Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar

Herman Dwi Surjono, “Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar”, Jurnal Penelitian Saintek, Vol 18, No 1, pp. 56-70,  2013

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan teknologi e-learning adaptif untuk mengatasi permasalahan keragaman gaya belajar mahasiswa. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan e-learning konvensional yakni memberikan materi yang sama kepada setiap pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan R & D. Prosedur penelitian meliputi: (a) analisis, (b) desain, (c) implementasi, dan (d) evaluasi. Analisis konsistensi dan akurasi isi dilakukan terhadap data pada tahapan analisis dan desain. Analisis deskriptif dilakukan terhadap semua data yang bisa ditabulasikan sehingga bermakna. Hasil penelitian ini berupa model e-learning adaptif terhadap keragaman gaya belajar mahasiswa. Dalam proses pengembangan dihasilkan juga dokumentasi deskripsi kebutuhan, uraian fungsi, fitur utama, arsitektur, dan diagram use case. Model e-learning diimplementasikan dengan LMS Moodle dan fungsi adaptivitas dibuat dalam bentuk modul. Unjuk kerja, pertama sistem mengidentifikasi kecenderungan gaya belajar melalui kuesioner yakni Visual, Auditory, atau Kinestetik. Selanjutnya skor digunakan oleh sistem sebagai dasar untuk memberi materi yang berbeda kepada mahasiswa.

Full text artikel dapat didownload di “Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar” (file PDF = 5MB))

her

I am a leacturer at Yogakarta State University

17 thoughts on “Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar

  • August 10, 2014 at 11:20 pm
    Permalink

    terima kasih atas sharingnya. semoga menjadi amal dan mendapat balasan yang setimpal. amin.

  • February 12, 2015 at 1:13 pm
    Permalink

    Ini yg kita butuhkan saat ini. Memang sudah saatnya teknologi e-learning diterapkan untuk mempermudah belajar.
    Ijin download filenya.

  • February 13, 2015 at 1:56 pm
    Permalink

    ulasannya menarik, memang sulit ketika sudah masalah perbedaan gaya belajar

  • May 7, 2015 at 11:54 am
    Permalink

    Sebuah terobosan yang patut untuk diperjuangkan, maju terus pk….

  • May 12, 2015 at 9:16 am
    Permalink

    Teknologi e-learning sangat membantu dalam proses KBM, seharusnya pemerintah sudah mulai menerapkan hal ini di sekolah-sekolah di Indonesia

  • May 17, 2015 at 5:36 pm
    Permalink

    terobosan yang harus di tiru dan di kembangkan oleh kementerian pendidikan demi kemajuan generasi muda.. selamat berkarya pak

  • June 29, 2015 at 10:27 am
    Permalink

    Setuju pak…terobosan baru yang patut dikembangkan, memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan ilmu yang bermanfaat.

  • September 25, 2015 at 12:27 am
    Permalink

    Indonesia masih ketinggal sama negara-negara lain dalam hal pemanfaatn teknologi. negara harus bisa memfasilitasi kesenjangan tersebut. gamis terbaru

  • May 10, 2016 at 11:51 am
    Permalink

    Ditunggu artikel selanjutnya mengenai hasil dari penelitian E-Learning ini pak semoga berhasil dengan baik..!!

  • September 12, 2018 at 3:08 pm
    Permalink

    Elearning memang dibutuhkan di era digital sekarang ini, hal ini tentunya memudahkan para siswa untuk mendapatkan materi terupdate.

Leave a Reply