Potensi Pemanfaatan ICT untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran SMA di Kota Yogyakarta

Surjono, Herman Dwi. & Gafur, Abdul. (2010). “Potensi pemanfaatan ICT untuk peningkatan mutu pembelajaran SMA di kota Yogyakarta”. Cakrawala Pendidikan. Juni 2010, XXIX (2), pp. 161-175

Artikel dari hasil penelitian Herman Dwi Surjono dan Abdul Gafur ini telah diterbitkan oleh Jurnal terakreditasi “Cakrawala Pendidikan” bulan Juni 2010.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi implementasi ICT dalam pembelajaran, yakni: (1) tingkat kompetensi di bidang ICT peserta didik dan tenaga kependidikan pada SMA di Kota Yogyakarta, (2) bagaimana model implementasi ICT dan (3) hambahatan-hambatan dalam mengimplementasikan ICT.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden berjumlah 341 orang terdiri dari siswa, guru, dan tenaga kependidikan, berasal dari 11 SMA Negeri se Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kompetensi ICT responden kategori sangat rendah yaitu 8 orang (2,3%), kategori rendah 54 orang (15,8%), kategori sedang 115 orang (33,5%), kategori tinggi 128 (37,5%), dan kategori sangat tinggi 36 orang (10,6%). Implementasi ICT telah dilaksanakan secara sistematis yakni: disain, pengembangan/produksi, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi. Hambatan yang dijumpai mencakup sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, hardware, dan software.

Artikel lengkap dapat didownload di sini.

0 thoughts on “Potensi Pemanfaatan ICT untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran SMA di Kota Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

41 − = 32