Presentasi E-learning di ICCE 2013

ICCE2013-a-smHerman Dwi Surjono, Ph.D., salah seorang dosen Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan sekaligus Kaprodi S2 Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana UNY kembali menyajikan elearning UNY BESMART di kancah internasional di Bali 21 November 2013. Kali ini Herman tampil sebagai “Invited Speaker” dalam The 21st International Conference on Computers in Education (ICCE 2013) yang diselenggarakan tanggal 20 – 22 November 2013 di Grand Inna Bali Beach Hotel. Konferensi internasional ini merupakan agenda tahunan dari The Asia-Pacific Society for Computers in Education dimana pada tahun ini yang mendapat kehormatan sebagai tuan rumah adalah Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta dengan didukung oleh Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha).

Konferensi internasional yang dihadiri lebih dari 300 peserta dari 31 negara ini adalah ajang tahunan bagi para peneliti, ilmuwan, pendidik, praktisi, pembuat kebijakan serta mahasiswa doktoral untuk bertukar pikiran dan mendiseminasikan hasil penelitian, pemikiran, dan ide dalam pemanfaatan teknologi komputer untuk pendidikan dan pembelajaran. Dalam konferensi ICCE yang ke 21 ini dihadirkan 4 pembicara kunci (keynote speaker) dan 4 pembicara undangan (invited speaker) yang merupakan para pakar dalam bidang komputer di pendidikan yang berasal dari berbagai universitas terkenal di dunia. Di samping itu, terdapat lebih dari 120 paper hasil penelitian yang disajikan dalam sesi parallel.

Dalam konferensi internasional yang bergensi ini, Herman menyajikan paper dengan judul “The implementation of ICT to enhance student activities in YSU Indonesia” dan mendapat apresiasi yang sangat bagus dari para peserta. Dia menjelaskan bahwa untuk menghasilkan suatu elearning yang engaging (menarik minat pengguna) diperlukan berbagai aktivitas mahasiswa online yang berkualitas. Banyak fitur yang sudah dicoba dalam elearning UNY BESMART untuk meningkatkan aktivitas online mahasiswa, misalnya video conference, diskusi, refleksi, kolaborasi, dll.

Herman merasa senang dapat tampil di even berskala internasional ini karena bisa membawa nama UNY di forum internasional dan secara khusus dapat menunjukkan bahwa e-learning UNY BESMART bisa memfasilitasi pembelajaran secara optimal. Lebih dari itu, melalui even ICCE 2013 ini dia banyak mendapat pengalaman serta dapat menjajagi kemungkinan untuk kerjasama penelitian dengan para peneliti luar negeri. (HDS)

File: full text paper (PDF)

5 thoughts on “Presentasi E-learning di ICCE 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 40 = 47