Research

Karya Ilmiah yang relevan dengan bidang ilmu:

1. Penelitian:

No Judul Sumber Dana Keterangan
1. E-learning Sebagai Model Pembelajaran Mandiri dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Lulusan Perguruan Tinggi DPPM Penelitian HB tahun 2007, sebagai Anggota
2. Studi Efektivitas Pembimbingan Penulisan Karya Ilmiah Online bagi Guru UNY Penelitian Institusi th 2007, sebagai Ketua
3. Pengembangan sistem elearning di Universitas Negeri Yogyakarta UNY Penelitian Institusi th 2007, sebagai Ketua
4. Pengembangan Model E-learning Adaptif Terhadap Keragaman Gaya Belajar Mhs untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran DPPM Penelitian HB tahun 2008, sebagai Ketua
5. Potensi Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK/ICT) dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas se-Kota Yogyakarta DPPM Penelitian Potensi Daerah tahun 2009, sebagai Ketua
6. Mobile Internet Berbasis Telepon Seluler Multikoneksi untuk Mendukung Delivery E-learning dan ICT Literacy Masy Pedesaan DPPM Penelitian Stranas tahun 2010 (tahun 1), sebagai Ketua
7. Model Pembelajaran Elearning Sekolah Menengah Kejuruan DPPM Penelitian Hibah Pasca tahun 2011 (tahun 1), sebagai Anggota
8. Mobile Internet Berbasis Telepon Seluler Multikoneksi untuk Mendukung Delivery E-learning dan ICT Literacy Masy Pedesaan DPPM Penelitian Stranas tahun 2011 (tahun 2), sebagai Ketua
9. Model Pembelajaran Elearning Sekolah Menengah Kejuruan DPPM Penelitian Hibah Pasca tahun 2012 (tahun 2), sebagai Anggota
10. Implementasi Strategi Blended learning untuk Pembelajaran Multimedia di UNY UNY Penelitian Institusional PPs tahun 2013, sebagai Ketua
11. Pengaruh prinsip modalitas multimedia pada animasi untuk pembelajaran mata kuliah elearning terhadap hasil belajar mhs UNY UNY Penelitian Institusional PPs tahun 2014, sebagai Ketua
12. Pengaruh aktivitas online terhadap hasil belajar mata kuliah e-learning UNY Penelitian Institusional PPs tahun 2015, sebagai Ketua
13. Pengaruh Media Sosial dan Forum Diskusi dalam Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di UNY UNY Penelitian Prodi PPs tahun 2016, sebagai Ketua
14. Pengembangan E-learning e-SMK dan Model PenerimaanE-learning “SteAM” Menggunakan Pendekatan Socio-technical Kemen ristek Dikti Penelitian Sosial, Humaniora, dan Pendidikan th 2017, sebagai anggota
15. Pengembangan Model Blended Learning dalam Pembelajaran Vokasi Menggunakan Digital Learning Framework Kemen ristek Dikti Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi th 2017, sbg Ketua TPM
16. Pengembangan Kuliah Online Di Prodi S2 Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana UNY UNY Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu PPs UNY Tahun 2017, sebagai Ketua
17. Pengembangan Model Blended Learning dalam Pembelajaran Vokasi Menggunakan Digital Learning Framework Kemen ristek Dikti Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PKPT) th 2018, sbg Ketua TPM
18. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android dengan Konsep Gamification in Education UNY Penelitian RG UNY th 2018 sebagai anggota.

 

