: 2146‐7242, January 2015, Vol 14, Issue: 1, pp: 116-122

Abstract

This experimental study investigated the effects of multimedia preferences and learning styles on undergraduate student achievement in an adaptive e-learning system for electronics course at the Yogyakarta State University Indonesia. The findings showed that students in which their multimedia preferences and learning style matched with the way the material presented in online electronics course have higher scores significantly compared to those in which their learning mode were mismatched. The difference happened both in adaptive and non-adaptive online courses.

Full text artikel dapat didownload di TOJET atau STAFF SITE UNY

Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar

Herman Dwi Surjono, “Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar”, Jurnal Penelitian Saintek, Vol 18, No 1, pp. 56-70,  2013

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan teknologi e-learning adaptif untuk mengatasi permasalahan keragaman gaya belajar mahasiswa. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan e-learning konvensional yakni memberikan materi yang sama kepada setiap pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan R & D. Prosedur penelitian meliputi: (a) analisis, (b) desain, (c) implementasi, dan (d) evaluasi. Analisis konsistensi dan akurasi isi dilakukan terhadap data pada tahapan analisis dan desain. Analisis deskriptif dilakukan terhadap semua data yang bisa ditabulasikan sehingga bermakna. Hasil penelitian ini berupa model e-learning adaptif terhadap keragaman gaya belajar mahasiswa. Dalam proses pengembangan dihasilkan juga dokumentasi deskripsi kebutuhan, uraian fungsi, fitur utama, arsitektur, dan diagram use case. Model e-learning diimplementasikan dengan LMS Moodle dan fungsi adaptivitas dibuat dalam bentuk modul. Unjuk kerja, pertama sistem mengidentifikasi kecenderungan gaya belajar melalui kuesioner yakni Visual, Auditory, atau Kinestetik. Selanjutnya skor digunakan oleh sistem sebagai dasar untuk memberi materi yang berbeda kepada mahasiswa.

Full text artikel dapat didownload di “Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar” (file PDF = 5MB))

The Evaluation of a Moodle Based Adaptive e-Learning System

IJIET 2014 Vol.4(1): 89-92 ISSN: 2010-3689
DOI: 10.7763/IJIET.2014.V4.375

The Evaluation of a Moodle Based Adaptive e-Learning System

Herman Dwi Surjono

Abstract—This paper discusses the evaluation of an adaptive e-learning system based on student’s learning styles that has been developed using LMS Moodle. Two popular models of learning styles used are VAK and Felder. The VAK learning styles include visual, auditory, and kinesthetic, whereas the Felder learning styles include global and sequential. The evaluation focuses on the alpha and beta testing. The result shows that the adaptive e-learning system and all adaptation functionalities have performed correctly.

Index Terms—Adaptive, e-learning, learning styles, moodle.

Herman Dwi Surjono is with Electronics Education Department, Engineering College, Yogyakarta State University, Yogyakarta, Indonesia (e-mail: hermansurjono@uny.ac.id).
[PDF]

Cite: Herman Dwi Surjono, “The Evaluation of a Moodle Based Adaptive e-Learning System,” International Journal of Information and Education Technology vol. 4, no. 1, pp. 89-92, 2014.

Download dari blog ini: The Evaluation of a Moodle Based Adaptive e-Learning System

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK

Herman Dwi Surjono dan Heni Rita Susila, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK”, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.3, No.1, Februari 2013

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi perangkat lunak multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Tahap perencanaan meliputi penentuan ruang lingkup, identifikasi karakteristik siswa dan pengumpulan bahan ajar. Tahap desain meliputi analisis konsep materi, pembuatan flowcharts dan storyboards. Tahap akhir yakni proses pengembangan meliputi penyiapan komponen multimedia, pembuatan program, dan evaluasi. Evaluasi terdiri atas uji alpha oleh ahli materi dan ahli media, uji beta oleh siswa dan uji sumatif melalui pretes dan postes. Multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan ini terdiri atas materi bahasa Inggris dengan topic personality traits, people dan compliments. Menurut ahli materi, media ini termasuk sangat baik dalam aspek pembelajaran dan baik dalam aspek materi. Sedangkan menurut ahli media, media ini termasuk sangat baik. Siswa yang belajar menggunakan media ini mencapai tingkat ketuntasan 70%, sedangkan yang belajar menggunakan media cetak mencapai ketuntasan 50%.

Full teks artikel dapat di-download di Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SMK (PDF 430 KB)

Presentasi E-learning di ICCE 2013

ICCE2013-a-smHerman Dwi Surjono, Ph.D., salah seorang dosen Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan sekaligus Kaprodi S2 Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana UNY kembali menyajikan elearning UNY BESMART di kancah internasional di Bali 21 November 2013. Kali ini Herman tampil sebagai “Invited Speaker” dalam The 21st International Conference on Computers in Education (ICCE 2013) yang diselenggarakan tanggal 20 – 22 November 2013 di Grand Inna Bali Beach Hotel. Konferensi internasional ini merupakan agenda tahunan dari The Asia-Pacific Society for Computers in Education dimana pada tahun ini yang mendapat kehormatan sebagai tuan rumah adalah Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta dengan didukung oleh Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha).

