Model e-Learning Readiness Sebagai Strategi Pengembangan E-Learning

Paper ini saya presentasikan pada “International Seminar on ICT in Education”
Pada tanggal 13-14 Februari 2009
Diselenggarakan oleh Program Pasca Sarjana UNY

ABSTRAK

Pengembangan e-learning di institusi pendidikan melibatkan banyak faktor dalam organisasi, yaitu infrastruktur teknologi, sumber daya manusia, dan lingkungan yang mencakup kepemimpinan dan kultur. Model e-learning readiness (ELR) merupakan manifestasi dari kesiapan seluruh komponen organisasi untuk mengadopsi e-learning.

Model ELR tidak hanya mengukur tingkat kesiapan institusi untuk mengimplemantasikan e-learning, tetapi yang lebih penting adalah dapat mengungkap faktor atau area mana masih lemah dan memerlukan perbaikan dan area mana sudah dianggap berhasil atau kuat dalam mendukung implementasi e-learning.

Model ELR pada tahap analisis digunakan untuk menyusun dokumen kebutuhan yang menjadi base line untuk tahap desain, pengembangan, dan implementasi. Pada tahap evaluasi, model e-learning readiness digunakan untuk mengukur keberhasilan dan menentukan recycling decission untuk proses perbaikan pada periode berikutnya.

File Presentasi—┬áMakalah lengkap tidak saya sajikan.

Discussion Area - Leave a Comment