2. Jurnal/Prosiding:

No Judul Jurnal/Prosiding
1. Adaptive Educational Hypermedia based on Multiple Student Characteristics Proceedings of the Second International Conference on Web-based Learning (ICWL 2003), Melbourne, Australia (indexed by Scopus)
2. The design and implementation of an adaptive e-learning system Proceedings of the International Symposium Open, Distance, and E-learning (ISODEL 2007), Denpasar
3. Empirical Evaluation of An Adaptive E-learning System and the Effects of Knowledge, Learning Style and Multimedia Mode on Student Achievement Proceedings of the UiTM International Conference on E-learning 2007 (UICEL 2007), Universiti Teknologi MARA, Shah Alam, Malaysia
4. The development of an adaptive e-learning toward the learning style diversity of visual-auditory- kinesthetic Proceedings of the International Seminar on ICT for Education, PPs UNY, 2009
5. The Implementation of an Adaptive E-learning Using the Learning Management Systems of Moodle Proceedings of the International Symposium Open, Distance, and E-learning (ISODEL 2009), Yogyakarta
6. Towards the Implementation of blended learning at the Yogyakarta State University Proceedings of the International Seminar on ICT for Education, FMIPA UNY, 2009
7. Potensi pemanfaatan ICT untuk peningkatan mutu pembelajaran SMA di kota Yogyakarta Jurnal terakreditasi Cakrawala Pendidikan, Juni 2010 Th. XXIX, No. 2, pp. 161-175
8. Peta Layanan Akses Internet Menggunakan Telepon Seluler Daerah Pedesaan di DIY Prosiding pada National Seminar on Information Technology and Its Application (SENTIA 11), 2011
9. Multiconnection phone-based mobile internet to support e-learning and ICT literacy for rural community Proceedings of the International Conference on Vocational Education and Training (ICVET) 2011
10. The Design of Adaptive E-learning System based on Student’s Learning Styles International Journal of Computer Science and Information Technology (IJCSIT), Vol 2, Issue 5, Vol 2, pp. 2350-2353, 2011
11. Mobile Internet berbasis Telepon Seluler Multikoneksi untuk Mendukung Elearning Jurnal Penelitian SAINTEK, Vol 16, No 1, pp. 1-8, April 2011
12. The utilization of e-learning and social networks to promote blended learning Proceedings of the International Seminar on ICT for Education, UNY, 15 April 2012
13. Implementasi ICT Dalam Pembelajaran IPA Prosiding pada Seminar Nasional Pendidikan IPA IV di UNY 6 Okt 2012
14. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Proses Pembelajaran yang Inovatif Prosiding pada Seminar Nasional Pendidikan & Saintec 2013 di UMS tanggal 18 Mei 2013
15. The Development of an Adaptive E-learning System by Customizing an LMS Moodle International Journal of Computer Science and Information Technologies (IJCSIT), Vol. 4 (4), 2013, 632 – 635
16. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SMK Jurnal Pendidikan Vokasi ISSN: 2088-2866 Vol 3, No 1, Februari 2013, hal: 45-52 (Sebagai penulis pertama)
17. Pemanfaatan Teknologi E-learning Adaptif Untuk Mengatasi Keragaman Gaya Belajar Jurnal Penelitian SAINTEK ISSN: 1412-3991 Vol 18, No 1, April 2013, hal: 56-70
18. Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK Jurnal Pendidikan Vokasi ISSN: 2088-2866 Vol 3, No 2, Juni 2013, hal: 178-191

(Sebagai penulis kedua, penulis 1 adalah Bekti Wulandari)

19. Efektivitas Pembimbingan Karya Tulis Online Melalui Website KTI Jurnal Kependidikan Vol 3, No 2, Nov 2013, hal: 178-191(Sebagai penulis pertama)
20. The Implementation of ICT to Enhance Student Learning Activities Proceedings of the 21st International Conference on Computers in Education (ICCE 2013) 20 – 22 Nov 2013, Bali
21. The Evaluation of a Moodle Based Adaptive e-learning System International Journal of Information and Education Technology www.ijiet.org ISSN: 2010-3689 Vol. 4, no. 1, pp. 89-92, Feb 2014
22. Pengembangan E-learning Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 3 Kupang Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan ISSN: 2407-0963, Vol 1, No 1, April 2014, hal: 1-14 (Sebagai penulis kedua, penulis 1 adalah Ariyanto S. Helianak)
23. Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Penguasaan Kala Lampau Bahasa Prancis Mahasiswa Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan ISSN: 2407-0963, Vol 1, No 2, Oktober 2014, hal: 199-212 (Sebagai penulis kedua, penulis 1 adalah Siti Sumiyati)
24. The Effects of Multimedia and Learning Style on Student Achievement in Online Electronics Course

 