Continue reading

Presentasi E-learning di ICDLE 2013 Paris

herman-paris2-smHerman Dwi Surjono, Ph.D., salah seorang dosen Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan sekaligus Kaprodi S2 Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menyajikan papernya di ajang The 2013 4th International Conference on Distance Learning and Education (ICDLE 2013). Konferensi internasional ini diselenggarakan oleh International Association of Computer Science and Information Technology (IACSIT) dan International Journal of Information and Education Technology pada 12 – 13 Oktober 2013 di Paris, Perancis.

Continue reading

Membangun Course E-learning Edisi 2 tahun 2013

Buku saya yang berjudul “Membangun Course E-learning berbasis Moodle” edisi ke-2 tahun 2013 dapat di-download melalui link di bawah. Pada edisi kedua ini terdapat beberapa bab tambahan.

Buku ini dapat didownload secara gratis. Namun mohon kiranya bisa memberikan comment (pesan).

Download dari staff site: Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle Edisi Kedua (File PDF = 5.7 MB)
Download dari blog ini: Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle Edisi Kedua (File PDF = 5.7 MB)

Semnas Pendidikan dan Saintec di UMS

Seminar Nasional Pendidikan dan Saintec 2013 yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 18 Mei 2013 menghadirkan pembicara utama Herman Dwi Surjono, Ph.D. Judul paper yang disajikan adalah “Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Proses Pembelajaran yang Inovatif”. Semnas yang dihadiri tidak kurang dari 300 peserta dari kalangan guru, dosen dan peneliti tersebut berlangsung di Gedung Auditorium Moh. Djazman Kampus I UMS Solo.

Implementasi ICT dalam Pembelajaran IPA

HIMA IPA UNY pada tanggal 6 Oktober 2012 menyelenggarakan Seminar Nasional IPA dengan tema Implementasi ICT dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya Optimalisasi Tenaga Pendidik yang Siap Menghadapi Era Global di Ruang Seminar FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Tampil sebagai salah satu pembicara utama dalam Seminar Nasional tersebut adalah Herman Dwi Surjono, Ph.D. yang merupakan dosen FT dan Pascasarjana UNY serta Kaprodi TP S2 PPs UNY. Dalam seminar yang diikuti oleh sekitar 250 peserta tersebut, Herman menyajikan makalah yang berjudul “Implementasi ICT dalam Pembelajaran IPA” yang antara lain berisi Pengertian ICT, Cakupan ICT, Kondisi ICT di sekolah Indonesia, Potensi ICT dalam Pendidikan, Perkembangan/Trends ICT, Peran ICT dalam Pembelajaran IPA, Implementasi ICT dalam Pembelajaran IPA, Model yang cocok.

Bagaimana membuat slide presentasi yang baik

Dalam rangka penyusunan kurikulum dan modul hasil Training Needs Assesment, Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) mengadakan pelatihan teknik mendesain slide dan teknik presentasi yang menarik di Hotel ROS IN Yogyakarta pada tanggal 31 Agustus 2012. Sebagai nara sumber utama dalam kegiatan tersebut adalah Herman Dwi Surjono, Ph.D. yang merupakan dosen FT dan PPs UNY sekaligus Kaprodi TP S2 Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Pelatihan yang diikuti oleh para widyaiswara dan pejabat sturktural di lingkungan Bapelkes tersebut berlangsung sangat interaktif dan antusias dari pukul 14.00 hingga 22.00 WIB.

File presentasi dapat didownload di sini (File PDF= 885 KB)

Materi Multimedia untuk guru TIK di PLPG Rayon 11 UNY

Materi Multimedia bagi guru-guru bidang TIK di PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU SERTIFIKASI GURU RAYON 11 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA gelombang 5 diberikan oleh Herman Dwi Surjono, Ph.D. pada tanggal 5 Juli 2012. Dalam sesi ini Herman yang juga dosen FT dan Pascasarjana UNY menjelaskan mengenai Pengertian multimedia, Elemen multimedia, Authoring tools, Distribusi multimedia, Gambar, Pengembangan Multimedia, Multimedia Pembelajaran Interaktif. Menurut rencana materi yang sama juga akan diberikan pada gelombang 6 (16 Juli 2012), gelombang 7 (27 Juli 2012), dan gelombang 8 (8 Agustus 2012).

Materi presentasi selengkapnya dapat didownload di sini (File PDF “B14.Multimedia PLPG 2012” = 2.9 MB)

Multimedia Pembelajaran Interaktif

LIMUNY Puskom Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan pelatihan Adobe Flash Interactive Multimedia for Learning tanggal 5 Mei 2012 (gel I) dan 6 Mei 2012 (gel II). Materi pertama disajikan oleh Herman Dwi Surjono, Ph.D. dengan judul “Multimedia Pembelajaran Interaktif”. Dalam sesi ini Herman yang juga dosen FT dan Pascasarjana UNY menjelaskan konsep dan komponen MPI, prinsip multimedia dan interaktivitas, serta tips dan cara membuat multimedia pembelajaran.

