Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar

Herman Dwi Surjono, “Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar”, Jurnal Penelitian Saintek, Vol 18, No 1, pp. 56-70,  2013

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan teknologi e-learning adaptif untuk mengatasi permasalahan keragaman gaya belajar mahasiswa. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan e-learning konvensional yakni memberikan materi yang sama kepada setiap pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan R & D. Prosedur penelitian meliputi: (a) analisis, (b) desain, (c) implementasi, dan (d) evaluasi. Analisis konsistensi dan akurasi isi dilakukan terhadap data pada tahapan analisis dan desain. Analisis deskriptif dilakukan terhadap semua data yang bisa ditabulasikan sehingga bermakna. Hasil penelitian ini berupa model e-learning adaptif terhadap keragaman gaya belajar mahasiswa. Dalam proses pengembangan dihasilkan juga dokumentasi deskripsi kebutuhan, uraian fungsi, fitur utama, arsitektur, dan diagram use case. Model e-learning diimplementasikan dengan LMS Moodle dan fungsi adaptivitas dibuat dalam bentuk modul. Unjuk kerja, pertama sistem mengidentifikasi kecenderungan gaya belajar melalui kuesioner yakni Visual, Auditory, atau Kinestetik. Selanjutnya skor digunakan oleh sistem sebagai dasar untuk memberi materi yang berbeda kepada mahasiswa.

Full text artikel dapat didownload di “Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar” (file PDF = 5MB))

13 thoughts on “Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar

  1. Ini yg kita butuhkan saat ini. Memang sudah saatnya teknologi e-learning diterapkan untuk mempermudah belajar.
    Ijin download filenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + = 19