Aplikasi Sistem Pakar untuk Membantu Guru dalam Memilih Jenis Media Pembelajaran

Oleh:
RAS Putra
Priyanto
Universitas Negeri Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pakar berbasis android untuk membantu guru dalam memilih jenis media pembelajaran yang diberi nama “Pilih Media”.

Pengembangan perangkat lunak menggunakan metode waterfall. Tahap pengembangan meliputi proses Communication, Planning, Modeling, Construction, dan Deployment.  Pengujian perangkat lunak menggunakan enam dari delapan aspek standar ISO 25010, yaitu: functional suitability, performance efficiency, usability, reliability, maintainability, dan portability.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pengembangan aplikasi telah melalui serangkaian proses pengembangan perangkat lunak. 2) hasil pengujian functional suitability menunjukkan semua fungsi dapat berjalan dengan “Sangat Baik”; hasil pengujian performance efficiency diperoleh waktu rata-rata instalasi aplikasi dengan predikat “Cukup Puas” dan waktu launching aplikasi dengan predikat “Sangat Puas”; hasil pengujian usability sebesar 80,39% atau dengan kategori “Baik”; pengujian reliability aplikasi diperoleh nilai defect density sebesar 0 defect per KLOC
sehingga memenuhi standar McConnel; pengujian aspek maintainability diperoleh nilai rata-rata “Sangat Baik”; pengujian aspek portability memiliki predikat “Sangat Baik”.

Full text available at Journal.student.uny.ac.id/ojs