Green Computing 2: Stop Global Warming Versi SIAKAD UNY

Catatan: Tulisan saya ini sudah dimuat dan disarikan di Majalah “Computing Channel” Jakarta.

Ringkasan

Perhitungan sederhana pada penggunaan kertas untuk pengisian KRS dan pencetakan KHS pada SIAKAD mulai tahun 2005, UNY menghemat 13.23 pohon setiap tahunnya. Bagaimana angka tersebut bisa diperoleh? Silahkan baca tulisan singkat berikut. Tulisan ini melengkapi tulisan sebelumnya dengan hitungan teknis sederhana.

Apakah penerapan TI di UNY telah memberi solusi green computing? Studi berikut menghitung dari sisi penghematan kertas untuk Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dan hanya terbatas pada transaksi KRS dan KHS saja.

Saat masih menerapkan sistem hybrid, setiap awal semester mahasiswa mengisi lembar KRS rangkap tiga (ukuran setengah F4). Pada setiap akhir semester mencetak KHS rangkap empat (ukuran setengah A4). Untuk perhitungan digunakan standar kertas yang lebih kecil, ukuran A4. Apabila jumlah mahasiswa aktif adalah 21.000, maka setiap semester diperlukan 73.000 lembar kertas ukuran A4 (147 rim). Dengan berpedoman pada kertas HVS ukuran A4 gramatur 70 gms, yang setiap lembarnya memiliki berat 4,37 gram, maka berat 1 rim kertas adalah 2,29 kg. Berarti pada setiap semester diperlukan 321,55 kg (643,09 kg per tahun).

Sekarang, mahasiswa hanya mengisi KRS satu lembar (ukuran setengah F4), bahkan ada beberapa fakultas yang tidak lagi menggunakan kertas, karena lembar ini hanya digunakan sebagai arsip saja. Pada setiap akhir semester sudah tidak dilakukan lagi pencetakan KHS, cukup melihat di komputer. Pencetakan KHS dikakukan hanya jika diperlukan untuk mengurus beasiswa dan administrasi lainnya. Analogi dengan perhitungan di atas, pada setiap semester hanya diperlukan 45,94 kg kertas (91,87 kg per tahun).

Dari perhitungan tersebut diperoleh penghematan 551,22 kg kertas setiap tahunnya. Kemudian bagaimana sumbangan penghematan tersebut terhadap green computing? Dapat dihitung menggunakan kalkulator kertas milik Environmental Defense (http://www.edf.org) organisasi lingkungan hidup di Amerika Serikat. Untuk memproduksi 551,22 kg kertas diperlukan 1,65 ton kayu atau setara dengan 13,23 pohon. Rentetan penghematan lain adalah 20,92 BTU energi total, 10.514,52 galon air, dan masih ada 13 macam limbah berbahaya lainnya.

===

Discussion Area - Leave a Comment