UNY Juara E-learning Award 2010

uny juara e-learning award 2010

uny juara e-learning award 2010

UNY berhasil menjadi juara satu E-learning Award 2010 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Pustekkom (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan)–Kemendiknas mengungguli UGM, juara II, dan Universitas Gunadarma Juara III. Penghargaan diserahkan Wamendiknas Prof. Dr. Fasli Jalal didampingi Dirjen Dikti, Prof Dr. Djoko S dan Kepala Pustekkom, Dr. Lilik Gani, kepada para pemenang pada acara Malam Penganugerahan Festival e-Pendidikan 2010, Kamis (28/10) di digedung Kemendiknas Senayan Jakarta.

Bagi UNY, penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya setelah tahun 2009 lalu juga mendapatkan elearning award dalam hal interaktivitas. Festival E-Pendidikan diselenggarakan tiap tahun oleh Pustekkom Kemendiknas RI. Ada beberapa jenis kegiatan pada festival e-pendidikan 2010, yaitu Kuis Ki Hajar, Pengembangan Media Pembelajaran, dan Penghargaan E-learning. UntukPenghargaan e-learning terdiri dari tiga kategori yaitu e-Learning PerguruanTinggi (PT), e-Learning Sekolah, dan e-Learning Blog Guru.

Dijelaskan oleh Kepala Puskom UNY, Herman Dwi Surjono, Ph.D, keberhasilan UNY dicapai setelah mengungguli 189 perguruan tinggi lainnya. Untuk e-learning PT, panitia menilai 189 situs elearning berbagai PT di Indonesia dan dipilih 5 PT untuk menjadi finalis yang diundang untuk mempresentasikan e-learningnya didepan dewan juri pada 27/10 di Hotel Atlit Century. Lima finalis tersebut adalah: UNY, UGM, ITS, Universitas Gunadarma, dan Universitas Indonusa Esa Unggul. UNY mengirimkan KaPuskom, Herman Dwi Surjono, Ph.D. untuk mempresentasikan BESMART didepan dewan juri yang terdiri atas 3 pakar masing-masing dalam bidang teknologi informasi, komunikasi, dan pembelajaran.

Lanjut Herman, aspek penilaian elearning antara lain: Aspek Penilaian Umum yaitu (a) Breakthorugh/Terobosan: inovasi, kreatifitas dan (b) Potensi: potensi untuk dikembangkan, potensi sebagai contoh yang layak untuk didiseminasikan. Selain itu juga Aspek Penilaian Khusus yaitu Pembelajaran, Interface (antarmuka), Konten, dan Desain komunikasi visual. “Keunggulan elearning UNY ini dibanding yang lainya adalah dalam hal inovasi dan kreativitas dimana dalam besmartter dapat fitur basic dan advanced yang memungkinkan dosen dapat dengan mudah memanfaatkan elearning. Disamping itu faktor lain adalah dampak “Besmart” yang sangat luas meliputi pimpinan, dosen, dan mahasiswa dalam level universitas. Hal ini karena sosialisasi “Besmart” yang menyeluruh dan terpadu”, ujarnya.

Hasil selengkapnya, juara e-Learning PT yaitu juara I, UNY UGM di urutan II, serta Universitas Gunadarma di peringkat III. Juara e-Learning Sekolah yaitu SMAN 1 Teladan Yogyakarta, juara II, SMAN 1 Ciawi Bogor. Juara e-Learning Blog Guru, juara I Hasan Basri M.Pd dari SMPN 252 Jakarta, juara II, M. Ely, S.Pd dari SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan Juara III, Nurhadi, S.Pd., dari SMPN 2 Babat Kabupaten Lamongan (Sumber http://uny.ac.id/berita/UNY/uny-juara-e-learning-award-2010)

3 thoughts on “UNY Juara E-learning Award 2010

  1. Membangun e learning harus ditinjau dari dua sisi, dari sisi teknologinya dan dari sisi teori kognitifnya. Mungkin di UNY ini tempat yang tepat untuk sharing tentang adaptive e learnig. Kami ingin mengembangkan moodle untuk adaptive e learning. Bagaimana sy hrs memulainya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 4 =