Materi presentasi selengkapnya dapat didownload di sini (PDF = 193 KB).

Using e-learning and FB to promote blended learning

Dalam International Conference ICT in Education yang diselenggarakan di UNY pada tanggal 15 April 2012, Herman Dwi Surjono, Ph.D. mempresentasikan topik yang berjudul “The utilization of e-learning and social networks to promote blended learning”. Herman yang juga dosen FT UNY itu menyajikan judul tersebut dalam satu panel bersama pembicara lain yaitu Prof. Deny Smeets dari HAN University, Holland dan Prof. Man-Gon Park Director of Colombo Plan dari South Korea.

Slide presentasi tersebut dapat didownload di sini (PDF 754 KB)

Artikel saya di International Journal of Computer Science and Information Technologies

Surjono, Herman Dwi. (2011). “The Design of Adaptive E-Learning System based on Student’s Learning Styles”. International Journal of Computer Science and Information Technologies (IJCSIT), Vol. 2 (5), pp. 2350-2353

Artikel saya yang berjudul “The Design of Adaptive E-Learning System based on Student’s Learning Styles” telah diterbitkan oleh (IJCSIT) International Journal of Computer Science and Information Technologies, VOLUME 2 ISSUE 5 September-October 2011.
Continue reading

Buku saya tentang Elektronika

Berikut tiga buah buku saya tentang Elektronika yang telah diterbitkan. Judul: “Elektronika: Teori dan Penerapan”, ” Elektronika Analog”, “Elektronika Lanjut”. Buku-buku ini dapat di-download secara gratis untuk kepentingan pendidikan.

Elektronika:
Teori dan Penerapan

coverdepan-elektronika-teori-penerapan

BAB1 | BAB2 | BAB3 | BAB4 | BAB5

Elektronika
Analog

coverdepan-elektronika-analog

BAB1 | BAB2 | BAB3 | BAB4

Elektronika
Lanjut

coverdepan-elektronika-lanjut

BAB1 | BAB2 | BAB3 | BAB4 | BAB5

Potensi Pemanfaatan ICT untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran SMA di Kota Yogyakarta

Surjono, Herman Dwi. & Gafur, Abdul. (2010). “Potensi pemanfaatan ICT untuk peningkatan mutu pembelajaran SMA di kota Yogyakarta”. Cakrawala Pendidikan. Juni 2010, XXIX (2), pp. 161-175

Artikel dari hasil penelitian Herman Dwi Surjono dan Abdul Gafur ini telah diterbitkan oleh Jurnal terakreditasi “Cakrawala Pendidikan” bulan Juni 2010.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi implementasi ICT dalam pembelajaran, yakni: (1) tingkat kompetensi di bidang ICT peserta didik dan tenaga kependidikan pada SMA di Kota Yogyakarta, (2) bagaimana model implementasi ICT dan (3) hambahatan-hambatan dalam mengimplementasikan ICT.
Continue reading

Buku saya: “Membangun E-Learning Dengan Moodle”

Buku saya yang berjudul “Membangun Course E-learning Berbasis Moodle” telah diterbitkan oleh UNY Press.

membangun e-learning dg moodle by herman dwi surjono

Perkembangan teknologi informasi khususnya teknologi Internet pada dasa warsa terakhir ini membuat para pendidik mempunyai banyak pilihan dalam memanfaatkan teknologi tersebut untuk pembelajaran. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Internet untuk mendukung proses pembelajaran adalah E-Learning. Dengan E-Learning ini para pendidik dapat menaruh materi pembelajaran, memberi tugas dan kuis untuk evaluasi, serta memonitor dan menjalin komunikasi dengan siswa melalui web. Dengan demikian aktivitas pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Dalam buku ini akan diuraikan bagaimana cara membangun course E-Learning yang berbasis Moodle. Moodle adalah salah satu Learning Management System (LMS) open source yang terkenal di dunia. LMS merupakan paket perangkat lunak yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dan resources multimedia secara online berbasis web. Di samping itu, di LMS terdapat fitur-fitur yang mempermudah dalam pengelolaan pembelajaran dan hasil-hasilnya, seperti pembuatan tugas-tugas, kuis, monitoring kegiatan peserta didik, serta berbagai fasilitas untuk mendukung aktivitas sosial dan kerjasama.

Buku ini dapat didownload secara gratis. Namun mohon kiranya bisa memberikan comment (pesan).

File lengkap dapat diunduh di sini (File PDF = 4.7 MB)

Buku Edisi Kedua Tahun 2013 dapat diunduh di sini (File PDF = 5.7 MB)