The Turkish Online Journal of Educational Technology ISSN: 2146‐7242, January 2015, Vol 14, Issue: 1, pp: 116-122 (indexed by Scopus, Q2)
25. Adaptive and Engaging E-learning: Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Jarak Jauh Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Teknologi Informasi, 1 April 2015
26. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Belajar Membaca Al-Qur’an Metode Qira’ati di TPQ Raudlotut Thalibin Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2 (1), 74-82, 2015 (Sebagai penulis kedua, penulis 1 adalah Habib Hambali)
27. The implementation of e-learning with team builder at vocational high schools. Research and Evaluation in Education, 1 (1), 25-44, 2015 (Sebagai penulis kedua, penulis 1 adalah Mahmud Al Haq Patwary)
28. The Determining Factors of the Acceptance of Information Technology Users among the Teaching Staffs of the Vocational Program International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), April 2015. (Sebagai penulis ketiga, penulis 1 adalah Arief Hermawan)
29. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Teks Recount di MTsN II Yogyakarta Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3 (1), 25-39, 2016 (Sebagai penulis kedua, penulis 1 adalah Muhammad Ahmad Jumasa)
30. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa untuk Mata Pelajaran Fisika Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3 (2), 151-165, 2016 (Sebagai penulis kedua, penulis 1 adalah Ary Purmadi)
31. Pengembangan E-learning Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Yogyakarta Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3 (2), 195-206, 2016

(Sebagai penulis kedua, penulis 1 adalah Heru Amrul Mu’arif)

32. Mobile Learning Trends and Challenges for Vocational Education in Indonesia Proceedings of the 4th International Conference on Vocational Education and Training (ICVET), YSU Yogyakarta, September 2016. (Sebagai penulis kedua, penulis 1 adalah Ridwan DM)
33. Problems in Learning of Electronic Filing at Vocational School in

Yogyakarta Special Region, Indonesia

Journal of Education and Practice, Vol.8, No.5, 2017. (Sebagai penulis ketiga, penulis 1 adalah Sutirman)
34. Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol 4, No 1 (2017), (Sebagai penulis kedua, penulis 1 adalah Ence Surahman)
35. The Implementation of Blended Learning in Multimedia Courses for Undergraduate Students in Indonesia International Journal of Information and Education Technology www.ijiet.org ISSN: 2010-3689, vol 7, no 10, Oktober 2017(Sebagai penulis pertama)
36. The Dynamics of Mobile Learning Utilization in Vocational Education: Frame Model Perspective Review The Turkish Online Journal of Educational Technology ISSN: 2146‐7242, October 2017, Vol 16, Issue: 4, pp: 65-76, indexed by Scopus. (Sebagai penulis ketiga, penulis 1 adalah Ridwan DM)
37. Critical Success Factor for Implementing Vocational Blended Learning January 2018, Journal of Physics Conference Series 953(1):012086

DOI10.1088/1742-6596/953/1/012086, indexed by Scopus.

(Sebagai penulis ketiga, penulis 1 adalah Dewi)

38. Integration of strategy experiential learning in e-module of electronic records management Jurnal Pendidikan Vokasi. 7. 288.
DOI 10.21831/jpv.v7i3.12812.

(Sebagai penulis ketiga, penulis 1 adalah Sutirman)

39. LdesV, Computer-operated video: overcoming students’ difficulties in understanding automotive starting system Accepted to be published in Int. J. of Innovation and Learning
(Sebagai penulis keempat, penulis 1 adalah Widjanarko)
40. The Effects of Various Animation-Based Multimedia Learning in e-Learning Course ACM International Conference Proceeding Series. Proceeding of ICETC 2017, December 20–22, 2017, Barcelona, Spain. DOI 10.1145/3175536.3175558, indexed by Scopus.

(Sebagai penulis pertama)

41. The Development of Indonesian Labour Market Information System (LMIS) for Vocational Schools and Industries IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2018, indexed by Scopus.

(Sebagai penulis keempat, penulis 1 adalah Parinsi)

42. Modeling Vocational Blended Learning Based on Digital Learning Now Framework Accepted to be published in The Turkish Online Journal of Educational Technology ISSN: 2146‐7242, indexed by Scopus.

(Sebagai penulis keempat, penulis 1 adalah Dewi).

3. Buku:

No Judul Keterangan
1. Elektronika Teori dan Penerapan Buku diterbitkan th 2007, ISBN: 978-602-98174-7-8
2. Elektronika Analog Buku diterbitkan th 2008, ISBN: 978-602-98174-1-6
3. Elektronika Lanjut Buku diterbitkan th 2009, ISBN: 978-602-98174-6-1
4. Membangun Course E-learning Berbasis Moodle Buku diterbitkan th 2010, ISBN: 979-8418-56-5
5. Membangun Course E-learning Berbasis Moodle Edisi Kedua Buku diterbitkan th 2013, ISBN: 979-8418-56-5
6. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan Buku diterbitkan th 2017, ISBN: 978-602-5566-11-0